Jika tanaman di rumahmu mengeluarkan aroma yang wangi dan berwarna-warni mungkin terlihat biasa saja. Seperti yang diketahui bahwa memang semua makhluk hidup memiliki ciri khususnya tersendiri begitu juga dengan tanaman. Berbeda dari tanaman lainnya, beberapa tanaman ini memiliki kemampuan atau ciri khas yang tak biasa.

Tanaman-tanaman ini juga punya kekuatan super, lho, Bela. mungkin beberapa ada yang familiar denganmu dan mungkin ada yang belum sampai membuatmu tercengang. Penasaran apa saja jenis tanaman unik yang punya kemampuan tak biasa ini? Let’s check this out!

1. Kantong Semar

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasaflickr.com/medusasnail

Kantong semar atau Nephenthes Mirabilis adalah tumbuhan karnivora. Makanan mereka adalah serangga seperti lalat, tawon dan lainnya. Lantas di mana letak keunikannya? Namanya pun sudah terdengar unik, bukan? Tanaman ini berbentuk seperti kantong yang memanjang ke bawah yang memiliki tujuan untuk menangkap mangsanya.

Ia akan mengeluarkan nektar yang mampu mengundang perhatian para serangga untuk datang dan hinggap pada tanaman ini. Setelahnya, serangga yang muncul akan jatuh ke dalam kantung tanaman yang berisi cairan. Serangga yang terperangkap ini tidak dapat melarikan diri dan akhirnya disantap oleh kantong semar dengan enzim.

2. Venus Flytrap

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasapinterest.com/Kristina Meyer

Sama seperti kantong semar, venus flytrap juga termasuk golongan tumbuhan karnivora. Keunikan tanaman asal Carolina, Amerika Serikat ini adalah bentuk dan cara menangkap santapannya. Tanaman ini memiliki tampilan berwarna hijau dan capit yang berwarna merah.

Venus flytrap menangkap serangga seperti laba-laba, jangkrik, nyamuk dan sebagainya untuk dijadikan makanan mereka. Cara kerjanya hampir mirip dengan kantong semar, di mana untuk menarik perhatian serangga, mereka akan mengeluarkan nektar pada bagian dalam tanaman.

Setelah serangga berhasil masuk perangkap, tanaman tidak langsung mengatupkan capitnya. Mereka akan menghitung sampai si serangga menyentuh rambut di "mulut"-nya sebanyak lima kali, baru mengatupkannya. Hal ini bertujuannya agar mereka tak membuang-buang energi mengatupkan rahangnya untuk menangkap serangga yang mungkin terlalu kecil dan gak bernutrisi.

Venus flytrap ingin memastikan bahwa serangga yang hinggap benar-benar "layak" untuk dimakan. Serangga yang sudah tertangkap akan mati karena getah yang ada pada kelenjar perangkapnya. Tertarik menanamnya untuk jadi obat nyamuk alami di rumah?

3. Putri Malu

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasamaxvandaag.nl

Siapa tak kenal putri malu? Tanaman satu ini banyak dijumpai di Indonesia apalagi di sekitar kita. Kamu mungkin sudah mengenalnya karena masuk dalam salah satu materi pelajaran IPA saat SD. Putri malu terkenal akan kemampuan gerak ketika disentuh.

Kemampuan tersebut dinamakan gerak seismonasti, jika disentuh daun dari tanaman ini akan reflek menguncup. Tahukah kamu? Tanaman unik satu ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, tetapi sudah tersebar secara luas khususnya di negara dengan iklim yang hangat. Sesuai namanya, tanaman ini dinilai unik karena seolah “malu” ketika disentuh oleh manusia, tapi akan kembali membuka daunnya lagi setelah beberapa menit. Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan, lho.

4. Duri Bersiul

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasacommons.wikimedia.org

Tak hanya mulut manusia saja yang bersiul, tanaman pun bisa bersiul, lho, Bela.Vachellia Drepanolobium atau yang biasa dikenal dengan duri bersiul merupakan jenis tanaman yang tumbuh di Negara Afrika. Suara siulan dari pohon ini berasal dari lubang-lubang yang terdapat di umbi tersebut saat tertiup angin. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan hewan dari tanaman duri bersiul.

Pohon ini juga memiliki simbiosis mutualisme dengan semut, umbi duri yang terdapat pada pohon ini dapat berlubang dan menjadi rumah bagi semut. Pohon duri bersiul ini dapat tumbuh hingga 6 meter dan dapat menghasilkan duri yang lurus dengan dasar bulat besar.

5. Rumput Menari

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasacnseed.org

Jika sebelumnya adalah duri bersiul kini rumput menari. Tanaman ini memiliki nama lain Desmodium Gyrans. Daun pada tanaman ini bergerak secara aktif dibandingkan tanaman lainnya. mereka akan bereaksi dengan suara atau gerakan. Pergerakkannya akan secara aktif apabila terkena paparan sinar matahari yang cukup tinggi.

Banyak juga yang berpendapat bahwa pergerakkan yang dihasilkan merupakan tindakan pencegahan mangsa untuk hinggap. Tanaman ini sendiri mudah tumbuh di negara tropis termasuk Indonesia.

6. Eukaliptus

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasawikimedia.org

Kemampuan tidak biasa atau kemampuan super tanaman satu ini cukup membuatmu tercengang. Jika tanaman akan mati dan terbakar saat terkena api, tanaman satu ini lain cerita. Eukaliptus namanya, mereka memiliki kemampuan bertahan di dalam api, sekalipun terjadi kebakaran yang besar. Bahkan beberapa pohon eukaliptus sendiri dapat meledak akibat api yang dihasilkan.

Hal ini terjadi karena minyak dari tanaman ini sangat mudah terbakar dan membuat api menyebar. Saat terjadi kebakaran, pohon eukaliptus justru mengeluarkan bibit yang sehat dan beregenerasi, unik, ya, Bela. Tanaman ini bahaya bagi manusia dan juga hewan, tetapi beberapa hewan herbivora marsupialia dapat mengonsumsi daunnya. Bahkan minyak dan daunnya kerap dijadikan sebagai obat-obatan. Tanaman ini tumbuh banyak di Australia tapi kamu juga bisa menemukannya di Indonesia.

7. Hura Crepitans

7 Tanaman Unik yang Punya Kemampuan Tak Biasarare.us

Kemampuan tak biasa tanaman ini bisa membuatmu merinding bahkan saat mendengar namanya. Tanaman ini adalah Hura crepitans atau biasa disebut pohon dinamit ataupun pohon neraka. Mereka merupakan tanaman yang sangat berbahaya mulai dari batang hingga buahnya. Tanaman ini dapat terus tumbuh dengan hijau pada setiap musim dan dapat mencapai tinggi hingga 60 meter.

Tanaman asal Amerika Selatan ini memiliki duri-duri tajam di seluruh batang pohonnya. Selain itu, mereka juga mengeluarkan getah yang sangat beracun. Nama dinamit diambil dari buah pohonnya yang dapat meledak saat matang seperti dinamit. Bahkan kecepatannya hingga 240 kilometer/jam. Peledakkan buah ini bertujuan untuk memperluas area penyebaran biji dan reproduksi pohonnya. Apabila dikonsumsi, buah ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dari diare, muntah hingga pada kematian.

Itulah 7 tanaman unik yang punya kemampuan luar biasa. Kamu takjub dengan yang mana nih, Bela?

Baca Juga: Cara Menyimpan Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Bikin Estetik!

Baca Juga: Hati-Hati! 10 Tanaman Hias Ini Malah Bisa Sebabkan Alergi