Semakin di depan, drama Korea banyak diperbincangkan dan dinikmati oleh sebagian besar orang di seluruh dunia, terlebih di masa pandemi. Drama Korea (drakor) menjadi pilihan hiburan yang murah dan praktis, karena bisa dinikmati kapan saja. Cukup berlangganganan yang kadang bahkan tak sampai Rp100 ribu per bulan, kamu sudah bisa menyaksikan beragam genre.

Drakor sendiri banyak variasinya. Mulai dari memiliki ratusan episode, satu episode seperti FTV, hingga yang paling umum 16 episode. Jika di artikel lainnya kamu bisa menemukan drama Korea episode pendek be-rating tinggi, kini Popbela telah merangkum drama Korea pendek dengan durasi 30 menit per episode bergenre komedi ringan.

Komedi ringan memang salah satu genre yang pas untuk kamu yang ingin melepas penat dan tertawa sejenak, sebelum kembali ke rutinitas. Berikut 10 rekomendasi drama Korea komedi 30 menit per episode.

1. The Fiery Priest (2019)

https://www.youtube.com/embed/R-qk-Xqf-B0

Rekomendasi pertama adalah The Fiery Priest yang dibintangi Kim Nam Gil, Kim Sung Kyun dan Lee Ha Nee. Memadukan genre komedi ringan dan crime, membuat drama ini menarik untuk ditonton. Kamu tak hanya tertawa melihat tingkah konyol ketiga pemeran utama dalam memecahkan sebuah kasus, tapi juga ketegangan saat adegan pertarungan.

The Fiery Priest bercerita tentang Kim Hae Il/Michael, seorang pendeta Katolik yang paling tidak suka melihat ketidakadilan, tapi ia sering membuat komentar dengki bahkan berkata kasar pada orang lain, sangat jauh berbeda dengan sosok pendeta pada umumnya.

Lalu, ada Dae Young, seorang detektif yang banyak bicara tapi pemalu. Ada pula Park Kyung Sun, seorang jaksa yang pintar dan cantik, cakap dalam bekerja sekaligus ambisius. Suatu hari, imam Katolik senior yang dekat dengan Michael ditemukan tak bernyawa dan diduga dibunuh. Mereka bertiga pun bekerja sama untuk memecahkan kasus pembunuhan yang melibatkan teman Michael itu.

2. So Not Worth it (2021)

https://www.youtube.com/embed/RiTMZvK-ZsQ

Drama komedi ringan besutan Netflix ini selalu ada saja hal-hal lucu yang membuat tertawa di setiap episodenya. Drama satu ini mungkin akan sama vibes-nya dengan seri Kelas Internasional yang pernah tayang di layar kaca Indonesia, beberapa waktu lalu.

Pertemanan, percintaan, hingga pengalaman dunia perkuliahan bercampur di drama yang mengusung latar asrama perguruan tinggi yang penuh warna di Seoul. Mahasiswa yang berada di sana berasal dari seluruh dunia, seperti Se Wan, asisten pengajar yang bertugas mengelola asrama.

Kemudian ada Jamie, murid baru dari Amerika, Sam anak presiden rantai makanan global tteokbokki yang dibesarkan di Australia, serta Minnie, seorang mahasiswi asal Thailand yang memiliki banyak sekali fantasi dari menonton drama Korea. Terakhir, ada Hyun Min adalah siswa Korea tanpa kewarganegaraan yang tidak bisa masuk asrama dan harus bolak-balik lima jam setiap hari ke sekolah.

3. My Sassy Girl (2017)

https://www.youtube.com/embed/dnKx8_3ZbLw

Berlatar dinasti Joseon, My Sassy Girl yang rilis di tahun 2017 ini menyajikan komedi ringan dengan beberapa permasalahan politik kerajaan seperti yang biasa ada di drama sejarah. Drama ini juga merupakan drama remake dari judul yang sama yang tayang 2001 lalu, tapi tentu menampilkan nuansa yang berbeda.

Oh Yeon So berperan sebagai Putri Hye Myung yang keras kepala, lancang, dan banyak tingkah. Sifatnya ini kadang menyulitkan pada dayang-dayangnya, bahkan tak sekali ia kabur dari istana yang membuat seisi istana kewalahan.

