Bela, memilih pekerjaan pertama setelah lulus kuliah memang tidak mudah. Selain lokasi dan bidang, ukuran perusahaan juga penting demi perkembangan karier dan kepribadianmu. Di era global ini, kamu tentu mulai akrab dengan istilah startup company atau perusahaan rintisan yang dalam beberapa tahun ini menjamur. Kamu pun mulai menimbang-nimbang perusahaan seperti apa yang mau kamu incar. Tampil profesional setiap hari dan menduduki sebuah jabatan di perusahaan skala nasional memang keren, tapi bekerja di lingkungan yang fun dengan pakaian favoritmu bersama anak muda lainnya tentu menggiurkan. Kira-kira, apa saja perbedaan antara bekerja di perusahaan besar dan berkarier di perusahaan rintisan? Biar kamu tidak bingung, Popbela kasih kamu gambaran singkatnya di bawah ini.

Perusahaan besar

Lulus Kuliah Baiknya Kerja di Perusahaan Besar atau Startup, Ya? Cari Jawabannya, Yuk!

Bekerja di perusahaan besar atau lembaga pemerintahan memang membutuhkan usaha ekstra saat proses seleksi karena peminatnya yang sangat banyak. Bahkan, tidak sedikit orang yang berlatih menjawab soal psikotes dan wawancara agar diterima di posisi yang diinginkan. Mereka rela melakukan itu semua karena perusahaan besar dinilai memberikan beberapa keunggulan. Selain lebih dikenal dan bergengsi, perusahaan besar umumnya sanggup menawarkan pendapatan bulanan yang tinggi, serta menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan para karyawannya seperti rekreasi, pusat kebugaran, dan tunjangan pensiun.

Lulus Kuliah Baiknya Kerja di Perusahaan Besar atau Startup, Ya? Cari Jawabannya, Yuk!

Perusahaan besar juga dinilai lebih menjanjikan dari segi jenjang karier. Jumlah posisi dan divisi yang banyak dan beragam memungkinkan kamu untuk pindah dari satu jabatan ke jabatan lain. Naik turunnya kondisi perekonomian di dalam negeri juga tidak mudah membuat perusahaan jenis ini goyah karena sudah banyak pengalaman dan punya rencana jangka panjang yang jelas serta stabil. Menariknya lagi, beberapa perusahaan besar juga rutin mengadakan program pengembangan dan pelatihan bagi para lulusan baru yang nantinya akan menduduki posisi-posisi setingkat manajer.

 

Perusahaan startup

Lulus Kuliah Baiknya Kerja di Perusahaan Besar atau Startup, Ya? Cari Jawabannya, Yuk!

Perusahaan jenis ini biasanya didominasi oleh anak-anak muda kreatif dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Mereka yang memilih bekerja di startup company merasa tertantang dan ingin membangun serta merasakan perkembangan perusahaan tersebut dari awal. Kalau kamu tipe yang selalu ingin menyalurkan ide-ide cemerlang, startup akan jadi tempat yang tepat untukmu karena semua pendapatmu pasti ditampung dan tidak dianggap remeh. 

Lulus Kuliah Baiknya Kerja di Perusahaan Besar atau Startup, Ya? Cari Jawabannya, Yuk!

Kontribusimu terhadap perusahaan ini juga akan lebih terasa dan berpengaruh. Tidak jarang sebuah startup company menuntutmu untuk lebih fleksibel. Misalnya, ketika posisi kamu adalah sebagai content writer, mungkin kamu juga akan membantu bahkan merangkap sebagai social media specialist, SEO specialist atau fungsi lain seiring berjalannya waktu dan kebutuhan perusahaan. Meskipun terdengar lebih melelahkan, kamu akan sadar bahwa ada segudang ilmu dan pengalaman yang kamu kantongi selama bekerja yang pastinya akan berguna untuk masa depanmu. Ssst... beberapa perusahaan rintisan juga ada kok yang menawarkan gaji yang kompetitif.

Lulus Kuliah Baiknya Kerja di Perusahaan Besar atau Startup, Ya? Cari Jawabannya, Yuk!ladolcevitablog.com

Keduanya memiliki keunikan masing-masing, tinggal disesuaikan saja dengan dirimu. Perlu diingat Bela, bekerja tidak hanya untuk mencari pendapatan atau menjalankan kewajiban setelah lulus kuliah, tapi juga kesempatan untuk menyalurkan kemampuan dan ilmu yang kamu dapat selama ini agar bermanfaat bagi orang lain. Nah, sudah tahu ingin bekerja di perusahaan apa?