Mungkin kamu merasa relatable banget nih, Bela. Kita telah bekerja keras untuk memperoleh kesuksesan hingga kebahagiaan, namun masalah-masalah yang menantang membuat segalanya terlihat mustahil.

No wonder, Demi Lovato dalam perannya sebagai seorang juri di The X Factor U.S.A sempat mengatakan, "Semua orang bekerja keras untuk impiannya, namun impian tersebut tidak untuk semua orang." Meski begitu, harapan tetap ada, setuju?

Dalam rangka meyakinimu mengenai harapan di tengah masalah kehidupan, berikut adalah delapan rekomendasi tontonan emosional di Netflix mengenai beratnya hidup. Dari perjalanan lika-liku kehidupan di sini, kamu akan melihat harapan yang tetap ada!

1. Maid (2021)

https://www.youtube.com/embed/tGtaHcqsSE8

Drama seri

IMDb: 8,5/10 | Pemain: Margaret Qualley, Andie MacDowell, Nick Robinson

Terkadang benar apa yang dikatakan orang bahwa, "Cinta itu buta." Setidaknya itulah yang dirasakan oleh Alex ketika hubungan percintaannya lambat-laun membawanya pada pengalaman emotional abuse. Tanpa terkecuali saat mereka dikaruniakan seorang anak.

Namun, eksistensi anak darah dagingnya yang justru membawanya pada satu titik keberanian untuk pergi dan menjadi seorang orangtua tunggal. Dengan begitu, ia harus menjaga anak sembari bekerja sebagai seorang pembersih atau maid.

2. After Life (2019)

https://www.youtube.com/embed/eIGGKSHMQOM

Drama seri

IMDb: 8,4/10 | Pemain: Ricky Gervais, Diane Morgan, Mandeep Dhillon

Selama ada pertemuan, maka akan selalu ada perpisahan di ujung jalan. Entah karena adanya perbedaan keyakinan, tujuan, atau kematian. Bagi Tony, kematian adalah gerbang perpisahan yang akhirnya merenggut nyawa istri tercintanya hingga terjadi perpisahan.

Tony yang masih belum bisa menerima kenyataan pun langsung mengalami pergulatan emosi. Tidak tanggung-tanggung, Tony berubah seketika menjadi sosok yang kasar, sarkastik, dan menepis siapapun yang mencoba baik kepadanya. Mampukah ia bertahan?

3. Hillbily Elegy (2020)

https://www.youtube.com/embed/KW_3aaoSOYg

Film

IMDb: 6,7/10 | Pemain: Glenn Close, Amy Adams, Gabriel Basso

Bisa dibilang, keluarga adalah ladang yang ditakdirkan oleh Tuhan untuk kita belajar apa yang dimaksud dengan menerima dan mengasihi. Namun, apa jadinya jika kamu dilahirkan dari dysfuntional family, yang mana ibumu merupakan pecandu dan troublemaker?

Berdasarkan kisah nyata, Hillbilly Elegy (2020) akan memperlihatkanmu kisah seorang J. D. Vance saat menghadapi masa-masa sulit tersebut. Dari usia kecil hingga akhirnya ia harus mencari pekerjaan, namun terbengkalai dengan permasalahan keluarga yang ada.

4. Outside In (2017)

https://www.youtube.com/embed/s0SdJfplC80

Film

IMDb: 6,7/10 | Pemain: Jay Duplass, Edie Falco, Kaitylin Devler

Pernahkah terpikirkan olehmu mengenai perubahan hidup seorang mantan narapidana setelah selesai menjalani masa hukumannya? Outside In (2017) memperkenalkan seorang bernama Chris yang akhirnya keluar dari dalam penjara setelah bertahun-tahun.

Tahukah kamu? Hal pertama yang dilakukan olehnya adalah mencoba membentuk ikatan yang dapat mengubah hidupnya bersama seorang perempuan yang membebaskannya. Siapakah perempuan itu? Mengapa ia membebaskannya? Lalu bagaimana kehidupan Chris selanjutnya?

5. The Dreamseller (2016)

https://www.youtube.com/embed/2jsdO8nPBVk

Film

IMDb: 5,9/10 | Pemain: Leonardo Medeiros, Cesar Troncoso, Guilherme Prates

Berbicara mengenai kesehatan mental, kamu tentu tahu betul kemana kamu harus mencari pertolongan, bukan? Yup, psikolog. Namun, perlu diketahui bahwa seorang pakar kesehatan mental seperti psikolog tetap manusia yang dapat mengalami pergulatan emosi.

Dalam rentetan adegan The Dreamseller (2016), kamu akan melihat bagaimana seorang psikolog masuk ke dalam titik tak berdaya hingga putus asa dan memutuskan untuk mengakhiri hidup. Namun, ia bertemu dengan seseorang yang akan menyelamatkannya.

6. 6 Balloons (2018)

https://www.youtube.com/embed/9uF4XjvS_Z0

Film

IMDb: 5,9/10 | Pemain: Dave Franco, Abbi Jacobson, Tim Matheson

Sebagian besar penduduk dunia menyadari posisi mereka sebagai bagian dari sandwich generation. Yup, mereka harus bekerja untuk keluarga mereka di kala terhimpit untuk mengurus kebutuhan keluarga mereka akibat rentetan masalah finansial orangtua.

Seorang pria muda bernama Seth tumbuh sebagai seorang kakak yang sangat menyayangi keluarganya sehingga ia rela untuk berjuang membagi waktu. Mulai dari merawat putrinya hingga mengurusi rehabilitasi adiknya yang adalah pecandu narkoba.

7. Paddleton (2019)

https://www.youtube.com/embed/rs9YpUktrWw

Film

IMDb: 7,2/10 | Pemain: Mark Duplass, Ray Romano, Kadeem Hardison

Terkadang vonis dokter dapat terdengar begitu menakutkan. Khususnya ketika seorang paruh bayah bernama Michael tahu-tahu disimpulkan telah mengidap penyakit mematikan yaitu kanker. Tidak tanggung-tanggung, penyakit tersebut sudah mencapai stadium akhir.

Memahami kondisinya tersebut, Michael pun menghubung sahabat dan tetangganya untuk bantuan. Bukan uang perawatan atau obat-obatan, tetapi sekadar menghabiskan waktu bersamanya hingga memasuki perjalan terakhir hidupnya.

8. The Starling (2021)

https://www.youtube.com/embed/fYyImx_KXm4

Film

IMDb: 6,3/10 | Pemain: Melissa McCarthy, Kevin Kline, Chris O'Dowd

Perpisahan dan kehilangan lagi-lagi bukanlah pengalaman yang menyenangkan, bukan? Setidakanya seseorang membutuhkan waktu untuk berduka dan mencerna segala kesedihan yang terjadi. Yup, itulah yang kurang-lebih berhak didapatkan oleh Lilly Maynard.

Namun, hidup nyatanya berkata lain. Dalam The Starling (2021), Lilly harus tetap menghadapi seorang suami yang tidak bisa move on serta seekor burung yang cukup rewel untuk ditangani. Akankah ia kehilangan kesabaran atau justru mengalami hal tak terduga yang menenangkan hatinya?

Untuk mengetahui jawaban dari semua rasa penasaranmu, tonton film-filmnya, ya!

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Drama Korea Berdasarkan Idola K-Pop Favoritmu

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Horor yang Punya Banyak Adegan Dewasa

Baca Juga: 10 Film Dewasa Netflix yang Tersisip Adegan Panas, Sudah Nonton?