Di samping itu, ada Joo Won yang berperan sebagai Gyun Woo, pria berhati dingin yang membuat banyak wanita jatuh hati. Ia bekerja melatih putra mahkota untuk belajar. Suatu hari, Gyun Woo bertemu dengan Putri Hye Myung, dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Wah, apa yang membuat Gyun Woo terpanah dengan Putri Hye Myung yang menjengkelkan itu?

4. Suspicious Partner (2017)

https://www.youtube.com/embed/firqRGsdifM

Komedi ringan selanjutnya berbalut dengan romansa dan hukum. Dibintangi Ji Chang Wook, Nam Ji Hyun, Kwon Nara dan Choi Tae Joon membuat drama ini semakin betah untuk ditonton. Bercerita tentang Noh Ji Wook (Ji Chang Wook), seorang jaksa yang unik, tampan, cerdas dan pekerja keras tetapi juga keras.

Dia adalah contoh sempurna dari apa yang seharusnya menjadi jaksa, tapi kemudia ia harus turun menjadi pengacara. Di sisi lain hadir Eun Bong Hee (Nam Ji Hyun), seorang jaksa penuntut magang yang percaya diri dan kuat, tetapi naif. Ia ditugaskan untuk bekerja di bawah Ji Wook.

Mereka bekerja sama dalam sebuah kasus misterius yang melibatkan seorang pembunuh psikopat licik. Mulai dari partner kerja, mereka pun akhirnya jatuh cinta satu dengan lainnya.

5. The Tale of Nokdu (2019)

https://www.youtube.com/embed/PQ53YEsXpRw

Rekomendasi drama komedi ringan berikutnya adalah The Tale of Nokdu yang membawa Jang Dong Yoon dikenal dengan julukan ‘janda lenjeh’ Jeon Nokdu. Perannya pun sangat ikonik dengan bait populer ‘omo jinja, wenirini wenirini’. Selalu ada momen yang akan membuatmu tertawa dengan gelagat dari Jeon Nokdu tersebut.

The Tale of Nokdu sendiri bercerita tentang Jeon Nok Du yang tinggal di sebuah pulau bersama ayah dan kakak laki-lakinya. Dia pintar dan ahli pedang yang baik. Sejak kecil, ayahnya tidak mengizinkannya belajar atau pergi ke daratan atau tempat lain.

Suatu hari, ayah dan kakak laki-lakinya diserang oleh sekelompok pembunuh. Jeon Nok Du mengejar salah satu pembunuh ke Ibu Kota. Jeon Nok Du bertemu Dong Dong Ju yang ingin menembak Raja dengan panahnya, tapi Jeon Nok Du menghalanginya dan menyelamatkannnya dari masalah.

Sementara itu, pembunuh yang dikejar Jeon Nok Du masuk ke desa janda. Untuk mengetahui siapa dan mengapa keluarganya diserang, Jeon Nok Du menyamar sebagai wanita dan memasuki desa janda. Di sana, dia bertemu Dong Dong Ju lagi dan magang untuk menjadi seorang gisaeng, ia menyamar sebagai ibu dari Dong Dong Ju.

6. The Secret Life of My Secretary (2019)

https://www.youtube.com/embed/WenR2uvJRpA

 Drama lainnya yang bisa membuatmu tertawa dan memiliki line ikonik adalah The Secret Life of My Secretary. Drama ini bercerita tentang Do Min Ik, pria yang cerdas dan perfeksionis yang berhati keras. Ia merupakan Ketua Tim 1 di T&T Mobile Media dan selalu mengandalkan sekretarisnya, Jung Gal Hee yang tenang dan lembut tapi juga pemarah.

Sisi kocak drama ini banyak didominasi oleh second lead pemeran drama ini, yaitu Goo Ja Sung sebagai Ki Dae Joo, teman sekaligus kolega Do Min Yik. Hadir pula Kim Jae Kyung sebagai Veronica Park, selaku CEO dari Cinepark yang jatuh cinta pada Ki Dae Joo, dalam perjalanannya menemui Do Min Yik selaku calon tunangan yang dijodohkan dengannya.

