Setiap manusia pasti akan kembali ke sisi Allah SWT. Bagaimana pun dunia adalah sementara, manusia diciptakan untuk menjalankan perintah dan larangan-Nya.

Namun, manusia ingin berumur panjang untuk menjalani kehidupannya yang lebih baik, berguna untuk semua orang dan menjalani hidup bersama keluarga.

Tetapi, lagi-lagi Allah SWT yang menentukan umur seseorang. Allah SWT bebas mencabut nyawa siapa, di mana dan kapan pun saat ajal seseorang telah tiba. Tidak ada salahnya juga ketika manusia ingin mempunyai umur yang panjang dan berkah.

Untuk itu, manfaatkan sisa umur dengan tetap taat kepada Allah SWT. Karena amal dan ibadah yang dilakukan selama di dunia, merupakan tabungan untuk di akhirat. Jadi, pastikan selama masih ada umur, tetap menjalani perintah dan taan kepada Allah SWT.

Inilah kumpulan doa memohon panjang umur kepada Allah SWT yang dapat kamu baca selepas salat fardhu.

1. Doa panjang umur, sehat dan ditetapkan imannya

Kumpulan Doa untuk Memohon Diberi Umur Panjang dalam Agama IslamPixabay.com/Syauqi Fillah

Doa ini bisa dibaca untuk memohon agar panjang umur, sehat dan dikuatkan imannya. Amalkan doa ini seusai salat fardu atau sunah. Dengan melafalkan doa ini, semoga Allah SWT mendengar dan mengabulkannya.

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

"Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiir."

Artinya: "Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

2. Doa agar diberi kesehatan

Kumpulan Doa untuk Memohon Diberi Umur Panjang dalam Agama IslamPexels.com/Abdullah Ghatasheh

Walaupun panjang umur, ada baiknya selalu dalam keadaan sehat secara lahir dan batin. Bagaimana pun manusia ingin menjadi sosok yang bermanfaat selama hidupnya agar tidak sia-sia.

Berikut adalah doa untuk meminta kesehatan kepada Allah SWT. Semoga dengan doa ini, kita semua bisa diberikan kesehatan baik lahir maupun batin.

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ 

"Allahumma aafinii fii badanii Allahumma 'aafiinii fi sam'ii Allahumma 'aafinii fii basharii."

Artinya: “Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau."

3. Doa panjang umur

Kumpulan Doa untuk Memohon Diberi Umur Panjang dalam Agama IslamPixabay.com/8499117

Selain doa di atas, kamu juga bisa melantunkan lafal ini untuk meminta panjang umur kepada Allah SWT. Semoga dengan membaca doa ini, kita semua diberi kepanjangan umur oleh-Nya. Berikut doa panjang umur.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

"Allahumma aktsir maalii, wawaladii, wabaarik lii fiima 'athaitanii wa athil hayaatuu 'alaa tha'atika, wa Ahsin amalii waghfirlii."

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku dan berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepadaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskanlah amalanku dan ampunilah dosa-dosaku."

4. Doa meminta keselamatan hidup

Kumpulan Doa untuk Memohon Diberi Umur Panjang dalam Agama IslamPexels.com/Mukhtar Shuaib Mukhtar

Selain meminta panjang umur, kamu juga bisa berdoa agar hidup selalu dalam lindungan Allah SWT. Berikut doa untuk keselamatan hidup agar dijauhkan dari orang-orang jahat dan bahaya.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ

اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

"Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni'mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal 'āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma 'āfinā min kulli balā'id duniyā wa 'adzābil ākhirah, washrif 'annā bi haqqil Qur'ānil 'azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa 'adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil 'izzati 'an mā yashifūn, wa salāmun 'alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil 'ālamīn."

Artinya: "Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah,dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur'an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

5. Doa agar meninggal dalam keadaan husnul khotimah

Kumpulan Doa untuk Memohon Diberi Umur Panjang dalam Agama IslamUnsplash.com/Rachid Oucharia

Walaupun sudah berdoa panjang umur, namun ketentuan tetap ada di Allah SWT. Jadi, ajal bisa kapan saja menjemput. Meskipun begitu, kamu bisa berdoa agar meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

"Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wa barokatan firrizqi, wa taubatan qoblal mauti, wa rohmatan ‘indal mauti, wa magfirotan ba’dal mauti."

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama,dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Itulah beberapa doa untuk panjang umur. Semoga dengan ada informasi ini, kita diberikan kepanjangan umur dan keselamatan hidup oleh Allah SWT.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "Kumpulan Doa Agama Islam untuk Memohon Diberi Umur Panjang" ditulis oleh Syafira Akhtari

Baca Juga: Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islam

Baca Juga: Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Baca Juga: Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari