Drama Korea menjadi salah satu hiburan yang banyak digemari baik oleh anak muda hingga orang tua. Terlebih di era pandemi saat ini, banyak orang yang penasaran dengan drama Korea lalu mencoba menontonnya hingga akhirnya merasa hampa jika sehari saja tidak menonton drakor.

Drakor sendiri memiliki banyak daya tarik mulai dari genre dan cerita yang beragam serta menarik, akting dan visual dari para pemainnya, hingga durasi waktu tiap episodenya. Drakor rata-rata terdiri dari 16 episode dengan durasi 45 menit sampai 1 jam. Beberapa drakor bisa memiliki episode yang lebih banyak dengan durasi tayang yang lebih sedikit atau sebaliknya.

Bahkan ada beberapa drakor yang memiliki 2-3 episode dengan durasi tayang kurang dari satu jam, namun tidak mengurangi esensi dari cerita tersebut. Nah, kali ini Popbela telah merangkum rekomendasi drakor pendek dengan rating tinggi yang membuatmu cukup tak bisa move on. Penasaran? Let’s check this out!

1. D.P. (2021)

https://www.youtube.com/embed/ru0PmaWoHxM

Masih hangat, drakor pendek pertama yang Popbela rekomendasikan adalah D.P. (Deserter Pursuit). Series dari Netflix ini hanya terdiri dari 6 episode yang masing-masing episode terdiri dari 45-55 menit saja. Drama ini sukses mengangkat bagaimana kehidupan kemiliteran Korea yang cukup mirip dengan kenyataannya. Bahkan karena hal tersebut, kontroversi tentang drama ini juga muncul.

D.P. berkisah tentang seorang prajurit muda bernama An Jun-ho (Jung Hae-in) yang bertugas di unit Deserter Pursuit atau Pengejar Desertir, sebagai bagian dari wajib militernya. Bersama seniornya, Han Ho-yeol (Koo Kyo-hwan), keduanya menemukan kisah saat melacak para tentara yang kabur. Drama yang yang diangkat dari webtoon ini memiliki rating 8.6/10 di IMDb.

2. Puck! (2016)

10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggipinterest.com

Dibintangi Lee Kwang Soo, Puck! menjadi drakor pendek yang bisa kamu selesaikan dalam waktu 2 jam 20 menit. Drakor ini hanya memiliki dua episode saja yang menampilkan Lee Kwang Soo sebagai rentenir. Siapa yang bisa bayangkan, Kwang Soo galak?

Dalam drama ini, Kwang Soo yang berperan sebagai Joo Man berhati hangat harus bekerja sebagai rentenir dibawah perintah seorang bos geng. Ia pun diminta menagih utang dari seorang pelatih hockey.

Demi menagih hutang, ia rela bergabung dalam tim yang dipimpin pelatih tersebut. Namun tak disangka, seiring berjalannya waktu ia malah jadi akrab dengan anggota tim hockey tersebut. Drama pendek ini memiliki rating 8.2/10, lho, di IMDb.

3. The Boy Next Door (2017)

https://www.youtube.com/embed/7XAEHkunCaw

Drakor pendek selanjutnya adalah The boy Next Door dengan rating IMDb sebesar 8.1/10. Drama dengan 15 episode dan berdurasi 6 menit per episodenya, bisa kamu selesaikan hanya dengan waktu 1 jam 30 menit saja.

Diperankan oleh Jang Kiyong dan Choi Woo Sik, web drama ini berkisah tentang bromance yang bikin salah paham. Park Kyu-tae (Choi Woo-shik) dan Sung Gi-jae (Jang Ki-yong) adalah mahasiswa yang tinggal bertetangga. Keduanya amat canggung dan memiliki sedikit ketidaksukaan terhadap satu sama lain.

Setelah kecelakaan, kedua anak laki-laki itu pindah bersama. Semakin mengenal satu sama lain, mereka pun akhirnya mengetahui bahwa mereka berteman dengan seorang perempuan yang bernama Kim Min-ah. Keduanya berakhir dalam situasi lucu dan canggung yang membuat Min-ah dan pacar tertutupnya percaya bahwa mereka gay.

4. If We Were A Season (2017)

https://www.youtube.com/embed/-cCAkklBePw

Memiliki rating 7.9/10, If We Were A Season berhasil membuat baper para penonton. Chemistry apik dari Chae Soo Bin dan Jang Dong Yoon ikut terhanyut ke dalamnya. Tapi siap-siap terbagi dalam dua kubu, ya. Hanya memiliki satu episode, kamu hanya perlu meluangkan waktumu hanya 1 jam saja. Kenapa bukan disebut film? Karena drama ini adalah episode pertama dari musim ke-8, dari serial antologi KBS Drama Special. 

Yoon Hae-rim (Chae Soo-bin) dan Uhm Gi-seok (Jang Dong-yoon), dua siswa sekolah menengah yang lahir pada hari yang sama dan dibesarkan bersama sebagai tetangga sejak lahir. Mereka dekat dan berharga untuk satu sama lain. Suatu hari, seorang siswa pindahan dari Seoul, Oh Dong-kyeong (Jinyoung), muncul. Bagaimana kisah ketiganya? Silakan ditonton, Bela.

5. Page Turner (2016)

https://www.youtube.com/embed/D7JHiEc3v0I

Dalam drama dengan 3 episode ini, untuk kali ini Jisoo tak menjadi sad boy. Mampu menembus rating 7.9/10, Page Turner berkisah tentang siswa sekolah menengah. Suatu hari, Yoon Yoo-seul (Kim So-hyun) pianis berbakat yang selalu memenangkan penghargaan, mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan matanya buta.