7. High Kick! The Revenge of the Short Legged

https://www.youtube.com/embed/pG6eup069vk

Jika berbicara dengan drama komedi ringan, kita tak boleh melupakan drama satu ini. dikenal juga dengan High Kick! Season 3, drama ini dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Krystal F(X) sebagai adik kakak yang selalu bertengkar. Kata ‘stupid’ sendiri menjadi line ikonik yang selalu terngiang.

High Kick! 3 bercerita tentang Ahn Nae Sang dan Yoon Yoo Sun pasangan suami istri paruh baya yang bisnisnya bangkrut, sehingga memaksa mereka pindah ke rumah saudara laki-lakinya. Dari situlah konflik dimulai.

8. When the Camellia Blooms (2019)

https://www.youtube.com/embed/prl2MXJQSKo

When The Camellia Blooms menyuguhkan drama komedi ringan yang erat juga dengan kekeluargaan. Dong Baek adalah seorang ibu tunggal yang tinggal di kota kecil Ongsan. Dia menjalankan restoran bar Camellia, sekaligus juga merawat putranya Pil Gu. Orang-orang Ongsan sering bergosip tentang Dong Baek.

Terlepas dari apa yang mungkin dibisikkan penduduk setempat tentang Dong Baek, petugas polisi setempat, Hwang Yong Shik jatuh cinta padanya. Yong Shik yang lugu dan malu-malu memberi rasa gemas tersendiri bagi para penonton.

9. Love with Flaws (2019)

https://www.youtube.com/embed/KW2ZmMAAKjI

Drama komedi romantis satu ini dibintangi oleh aktor tampan Ahn Jae Hyun dengan premis unik, di mana ketampanan menjadi sumber masalah. Drama ini mengisahkan tentang Joo Seo Yeon (Oh Yeon Seo), seorang guru olahraga sementara di SMA Shinhwa yang keras dan sangat membenci laki-laki tampan.

Hal ini karena ia memiliki tiga saudara laki-laki yang terlampau tampan bak tokoh komik, sementara penampilanannya hanya biasa-biasa saja dan ia sering diejek bahkan dianggap bukan anggota keluarga mereka.

Sementara itu, Lee Kang Woo (Ahn Jae Hyun) merupakan laki-laki tampan yang narsis dan sedikit sombong. Di balik penampilannya yang bisa dibilang sempurna itu, Kang Woo juga memiliki trauma karena pernah ditolak gadis pujaannya, karena dianggap terlalu gemuk dan kurang menarik. Plot twist-nya adalah gadis tersebut adalah Seo Yeon.

Sejak dipermalukan Seo Yeon, Kang Woo pindah ke luar negeri untuk belajar sekaligus memperbaiki penampilannya. Setelah 15 tahun berlalu, dia memilih kembali ke Korea untuk mengakhiri traumanya. Kang Woo berhasil menjadi direktur di SMA Shinhwa dan bertemu dengan Seo Yeon. Lantas bagaimana hubungan keduanya?

10. Into The Ring (2020)

https://www.youtube.com/embed/2ALGAbZbvqI

Drama komedi yang juga terselip slice of life ini, menarik dan layak untuk ditonton. Menceritakan tentang Goo Se Ra (Nana) yang datang dari keluarga miskin, tetapi ia masih memiliki kepribadian yang sangat ceria. Se Ra melakukan sejumlah pekerjaan paruh waktu untuk menunjang kehidupannya.

Se Ra sendiri terkenal di kantor wilayah setempat karena ia selalu merekam komplain dari warga dan mengajukannya ke kantor tersebut. Di sisi lain, Seo Gong Myung yang diperankan oleh Park Sung Hoon, bekerja sebagai anggota Pegawai Negeri Sipil (PNS) tingkat 5. Ia memiliki prinsip yang kuat dan selalu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Namun, banyak orang tidak menyukai Gong Myung karena ia dianggap tidak memiliki sikap yang ramah. Hingga akhirnya, Gong Myung terlibat dengan Se Ra karena sebuah insiden.

Itulah 10 rekomendasi drama Korea durasi 30 menit per episode dengan genre komedi ringan, yang bisa kamu coba tonton. Cocok juga buat penonton drakor pemula, nih!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggi

Baca Juga: 10 Drama Korea Bertema Medis ini Menghibur Banget, Wajib Tonton

Baca Juga: Menyepelekan KDrama, Kini Saya Membayarnya dengan Adiksi