Korea Selatan kembali berduka. Goo Hara, penyanyi dan aktris Korea yang sempat tergabung dengan girlband KARA, ditemukan tak bernyawa di kediamannya pada Minggu (24/11) pukul 18:00 waktu setempat. Perempuan multitalenta tersebut menghembuskan napas terakhir di usia 28 tahun.

Berita duka ini mengejutkan banyak pihak, termasuk penggemar. Pasalnya, perempuan yang akrab disapa Hara ini baru saja menyelesaikan turnya di Jepang yang bertajuk HARA Zepp Tour 2019 yang berlangsung pada 14 - 19 November 2019 lalu. Hara pun juga diketahui tengah fokus dengan kariernya di Jepang. Bahkan 2 hari sebelum kejadian, Hara masih aktif mengunggah foto di akun Instagram-nya. Saat itu, Hara menulis “Selamat malam” dengan selfie dirinya di tempat tidur. Nggak ada yang menyangka bahwa itu akan menjadi kata-kata terakhirnya di media sosial.

Goo Hara Meninggal, IU Beri Pesan Menyentuh untuk Fans di KonsernyaInstagram.com/koohara__

Hingga artikel ini ditulis, belum ada pernyataan resmi terkait penyebab kematian perempuan berambut panjang tersebut. Investigasi masih terus dilakukan. Namun nggak sedikit pula orang yang khawatir jika penyebab kematiannya nggak jauh beda dengan kematian sahabat terdekatnya yang juga seorang idol, Sulli. Hara dan Sulli memang begitu dekat. Bahkan, Hara sempat mengadakan live Instagram dan meminta maaf kepada mendiang sahabatnya tersebut karena sedang di Jepang dan nggak bisa menghadiri pemakamannya.

Goo Hara Meninggal, IU Beri Pesan Menyentuh untuk Fans di KonsernyaInstagram.com/koohara__

Setelah berita duka ini tersebar, banyak idol yang memutuskan menunda atau membatalkan aktivitasnya sebagai bentuk belasungkawa. IU yang kebetulan juga mengadakan konser di hari yang sama ketika Goo Hara ditemukan meninggal juga menutup konsernya dengan pesan menyentuh. Melansir dari Koreaboo, perempuan bernama asli Lee Ji-eun ini mengajak para penggemar untuk saling mencintai.

Goo Hara Meninggal, IU Beri Pesan Menyentuh untuk Fans di Konsernyadok.internet

“Aku nggak mengharapkan menyanyikan lagu ini di situasi seperti ini. Aku yakin esensi dari lagu ini ketika aku menulis liriknya, akan bekerja di situasi seperti ini. Aku khawatir pada kalian semua. Aku harap kalian semua tetap kuat. Teman-teman, kami harus saling mencintai terlebih di saat-saat seperti ini. Kadang dunia menjadi tempat yang kejam dan kita nggak bisa berbuat banyak, tapi kita perlu terus hidup, mencintai satu sama lain lebih kuat,” tuturnya saat menyanyi lagu Dear Name.

Selamat jalan, Goo Hara.

Depresi bukanlah hal sepele. Jika kamu atau orang di sekitarmu mengalami depresi dan membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119 atau Yayasan Pulih di 021-78842580.

Baca Juga: Taeyeon ‘SNSD’, Sahabat Sulli yang Juga Berjuang Melawan Depresi