7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasa

Ada yang bisa meledak, menari, dan bersiul

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasa

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Jika tanaman di rumahmu mengeluarkan aroma yang wangi dan berwarna-warni mungkin terlihat biasa saja. Seperti yang diketahui bahwa memang semua makhluk hidup memiliki ciri khususnya tersendiri begitu juga dengan tanaman. Berbeda dari tanaman lainnya, beberapa tanaman ini memiliki kemampuan atau ciri khas yang tak biasa.

Tanaman-tanaman ini juga punya kekuatan super, lho, Bela. mungkin beberapa ada yang familiar denganmu dan mungkin ada yang belum sampai membuatmu tercengang. Penasaran apa saja jenis tanaman unik yang punya kemampuan tak biasa ini? Let’s check this out!

1. Kantong Semar

Kantong semar atau Nephenthes Mirabilis adalah tumbuhan karnivora. Makanan mereka adalah serangga seperti lalat, tawon dan lainnya. Lantas di mana letak keunikannya? Namanya pun sudah terdengar unik, bukan? Tanaman ini berbentuk seperti kantong yang memanjang ke bawah yang memiliki tujuan untuk menangkap mangsanya.

Ia akan mengeluarkan nektar yang mampu mengundang perhatian para serangga untuk datang dan hinggap pada tanaman ini. Setelahnya, serangga yang muncul akan jatuh ke dalam kantung tanaman yang berisi cairan. Serangga yang terperangkap ini tidak dapat melarikan diri dan akhirnya disantap oleh kantong semar dengan enzim.

2. Venus Flytrap

Sama seperti kantong semar, venus flytrap juga termasuk golongan tumbuhan karnivora. Keunikan tanaman asal Carolina, Amerika Serikat ini adalah bentuk dan cara menangkap santapannya. Tanaman ini memiliki tampilan berwarna hijau dan capit yang berwarna merah.

Venus flytrap menangkap serangga seperti laba-laba, jangkrik, nyamuk dan sebagainya untuk dijadikan makanan mereka. Cara kerjanya hampir mirip dengan kantong semar, di mana untuk menarik perhatian serangga, mereka akan mengeluarkan nektar pada bagian dalam tanaman.

Setelah serangga berhasil masuk perangkap, tanaman tidak langsung mengatupkan capitnya. Mereka akan menghitung sampai si serangga menyentuh rambut di "mulut"-nya sebanyak lima kali, baru mengatupkannya. Hal ini bertujuannya agar mereka tak membuang-buang energi mengatupkan rahangnya untuk menangkap serangga yang mungkin terlalu kecil dan gak bernutrisi.

Venus flytrap ingin memastikan bahwa serangga yang hinggap benar-benar "layak" untuk dimakan. Serangga yang sudah tertangkap akan mati karena getah yang ada pada kelenjar perangkapnya. Tertarik menanamnya untuk jadi obat nyamuk alami di rumah?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here