Pebisnis Sam Ovens nggak pernah mengira bahwa usaha yang dia lakukan dengan susah payah kini menjadi perusahaan konsultan bernilai jutaan dolar. Memutuskan untuk mengundurkan diri setelah bekerja selama tiga bulan dari kantor pertamanya, pria berusia 26 tahun ini memantapkan tekad untuk membuka usaha di garasi rumah orang tuanya. Meski telah tiga kali gagal dan uangnya terkuras habis, Ovens nggak ingin kembali bekerja kantoran dan tetap ingin berwirausaha. Buat kamu yang ingin membangun bisnis, kamu bisa pakai nih trik rahasia Ovens.

4 Rahasia Supaya Bisnismu Untung Kurang dari 1 Tahun!
 

Membangun personal brand memang nggak mudah Bela, tapi hal tersebut bisa kamu lakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan atau barang yang kamu berikan. Bergabunglah dengan event tertentu di kotamu sehingga bisnis yang kamu jalani makin dikenal masyarakat luas.

4 Rahasia Supaya Bisnismu Untung Kurang dari 1 Tahun!
 

Nggak perlu jauh-jauh memasarkan produk kamu ke orang lain, Bela. Awali bisnismu dengan memperkenalkan dan memasarkannya ke orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Kalau kualitas produk atau layanan yang kamu berikan memang memuaskan, mereka akan mempromosikan bisnis yang kamu punya ke orang lain secara sukarela.

4 Rahasia Supaya Bisnismu Untung Kurang dari 1 Tahun!
 

Oven mengaku bahwa dia masih terus mencari ilmu tentang bidang yang dia tekuni dari orang-orang yang lebih berpengalaman dan buku-buku yang dia peroleh. Ovens sadar bahwa dia harus paham betul tentang industri yang dia tekuni jika ingin bisnisnya terus berkembang.

4 Rahasia Supaya Bisnismu Untung Kurang dari 1 Tahun!
 

Penolakan bukanlah sebuah kegagalan, Bela. Setiap pebisnis sukses pasti pernah mengalami rasanya ditolak karena ide dan produk mereka. Tapi kalau kamu langsung menyerah begitu saja, maka kamu nggak akan pernah tahu kesempatan apa yang akan kamu dapatkan di masa depan.

Pokoknya, kalau mau hampir menyerah dalam membangun bisnis, ingat-ingat keempat hal di atas ya, Bela. Semangat!

 

BACA JUGA: Cek Yuk! 5 Aturan dalam Membangun Bisnis Bersama Sahabat Baikmu