Girl group terbaru di bawah bendera SM Entertainment aespa akan debut tanggal 17 November 2020 ini, Bela. Beberapa video teaser pun telah dirilis di channel YouTube aespa. Bukan hanya semakin bikin penasaran, menjelang debut pun ada saja kontroversi yang menerpa girl group yang terdiri dari Karina, Ningning, Winter, dan Giselle ini.

Supaya nggak semakin penasaran, berikut lima fakta dan kontroversi aespa menjelang debut mereka.

1. Mengumumkan nama fandom untuk penggemar mereka

Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta dan Kontroversi aespa Jelang Debutnyatwitter.com/aespa_official

Meski belum resmi debut, aespa telah merilis nama fandom untuk penggemar mereka, yakni MY. MY atau yang dibaca ma-i memiliki makna my precious friend atau yang berarti temanku yang berharga. aespa menjadi girl group pertama yang sudah memiliki nama fandom meski belum debut.

2. Merilis avatar dari masing-masing member

Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta dan Kontroversi aespa Jelang Debutnyatwitter.com/aespa_official

Tak hanya mengumumkan nama fandom, aespa juga merilis avatar dari masing-masing member. Keempat avatar tersebut diberi nama æ Karina, æ Ningning, æ Winter, serta æ Giselle sesuai dengan nama member masing-masing. Dari keempat avatar ini, yang mana, nih, yang paling menarik perhatianmu?

3. Teaser “Black Mamba” dituduh plagiat

Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta dan Kontroversi aespa Jelang Debutnyakoreaboo.com

Hingga hari ini, tentu aespa dan SM Entertainment telah mempersiapkan segalanya dengan baik untuk debut girl group baru ini. Namun, ada saja masalah dan kontroversi yang menimpa mereka. aespa diduga plagiat beberapa karya orang lain untuk teaser video klip “Black Mamba” ini.

Pertama, teaser “Black Mamba” diduga meniru video klip milik K/DA yang berjudul “Pop Star”. Kemiripan ini dimulai dari scene di dalam gerbong, grafiti, dan munculnya sosok makhluk berwarna neon di akhir video klip.

Ketika disandingkan, kedua scene ini memang terlihat serupa. Kemiripan semakin bertambah, saat aespa mengumumkan member virtual atau avatar mereka. Hal ini semakin membuat aespa mirip dengan K/DA. K/DA memang merupakan girl group dengan anggota virtual yang diambil dari karakter game League of Legends, yaitu Ahri, Akali, Evelynn dan Kai’Sa.

Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta dan Kontroversi aespa Jelang Debutnyakoreaboo.com

Kedua, scene ular piton di dalam gerbong kereta dinilai mirip dengan hasil karya seniman asal Jerman, Timo Helgert atau yang dikenal dengan nama Vacades. Ular hitam besar dan tanaman yang tiba-tiba muncul di dalam gerbong membuatnya scene ini sangat mirip. Hingga saat ini, belum ada klarifikasi apa pun dari SM Entertainment terkait hal ini.

4. Gabungkan dunia nyata dan virtual di panggung debut nanti

Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta dan Kontroversi aespa Jelang Debutnyatwitter.com/aespa_official

Terlepas dari kontroversinya, aespa memang telah mempersiapkan dengan matang debut mereka. Merangkum dari Koreaboo, aespa akan memanfaatkan augmented reality di atas panggung. Kecanggihan ini memungkinkan mereka untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual dalam satu panggung. Nantinya, kita akan dapat melihat member asli dan member versi avatar akan tampil bersama. Wah, unik banget, ya!

5. Tanggal dan jam debut aespa

https://www.youtube.com/embed/4PQnizkqhnk

Buat kamu yang semakin nggak sabar dengan debut aespa, tenang saja. Girl group ini akan debut pada tanggal 17 November 2020 pada pukul 18.00 waktu Korea atau pukul 16.00 waktu Indonesia. Jangan sampai terlewat, nih!

Itu dia deretan fakta dan kontroversi aespa menjelang debutnya. Siapa yang nggak sabar?

Baca Juga: Yuk, Intip Pesona 4 Member Aespa, Muda dan Bertalenta! 

Baca Juga: Jadi Sorotan, 5 Fakta Aespa yang Bakal Didebutkan SM Entertainment

Baca Juga: Punya Pesona Menawan, Inilah Deretan Fakta Unik Winter Aespa