Stres adalah hal yang pernah semua orang rasakan. Meski kamu tahu bahwa stres memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan fisik dan batin, faktanya sebagian dari kita merasa sulit untuk lepas dari stres dan tidak tahu bagaimana cara untuk menyegarkan pikiran. Bahkan ketika kamu sudah terbiasa dengan stres, kamu tidak menyadari tanda-tanda di bawah ini yang mengindikasikan kalau kamu sedang stres berat.

Sadar Nggak Kalau Kamu Sedang Stres Berat? Coba Cek 5 Ciri Ini Deh

Ketika teman kerja meminta tolong kepadamu tentang hal yang sederhana, kamu justru menjawabnya dengan kasar. Kamu menganggap bahwa temanmu tidak mampu mengerjakan apapun dan hanya bisa menyusahkan orang lain. Namun di sisi lain, kamu sadar bahwa kamu sangat berlebihan. Sebuah studi menjelaskan bahwa ketika kita sedang stres, kita tidak bisa merasakan bagaimana orang tersebut sakit hati dengan omongan kita.

Sadar Nggak Kalau Kamu Sedang Stres Berat? Coba Cek 5 Ciri Ini Deh

Meski jam kantor hanya selama 8-9 jam, kamu cenderung memikirkan masalah pekerjaan seharian. Ketika kamu makan, menonton televisi hingga menjelang tidur, yang ada di pikiranmu hanyalah tugas-tugas yang masih belum selesai menjelang deadline. Memikirkan pekerjaan hingga mengganggu aktivitasmu sehari-hari bisa membuatmu kurang beristirahat dan dihantui rasa cemas yang berlebihan.

Sadar Nggak Kalau Kamu Sedang Stres Berat? Coba Cek 5 Ciri Ini Deh

Ketika kamu duduk di depan komputer dan memutuskan untuk bekerja, banyak hal yang melintas di pikiranmu sehingga kamu sulit untuk fokus pada pekerjaan yang hendak kamu selesaikan. Mengecek akun media sosial, memilih-milih lagu hingga menonton video di YouTube adalah cara yang kamu lakukan untuk refreshing sejenak namun menghambat produktivitas kamu.

Sadar Nggak Kalau Kamu Sedang Stres Berat? Coba Cek 5 Ciri Ini Deh

Setelah lelah dari aktivitas seharian, rasanya kamu ingin cepat-cepat tiba di rumah untuk merebahkan tubuh dan mengistirahatkan pikiran. Namun yang terjadi di atas tempat tidur adalah kamu terjaga hingga larut malam karena sulit tidur bahkan merasa tidak mengantuk. Mimpi buruk adalah adalah salah satu gejala kalau kamu sedang stres berat.

Sadar Nggak Kalau Kamu Sedang Stres Berat? Coba Cek 5 Ciri Ini Deh

Karena dipengaruhi oleh pikiran yang selalu tegang, tubuhmu juga akan merasakan sakit seperti nyeri pada leher, punggung dan pundak, sakit kepala, dan sebagainya. Pikiranmu yang tegang akan mempengaruhi beberapa hormon yang terhubung dengan otot-otot tubuhmu. Pencernaan dan aliran darah dalam tubuh akan terganggu serta jantung akan berdetak lebih cepat.

Salah satu penyebab kamu mudah merasa stres adalah kamu cenderung overthinking terhadap hal-hal yang menurutmu membutuhkan perhatian lebih.  Cara termudah untuk mengurangi overthinking adalah dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai dan menyita perhatianmu seperti memasak, menjahit atau menonton film favorit.

BACA JUGA: Hobi yang Kamu Miliki Memancarkan Kepribadianmu Lho