Feng shui sering digunakan sebagai salah satu patokan dalam proses pembangunan rumah. Ilmu topografi asal Tiongkok ini digunakan untuk memastikan rumah tersebut dibangun dengan qi yang baik. Dalam ilmu Feng shui, setiap rumah memiliki energi positif dan negatifnya masing-masing.

Besar kecilnya energi tersebut dipengaruhi oleh beberapa alasan, seperti kesalahan tata letak, kesalahan penggunaan elemen pada bangunan, hingga barang-barang yang ada di sekitar rumah. Nah, kamu pastinya ingin dong memiliki rumah yang banyak energi positifnya dibanding energi negatifnya.

Berikut ini ada 14 cara membuang sial di rumah menurut ilmu Feng shui, agar rumahmu dipenuhi energi positif beserta kategori terapi Feng shui yang bisa kamu pilih.

Kategori terapi Feng Shui

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuiastrotarot.net

Kamu bisa memilih terapi Feng Shui favoritmu untuk membuang sial di rumah. Ada setidaknya tiga kategori terapi Feng Shui yang berlaku, antara lain:

  • Simbol yang telah digunakan selama ribuan tahun, seperti misalnya patung Penyu, Buddha Tertawa, atau sepasang Naga dan Phoenix.
  • Simbol yang digunakan pada feng shui modern, biasanya disesuaikan dengan lima elemen feng shui seperti vas logam untuk elemen logam.
  • Simbol yang dikhususkan untuk setiap individu, biasanya karena adanya koneksi personal yang membuat simbol tersebut membawa keberuntungan untukmu.

Cara membuang sial di rumah menurut Feng shui

1. Pajang tanaman hias pembersih udara

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuifreepik.com/pvproductions

Memajang tanaman hias pembersih udara di rumah dapat membantu mengeluarkan energi negatif dan membuat energi positif semakin banyak di rumah. Tanaman merupakan elemen alami yang dapat membawa energi vital untuk perkembangan, pembaharuan dan penyembuhan. Kehadiran tanaman hias di rumah bisa menguatkan elemen Feng Shui kayu. Tanam lah tanaman hias yang cerah, ceria, serta subur.

2. Pelihara ikan mas atau koi

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuipixabay.com/florence D

Ikan mas dan koi dianggap sebagai hewan peliharaan yang membawa keberuntungan, kebahagiaan, perkembangan dan kemakmuran. Memelihara ikan mas ataupun koi di rumah, bisa menghilangkan energi negatif dan menarik keberuntungan ke dalam rumah. Namun, juga tak boleh sembarangan, Bela. Kamu bisa memelihara ikan mas dengan jumlah ganjil, yang paling baik adalah memelihara delapan ikan mas dan satu ikan mas berwarna hitam.

3. Gunakan minyak esensial atau semprotan aroma terapi

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuipexels.com/anna-nekrashevich

Minyak esensial atau semprotan aroma terapi (diffuser)bermanfaat untuk menciptakan kualitas udara yang baik. Kualitas udara yang baik akan sangat berdampak positif pada kesehatan tubuh maupun kesejahteraan para penghuni rumah. Oleh karena itu, energi positif di rumah pun akan semakin bertambah.

4. Manfaatkan batuan kristal

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuipexels.com/ekaterina-bolovtsova

Cantik saat menjadi pajangan, batuan kristal juga dapat digunakan sebagai cara membuang sial. Batuan kristal merupakan sumber energi yang sangat baik untuk terapi Feng Shui. Kehadirannya membawa energi penyembuhan yang kuat karena berasal dari elemen Feng Shui bumi.

5. Memelihara tanaman bambu hoki

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuifreepik.com/bearpotos

Jangan heran juga jika kamu banyak menemukan tanaman bambu hoki di tempat-tempat orang Asia atau keturunan Tionghoa. Pasalnya, tanaman bambu hoki adalah terapi Feng Shui yang cantik dan mengandung makna spesifik yang berhubungan dengan 5 elemen Feng Shui.

Namun, cara buang sial dan terapi Feng Shui satu ini cukup rumit dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi agar tanaman ini mampu bekerja secara efektif, salah satunya adalah penempatannya.

6. Akuarium di rumah

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuikickstarter.com

Dalam ilmu Feng Shui, akuarium adalah alat terapi penting karena dapat mengundang kelimpahan energi dan kekayaan. Maka, jangan heran jika kamu menemukan beberapa tempat seperti rumah tinggal dan restoran milik orang Asia yang terdapat akuarium. Hal itu dimungkinkan karena mereka berpedoman dengan ilmu Feng Shui. Agar cara buang sial dengan aquarium efektif, kamu harus memahami kriteria untuk membuat Feng Shui aquarium yang baik.

