Munggahan Adalah Tradisi Sebelum Puasa, Ini Makna dan Filosofinya

Tradisi masyarakat muslim Sunda

Munggahan Adalah Tradisi Sebelum Puasa, Ini Makna dan Filosofinya

Ada banyak tradisi di Indonesia untuk menyambut bulan suci Ramadan yang akan segera datang. Kini, beberapa tradisi tersebut masih terus dipertahankan oleh masyarakat, salah satunya adalah munggahan. 

Munggahan adalah tradisi yang ada pada masyarakat Sunda sebelum Ramadan. Tradisi ini dilakukan dengan berkumpul bersama kerabat dan makan bersama. Terdapat sejarah di balik tradisi ini yang bisa membuat bulan Ramadan makin bermakna. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang tradisi munggahan, simak ulasan di bawah ini ya, Bela!

1. Apa itu munggahan?

Munggahan Adalah Tradisi Sebelum Puasa, Ini Makna dan Filosofinya

Istilah munggahan berasal dari bahasa Sunda "unggah" yang artinya naik. Naik dalam hal ini artinya adalah naik ke bulan suci atau naik derajatnya. Secara filosofis, munggahan adalah prosesi menyambut bulan Ramadan yang penuh kemuliaan sehingga masyarakat muslim akan dinaikkan derajatnya. 

Tradisi ini sejak dulu dilakukan oleh masyarakat muslim, tepatnya di tanah Sunda. Di daerah lainnya, tradisi semacam munggahan juga dilakukan dengan istilah yang berbeda. Di antaranya adalah papajar di Bandung dan cucurak di Bogor. 

2. Apa yang dilakukan saat munggahan?

Berbeda dengan kebanyakan tradisi yang memiliki pakem tertentu, aktivitas yang dilakukan saat munggahan justru bervariasi dan tidak terlalu formal. Biasanya, masyarakat berkumpul di rumah, masjid, atau musala mengundang para tetangga, keluarga, dan kerabatnya. 

Setelah itu, mereka kemudian makan bersama yang disebut dengan istilah "botram". Baru setelah makan, mereka akan saling bermaaf-maafan dan berdoa bersama. Tak jarang mereka juga mengundang para kyai untuk membaca tahlil dan doa. 

Beberapa yang lainnya juga melanjutkan aktivitas dengan pergi berwisata atau berziarah ke makam orang tua. Tak sampai di situ saja, satu hari menjelang puasa ada tradisi sedekah munggah yang melengkapi tradisi ini.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here