Era pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk lebih banyak diam di rumah. Pola hidup juga semakin berubah dan berkembang, contohnya dalam hal belanja dan hobi. Banyak kegiatan baru yang muncul di era ini, salah satunya adalah berkebun. Bahkan saat ini muncul istilah urban farming atau pertanian kota. 

Berkebun selain menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan tapi juga bisa menghemat, lho, Bela. Dengan berkebun tanaman pangan di rumah, kita menghemat pengeluaran belanja tanpa harus pergi ke tukang sayur atau pasar. Berikut beberapa rekomendasi tanaman pangan bermanfaat dalam menghadapi wabah dan bencana yang dapat kamu tanam di rumah.

Jenis tanaman pangan praktis

1. Kentang

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahfreepik.com/jcomp

Kentang merupakan makanan berkarbohidrat tinggi dan dapat dijadikan pengganti nasi. Selain itu, kentang mudah diolah menjadi berbagai macam kuliner. Kentang dapat bertahan di musim dingin dan dalam waktu yang lama.

2. Tomat

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahfreepik.com/Racool_studio

Tomat dapat tumbuh sepanjang tahun, sistem penyimpanannya cukup mudah. Tomat mempunyai vitamin yang tinggi dan dapat dipadankan dengan berbagai makanan.

3. Labu

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahpexels.com/karolinagrabowska

Labu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap seperti zat besi, asam folat, vitamin A, da vitamin E. Tanaman ini dapat ditanam di musim dingin.

4. Kacang-kacangan

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahfreepik.com/jcomp

Kacang-kacangan dikenal sebagai tanaman kaya protein. Tanaman ini juga mampu mengembalikan kandungan nitrogen ke dalam tanah. Kacang juga dapat dikeringkan dan disimpan untuk waktu yang lama.

5. Brokoli

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahfreepik.com/Racool_studio

Si sayuran hijau ini kaya akan nutrisi dan kandungan gizi sehingga dipilih untuk sebagai tanaman pangan yang cocok ditanam. Brokoli dapat ditanam selama musim dingin dan penyimpanannya sangat mudah.

6. Alpukat

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumah

Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini memiliki buah yang kaya akan lemak baik. Memakan buah alpukat bisa mengenyangkan perut dan memenuhi gizi dasar kita, Bela.

7. Apel

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahfreepik.com/mdjaff

Apel memiliki nutrisi yang ditinggi dan dapat memberikan hasil panen YANG MELIMPAH. Menanam pohon apel dapat dilakukan di daerah yang lembap saat musim dingin. Cara penanamannya bisa dengan stek atau dengan biji buah.

8. Kol

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahfreepik.com/mrsiraphol

Kol mungkin biasa dijadikan lalapan. Tapi jangan salah, kol juga punya banyak banyak kandungin nutrisi serta rendah kalori. Tanaman ini bisa ditaman selama musim dingin sehingga stoknya dapat bertahan sepanjang tahun.

Jenis tanaman pangan sekaligus obat

1. Lidah Buaya

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahpexels.com/cintiasiqueira

Lidah buaya yang berasal dari jazirah arab memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya dapat dibuat sebagai panganan, daging buahnya juga dapat dijadikan obat saat terluka serta digunakan untuk memelihara kesehatan rambut. Lidah buaya merupakan tanaman sepanjang tahun yang memiliki ketahanan tinggi pada hama. Kalian bisa menanamnya dalam pot.

2. Pohon Kina

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahgreenerst.co

Tanaman kina merupakan obat herbal yang sangat berkhasiat dalam mengatasi penyakit malaria hingga jantung. Dikutip dari Gilmore Health, kandungan kloroquin dari pohon kina juga bisa menjadi antivirus penangkal corona (COVID-19).

3. Pohon Ganda Rusa

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahpexels.com/dariasannikova

Poho ganda rusa atau nama lainnya dedalu yang dalam bahasa inggris disebut willow, memiliki kandungan salicin yang sangat tinggi yang menjadi sumber asam salisilat. Zat tersebut diketahui dapat meredakan rasa sakit, inflamasi, hingga demam.

4. Pohon Timi

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahpexels.com/monicore

Pohon timi mengandung thymol, sebuah zat antiseptik yang juga dapat berfungsi sebagai antibiotik penting bagi tubuh maka itu pohon ini sangat bermanfaat untuk ditanam dalam kondisi seperti ini.

5. Pohon Dandelion

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahpexels.com/mikecs

Meskipun dianggap sebagai tanaman liar, namun kehadiran tanaman ini sangat penting di tengah kondisi wabah dan bencana. Pohon dandelion mengandung banyak senyawa penting untuk menangkal diare dan bagian daunnya bisa dimakan.

6. Pohon Ganja

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahistockfoto

Saat mendengarnya mungkin agak ragu untuk menanam bukan? Meskipun dikenal sebagai tanaman psikotropik, namun pohon ganja juga memiliki fungsi lain. Daun ganja dapat dijadikan makanan atau penambah rasa pada makanan asal dengan porsi yang pas. Selain itu, pohon ganja memiliki manfaat secara medis untuk mengobati penyakit serius seperti kanker dan leukimia. Tapi hati-hati ya, Bela. penanamannya di Indonesia adalah ilegal.

Jenis tanaman penyaring udara kotor

1. Bunga peace lily

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumah

Bunga peace lily memang menjadi salah satu tanaman hias yang cantik tapi tidak hanya itu, lho, Bela. Menurut penelitian NASA,peace lily memiliki kemampuan tinggi untuk menyaring udara kotor dan polusi sehingga rumah kita akan lebih segar.

2. Bunga Krisan

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumah

Sama seperti bunga peace lily, bunga krisan juga memiliki kemampuan penyaring udara kotor yang sangat baik bagi manusia dan juga binatang. Selain menjadi penyaring udara, bunga krisan juga dapat menjadi campuran minum teh seperti kebiasaan masyarakat Jepang. 

3. Bunga lily turf

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahhippopx.com

Bagian dari keluarga bunga lily ini dapat memberikan perlindungan bagi manusia dan binatang dari berbagai zat beracun yang terbawa oleh udara. Bunga lily turf juga mampu menghilangkan senyawa formaldehyde, xylene dan amonia dari udara.

4. Bunga herbras

Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumahpexels.com/pixabay

Bunga herbras adalah tanaman semak yang dapat hidup bertahun-tahun. Bunga herbras dapat menyerap senyawa benzene dan trichloroethylene serta formaldehyde dari udara dengan baik. Selain menjadi tanaman hias yang indah yang menyegarkan seisi rumah, bunga ini bagus bagi para penderita insomnia.

Itulah rekomendasi jenis tanaman pangan yang bermanfaat dalam era pandemi saat ini bahkan untuk menghadapi wabah dan bencana lainnya yang dapat ditanam di rumah. Selamat berkebun, Bela.

Baca Juga: 8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beli

Baca Juga: Percantik Halamanmu, Ini 10 Jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman Rumah