Dalam kehidupan, tentu banyak ujian hidup yang kita hadapi. Hal ini membuat kita semakin kuat dan semakin dekat dengan Allah SWT. Tak jarang pula, ujian yang kita terima sangatlah berat. Terkadang kita ingin menyerah dalam menjalaninya dan memilih jalan pintas untuk segera keluar dari ujian tersebut.

Sebenarnya, Allah SWT telah memberikan petunjuk kepada kita. Melalui Al-Quran, Allah SWT telah menuliskan ayat-ayat yang membuat kita termotivasi untuk tetap semangat dan tenang saat menghadapi ujian hidup. Apa saja ayat-ayat tersebut?

1. Al-Baqarah ayat 216

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Haidan

Surat Al-Baqarah ayat 216

كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: "Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah: 216)

Makna dari ayat tersebut adalah di balik kegagalan dan kesulitan yang kita alami ada kebaikan yang menanti. Misalnya, saat kamu mendapat teguran saat mengerjakan pekerjaan di kantor. Rasanya memang tidak enak. Namun, dari teguran tersebut kita bisa belajar lebih banyak dan teliti dengan apa yang kita kerjakan.

2. Al-Baqarah ayat 286

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Sidik Kurniawan

Surat Al-Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir"." (Q.S Al-Baqarah: 286)

Makna dari ayat ini adalah saat kita merasa ujian yang kita terima sangat berat, percayalah kita jauh lebih kuat dari masalah tersebut. Kita pasti bisa menyelesaikannya. Sebab, Allah SWT tidak akan memberikan ujian berat yang melebihi kemampuan kita.

3. Ar-Rad ayat 11

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Ed Us

Surat Ar-Rad ayat 11

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Artinya: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.S. Ar-Rad: 11)

Makna dari ayat ini yaitu, sesulit apapun masalah yang kita hadapi, jangan berhenti untuk berusaha. Jika kita diam saja dan tidak mengerjakan apapun untuk mengubah keadaan, Allah SWT juga tidak akan mengubahnya. Maka dari itu, berikan usaha semaksimal mungkin karena Allah SWT akan memberikan ganjaran sepadan dengan apa yang kita kerjakan.

4. Al-Insyirah ayat 5-6

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Rizki Yulian

Surat Al-Insyirah ayat 5-6

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا. إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya: "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Saat mengalami ujian hidup yang begitu berat, percayalah situasi tersebut tidak akan berlangsung selamanya. Allah SWT sudah menjaminnya dalam Surat Al-Insyirah ayat 5-6. Dalam surat tersebut, Allah SWT menjanjikan bahwa setelah kesulitan yang kamu alami, kamu akan mendapatkan kemudahan.

5. Al-Insyirah ayat 8

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Madrosah Sunnah

Surat Al-Insyirah ayat 8

 

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب

"Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap." (Q.S. Al-Insyirah: 8)

Jika kita sudah melakukan semaksimal yang kita bisa untuk menyelesaikan masalah, jalan terakhir adalah berserah diri kepada Allah SWT. Sebab, hanya kepada Allah kita berharap dan memohon pertolongan.

6. Ath-Thalaq ayat 2-3

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/The Dancing Rain

Surat At-Thalaq ayat 2-3

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Artinya: "Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (Q.S. At-Thalaq: 2-3)

Apabila kita sedang mendapatkan ujian dari Allah SWT, jangan pernah berhenti berputus asa untuk menyelesaikannya. Allah SWT akan memberikan jalan keluar dan rezeki dari arah yang tak akan pernah kamu sangka sebelumnya.

7. Yusuf ayat 87

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Madrosah Sunnah

Surat Yusuf ayat 87

يَٰبَنِىَّ ٱذْهَبُوا۟ فَتَحَسَّسُوا۟ مِن يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوا۟ مِن رَّوْحِ ٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِن رَّوْحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْكَٰفِرُونَ

Artinya: "Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (Q.S. Yusuf: 87)

Menghadapi ujian dan masalah tentu bukanlah perkara mudah. Namun, bukan berarti kita tidak bisa melewatinya. Kita harus yakin bahwa ujian tersebut hanyalah bersifat sementara. Allah sangat menyukai hambanya yang selalu berusaha dan jangan sampai kita merasa berputus asa.

8. At-Taubah ayat 40

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Anis Coquelet

Surat At-Taubah ayat 40

إِلَّا تَنصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ ٱللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ثَانِىَ ٱثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِى ٱلْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَٰحِبِهِۦ لَا تَحْزَنْ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنزَلَ ٱللَّهُ سَكِينَتَهُۥ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُۥ بِجُنُودٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ٱلسُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ ٱللَّهِ هِىَ ٱلْعُلْيَا ۗ وَٱللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: "Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: 'Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita'. Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Q.S. At-Taubah: 40)

Dari Surat At-Taubah ayat 40 ini, Allah SWT berpesan kepada kita untuk tidak bersedih berlarut-larut. Sebab ketika bersedih, kita tidak akan dapat menyelesaikan pekerjaan secara maksimal. 

9. At-Taubah ayat 129

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Faseeh Fawaz

Surat At-Taubah ayat 129

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

Artinya: "Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: 'Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung'." (Q.S. At-Taubah: 129)

Seberat-beratnya masalah yang tengah kamu hadapi, ingatlah untuk tidak memilih jalan pintas. Apalagi memilih untuk menyekutukan Allah SWT. Sebab, hanya kepada Allah SWT kita berserah diri dan memasrahkan semuanya.

10. Ali Imran ayat 139

10 Ayat Al-Quran untuk Memotivasimu Saat Hadapi Ujian HidupUnsplash.com/Gr Stocks

Surat Ali Imran ayat 139

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

Artinya: "Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." (Q.S. Ali Imran: 139)

Saat menghadapi ujian hidup, terkadang kita sulit berpikir positif dan memandang diri kita selalu penuh dengan kekurangan. Padahal Allah SWT telah memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing terhadap diri kita. Tinggal bagaimana kita mengoptimalkan kelebihan yang kita punya dan memperbaiki kekurangan.

Itulah tadi kumpulan ayat-ayat Al-Quran yang cocok untuk memotivasi diri saat sedang menghadapi cobaan hidup. Semoga dengan membaca ayat-ayat ini, kita bisa jadi lebih tenang dan dapat berpikir lebih jernih untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Baca Juga: 30 Ayat Al-Quran tentang Cinta, Bikin Hati Tenang

Baca Juga: Lengkap dengan Arti, Ini 7 Ayat Alquran tentang Pernikahan

Baca Juga: 6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!