Pandemi COVID-19 memang sangat berdampak pada perubahan kehidupan masyarakat. Mulai dari dampak politik, ekonomi, hingga kesejahteraan masyarakat. Perubahan yang terjadi nggak jarang diikuti dengan penyesuaian yang terkadang membuat kita stres. Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres dan kepenatan salah satunya adalah dengan mandi air hangat.

Nggak hanya mengurangi stress ternyata mandi air panas memiliki banyak manfaat. Hal tersebut juga dibenarkan oleh dr. M Berian Rachmanadi, dalam acara peluncuran Rheem XWell Series di Jakarta. 

“Saat kulit bersentuhan dengan air hangat tubuh akan melepas hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stress,” ujar dr M Berian Rachmanadi.

Rheem XWell Series Hadirkan Kehangatan & Kenyamanan Keluarga IndonesiaPopbela.com/NabilaDamaan

Hal tersebut juga dirasakan oleh Agatha Suci yang turut hadir dalam acara peluncuran produk pemanas air terbaru dari Rheem, Xwell Series. Baginya berendam di air hangat sangat membantunya untuk mengurangi stress dan kepenatan atas aktivitasnya sehari-hari. Bahkan Agatha Suci juga membagikan pengalaman salah satu anak perempuannya yang memiliki kebutuhan khusus sangat suka berendam di air hangat.

“FYI, saya punya dua anak berkebutuhan khusus, anak perempuan saya itu bisa jadi sangat tenang jika berada di air, dia suka sekali air. Bahkan setiap dia selesai melakukan terapi, berendam air hangat menjadi sebuah ritual. Sangat signifikan sekali efeknya bagi ketenangan dia,” jelas Agatha.

Selain meredakan stress dan memberikan ketenangan, mandi air panas juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan memperlancar peredaran darah. 

Kulit jadi lebih bersih

Dengan mandi menggunakan air hangat manfaat lain yang dapat dirasakan, yaitu kulit menjadi lebih bersih dan halus. Mengapa demikian? Menurut dr Berian ketika mandi menggunakan air hangat, uap hangat akan menstimulasi pori-pori kulit untuk terbuka, sehingga minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan lebih mudah untuk rontok. 

“Itulah mengapa setiap kita mandi dengan air hangat kulit kita seakan lebih bersih dan halus,” tegas dr M Berian Rachmanadi.

Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat mandi air hangat juga bisa dirasakan oleh semua kalangan, mulai dari bayi hingga lansia. Bahkan mandi menggunakan air hangat sangat dianjurkan bagi para lansia. Hal tersebut disampaikan dr Berian karena adaptasi tubuh lansia tidak secepat usia-usia muda. Sehingga jika lansia terus menerus mandi menggunakan air dingin khawatir pembuluh darah yang menyempit akan menimbulkan penyakit lainnya.

“Pembuluh darah akan melebar dan tentunya akan melancarkan peredaran darah jika terkena air hangat, kebalikan ketika kita mandi air dingin, pembuluh darah akan menyempit. Menjadi konsen karena adaptasi tubuh bagi lansia untuk mengembang dan mengempis tidak secepat usia-usia muda.”

Suhu yang disarankan

Rheem XWell Series Hadirkan Kehangatan & Kenyamanan Keluarga Indonesiathehomehacksdiy.com

Berapa sih suhu yang ideal yang baik digunakan untuk mandi? Menurut dr M Berian suhu air hangat yang paling tepat adalah di bawah 40’ celcius, dan idealnya di suhu 37 - 38,3 derajat celsius. Suhu di atas 40 derajat celcius dan apabila terlalu sering mandi air hangat sangat beresiko menimbulkan iritasi, lho Bela.

Di dalam kulit kita terdapat kelenjar minyak yang berfungsi sebagai pelembab alami dari kulit kita, apabila kita terlalu sering mandi menggunakan air hangat atau bahkan menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas tentu akan mengganggu kinerja kelenjar minyak tersebut.

“Minyak tidak lagi melumasi kulit dengan baik, sehingga akibatnya kulit menjadi kering. Kalau kulit kita kering akan timbul iritasi. Kenapa? karena di dalam kulit kita memproduksi histamin, zat yang membuat tubuh kita menjadi gatal. Jadi kalau mau dapat manfaatnya kita bisa atur suhu dan intensitas mandi air hangat.”