Dalam keadaan terpuruknya itu, ia bertemu dengan Jung Cha-sik (Jisoo), sesama calon pianis, mantan atlet nasional yang pensiun karena mengalami cedera. Mereka berdua bersama berjuang untuk kehidupan mereka.

6. Splash Splash Love (2015)

https://www.youtube.com/embed/N701Sv9nHhk

Drama berikutnya adalah Splash Splash Love dari tahun 2015 yang memiliki 2 episode dengan durasi 1 jam 10 menit per episode. Bergenre komedi romantis, drama ini berkisah tentang Dan-Bi (Kim Seul-Gi), seorang siswa sekolah menengah atas yang memiliki kemampuan khusus yang memungkinkannya untuk bepergian ke mana saja saat hujan.

Saat tiba waktu untuk ujian masuk universitasnya, Dan-Bi tidak bisa mengatasi tekanan dan akhirnya kabur ke taman bermain. Kala itu sedang hujan, secara tiba-tiba ia masuk ke genangan air dan mendapati dirinya diangkut ke periode Joseon.

Di sana, dia bertemu Lee Do (Yoon Doo-Joon), Raja muda periode Joseon. Lee Do berada dalam situasi sulit karena kekeringan dan penyebaran wabah penyakit. Bagaimana perjalanan Dan-Bi di era Joseon dan apakah ia dapat kembali? Segera ditonton, ya, Bela jika kamu penasaran.

7. Be Positive (2016)

10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggipinterest.com

Meluncur ke 2016, ada drama pendek yang bintangi oleh DO EXO yang berjudul Be Positive. Meraih rating 7.6/10, Be Positif memiliki 6 episode yang bisa kamu tuntaskan hanya dalam waktu 1 jam saja.

Be Positive adalah sebuah cerita tentang Hwan-dong (Do Kyung-soo), mahasiswa jurusan film yang sedang mempersiapkan proyek kelulusannya sebagai sutradara film. Naskahnya memenangkan hadiah utama, tetapi dia menghadapi kesulitan demi kesulitan saat mencoba menyelesaikan filmnya.

Mulai dari dana hingga pemilihan aktrisnya. Akhirnya Hwan-dong meminta mantan pacarnya, Hye-jung (Chae Seo-jin) untuk memainkan peran utama dalam produksinya. Hye-jung pun kaget, namun akhirnya ia setuju.

8. One Sunny Day (2014)

10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggipinterest.com

Kembali ke tahun 2014, One Sunny day menjadi drama pendek yang berhasil membuat penonton jatuh hati dan mendapat rating 7.6/10. One Sunny Day memiliki 10 episode dengan durasi 12 menit, sehingga kamu bisa menuntaskannya dalam waktu 2 jam saja.

Bercerita tentang Kim Ji-ho (So Ji-sub), seorang pria patah hati yang berakhir di Pulau Jeju untuk sebuah proyek kerja. Di Jeju ia terus bertemu dengan seorang gadis (Kim Ji-won), hingga suatu ketika keduanya dirampok dan harus tidur di wisma yang sama.

Mereka saling bergantung satu sama lain selama sehari karena dompet dan teleponnya dicuri. Kebersamaan itu pun akhirnya membuat Ji-ho move on dari mantannya dan mereka pun saling jatuh cinta.

9. Hymn of Death (2018)

https://www.youtube.com/embed/5QxdSiwK-nw

Hymn of  Death sempat ramai di media sosial karena jalan ceritanya yang benar-benar menarik. Bahkan warganet mengatakan bahwa Shin Hye Sun sebagai tokoh utama perempuan yang berperan menjadi ‘pelakor’ yang disetujui penonton. Tayang pada tahun 2018, Hymn of Death berhasil meraih rating 7.5/10.

Memiliki 6 episode dengan durasi 35 menit per episodenya, drama pendek ini dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Shin Hye Sun. Diangkat dari kisah nyata, drama ini bercerita tentang kisah cinta seorang penulis skenario drama dan penyanyi soprano sekaligus penulis lagu Hymn of Death yang terlarang.

Beralur mundur, meskipun pada awal scene sudah mengisahkan ending dari film tersebut berhasil membuat penonton bertanya-tanya mengenai kisah sebelumnya. Banyak pelajaran menarik yang bisa dambil dari drama pendek ini.

10. Individualist Ms. Jiyoung (2017)

10 Rekomendasi Drama Korea Episode Pendek dengan Rating Tinggiimdb.com

Dengan rating 7.5/10, Gong Myung dan Min Hyo Rin berhasil menggambarkan segelintir kisah kehidupan yang nyata. Terdiri dari 2 episode dengan durasi 1 jam per episode, bisa membuat kamu menyelesaikannya dalam waktu kurang lebih 2 jam yang amat tidak terasa.

Seperti judulnya, drama ini berkisah tentang seorang individualis yang gigih, bernama Ji Young (Min Hyo Rin). Ia suka melakukan sesuatu sendiri dan menghindari segala jenis hubungan dengan orang lain karena memiliki pengalaman buruk di masa kecil.

Dunia sederhananya yang tenang itu, terguncang ketika Byeok Soo (Gong Myung) yang ceria dan lengket memasuki hidupnya, membuatnya menyadari bahwa memiliki beberapa teman dan mungkin, dicintai tidak seburuk itu.

Itulah 10 rekomendasi drama korea pendek dengan rating tinggi yang memiliki kisah menarik dan bisa membuatmu susah move on. Kamu mau cepat-cepat nonton yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Drama Korea Bertema Medis ini Menghibur Banget, Wajib Tonton

Baca Juga: 10 Aktor dan Aktris Ini Kembali Reuni di Drama Korea Berbeda

Baca Juga: 10 Poster Editan 'Hometown Cha-Cha-Cha' Ini Jadi a la FTV, Kocak!