Area terbaik untuk menempatkan akuarium, yakni di sebelah tenggara hunian. Tenggara merepresentasikan kekayaan dan kemakmuran. Lokasi lainnya adalah di arah utara (karier) dan timur (kesehatan dan keluarga). Perlu diperhatikan, jangan letakkan akuarium di area kamar tidur dan dapur, ya, Bela.

7. Pasang lilin sebagai obat Feng Shui

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuipixabay.com/S. Hermann & F. Richtera

Cara dan terapi Feng Shui satu ini sangat mudah dan hampir di setiap rumah pasti memiliki lilin. Meski begitu, terapi Feng Shui dan cara buang sial dengan lilin tetap memiliki batasan untuk hasil yang memuaskan. Hati-hati juga saat memilih lilin,ya, Bela, karena banyak lilin yang mengandung toxin yang membahayakan kesehatan.

8. Memasang cermin

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuipexels.com/max-vakhtbovych

Wah, kalau cara satu ini sudah pasti klop banget bagi kamu penyuka cermin dan sering ngaca. Cermin adalah salah satu elemen yang vital dalam pengelolaan energi berdasarkan Feng Shui rumah. Pemasangan cermin diperlukan sebagai salah satu cara buang sial dan terapi feng shui untuk memelihara energi positif di rumah. Agar hasil optimal, kamu bisa mempelajari cara penggunaan cermin menurut Feng Shui rumah.

9. Pajang dekorasi Anjing Fu

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuiwingonwoand.co

Anjing Fu (Fu Dogs) adalah elemen pelindung Feng Shui klasik. Dari segi penampilan, dekorasi satu ini memang tampak menyeramkan dan kurang berkesan. Tapi tenang saja, Bela, saat ini telah tersedia berbagai model Anjing Fu yang dapat kamu pilih sesuai keinginan. Memajang Anjing Fu disebut sebagai salah satu cara buang sial yang amat manjur, karena energi pelindung yang dihadirkannya.

10. Pajang simbol kebahagiaan ganda

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuidreamstime.com

Simbol Feng Shui klasik lainnya yang dapat membuang sial adalah simbol kebahagiaan ganda (Double Happiness). Simbol ini ditujukan untuk cinta dan harmoni dalam pernikahan. Namun, menurut beberapa ahli Feng Shui, simbol ini juga bisa dijadikan cara buang sial yang ampuh dan menggantinya dengan kebahagiaan. Kamu bisa memajangnya di rumah di tempat yang tepat. 

11. Hiasan kura-kura naga

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuitokopedia.com

Berikutnya adalah simbol kura-kura naga yang juga termasuk simbol klasik dalam terapi Feng Shui. Konon, simbol ini dipercaya dapat mengundang kekayaan, keberlimpahan energi, dan keberuntungan. Manfaat simbol ini dari segi Feng Shui juga sudah sangat terbukti. Kini kamu pun bisa memilih beragam model, ukuran, warna, hingga material pembuat simbol kura-kura ini.

12. Hiasan Feng Shui naga

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuietsy.com

Simbol Feng Shui yang sama pentingnya selain kura-kura naga adalah simbol Feng Shui naga. Simbol ini adalah elemen terapi klasik yang penuh kuasa dan sangat dahsyat. Karena kebesaran kuasanya itu pula kamu tak bisa menggunakannya secara sembarangan. Ada cara penggunaan dan penguasaannya yang harus kamu pelajari agar dapat menggunakan Feng Shui naga dengan tepat.

13. Gantung bel atau lonceng angin

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuipixabay.com

Bunyi lonceng angin atau bel yang harmonis dengan gerakan yang mengalir dipercaya dapat mengusir nasib buruk. Selain itu, bunyi-bunyi tersebut bisa memberikan efek ketenangan dan kedamaian. Cara yang paling tepat untuk mengusir nasib sial dengan bel atau lonceng adalah dengan menaruhnya di depan pintu rumah.

14. Dengan energi Buddha

14 Cara Buang Sial di Rumah Menurut Feng shuinichecanvas.com

Cara terakhir adalah dengan energi Buddha. Kehadiran energi Buddha di dalam rumah juga sangat diperlukan untuk membuang sial atau energi negatif. Energi dari elemen-elemen Buddha bisa sangat menentramkan dan menenangkan. Elemen-elemen Buddha juga mudah ditemukan, kamu bisa menggunakan sebuah patung, lukisan, atau bahkan dari sebuah bantal sofa yang bergambar Buddha sekalipun.

Itu dia 14 cara membuang sial di rumah menurut Feng Shui yang bisa kamu coba. 

Baca Juga:  7 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah, dari Ahli Feng Shui

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Tahun 2021 Menurut Feng Shui 

Baca Juga: 9 Tips Feng Shui untuk Bikin Dapur Lebih Berseri