Rheem menghadirkan produk terbaru Xwell pemanas air

Rheem XWell Series Hadirkan Kehangatan & Kenyamanan Keluarga Indonesiadok. Rheem

Menjawab kebutuhan masyarakat akan air hangat yang memiliki banyak manfaat, Rheem sebuah brand pemanas air global ternama asal Amerika, melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya meluncurkan Rheem XWell Series, pemanas air rumah tangga dengan teknologi mutakhir dan ramah lingkungan untuk konsumen Indonesia. 

Rheem luncurkan 2 varian produk Rheem XWell Series yaitu Rheem XWell Cube Series dan Rheem XWell Slim Series. Dengan tampilan desain yang lebih ramping, tetapi dapat menampung lebih banyak daya tampung dengan penggunaan listrik yang lebih hemat. 

Rheem XWell Slim Series mempunyai 2 kapasitas tampung, yakni 15 liter dengan daya listrik sebesar 350 watt, dan 30 liter dengan daya listrik 500 watt. Lalu, Rheem XWell Cube Series juga memiliki 2 variasi, yakni daya tampung sebesar 20 liter dengan daya listrik 350 watt, dan terakhir daya tampung sebesar 30 liter dengan daya listrik 500 watt. 

Fitur unggulan Rheem XWell Series

Rheem XWell Series Hadirkan Kehangatan & Kenyamanan Keluarga IndonesiaDok. Rheem

Pada acara peluncuran ini Rheem meluncurkan 2 varian produk Rheem XWell Series yaitu Rheem XWell Cube Series dan Rheem XWell Slim Series yang keduanya sama-sama memiliki fitur yang memiliki keunggulan dari pada produk lain, di antaranya:

  • Lapisan enamel RheemGlas™ terbaik pada tangki bagian dalam untuk perlindungan terhadap korosi sehingga masa pakai akan lebih lama
  • Menghasilkan air panas lebih banyak untuk pengalaman mandi air hangat yang lebih lama dengan Diffuser RheemHot™ eksklusif
  • RheemFoam™ merupakan busa poliuretan bebas CFC berkualitas tinggi yang 25% lebih tebal untuk mempertahankan daya tahan panas yang lebih lama dan mempersingkat proses pemanasan di dalam tangki.
  • RheemHD+™ Anode yang berkualitas tinggi untuk memberikan perlindungan
    tambahan terhadap korosi pada tangki bagian dalam
  • Meningkatkan keamanan keluarga dengan RheemSafety™ untuk safety cut-off dalam waktu 0.1 detik jika terjadi kondisi abnormal
  • Elemen pemanas Incoloy 840 yang mampu mencegah erosi bahkan dalam kondisi air yang paling ekstrem, sehingga memberikan pengguna pancuran air hangat yang berkelanjutan
  • Single weld line atau pengelasan tunggal pada tangki untuk mengurangi kerentanan dan meminimalkan risiko kebocoran air
    hingga 67% lebih kuat
  • Xwell terlindung dari benda padat dan cipratan air karena dilengkapi dengan IP Rating IP24, tertinggi di kelasnya.

“Kami memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi, mandi air hangat diyakini menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi stres, kepenatan setelah sibuk dengan aktifitas seharian, untuk itu Rheem menghadirkan pemanas air rumah tangga Rheem XWell Series yang dirancang dengan teknologi Diffuser RheemHot™ eksklusif, mampu menghasilkan air panas lebih banyak dan lama sehingga level suhu air yang terjaga secara konstan dapat memberikan pengalaman mandi air hangat yang menyenangkan di rumah Anda,“ jelas Devid Suryawan, Head of Retail PT Dewata Vulcanindo.

Rheem, sebagai brand pemanas air yang telah dipercaya dan digunakan di lebih dari 2000 hotel di Indonesia ini, melalui acara peluncuran produknya mengajak masyarakat Indonesia untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental dengan mandi air hangat.

Baca Juga: Ketahui  5 Manfaat Baik Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga: Ingin Hidup Sehat? Coba Rutin Minum Air Hangat dan Dapatkan 7 Manfaat Ini

Baca Juga: Kampanye #AyoMinumBuah Ajak Masyarakat Meningkatkan Konsumsi Buah