Selalu ada memori spesial yang tertinggal setiap tahunnya. Sehingga memasuki penghujung tahun, tidak sedikit dari kita yang bernostalgia untuk mensyukuri sekaligus mengambil hikmah di balik setiap kejadian yang berlangsung sepanjang tahun.

Khusus untuk tahun 2020, terdapat rentetan kejadian yang memang memberi tantangan tersendiri. Mulai dari pandemi COVID-19 hingga permasalahan lainnya. Meski begitu, tidak menutup fakta bahwa beberapa kejadian lainnya patut untuk disyukuri.

Pertanyaannya, apakah kamu mengingat kejadian-kejadian fenomenal tahun 2020 tersebut?

1. Kebakaran hutan di Australia

Masih Ingat? Inilah 5 Kejadian Fenomenal Tahun 2020corporatecomplianceinsights.com

Sebagaimana yang kita ketahui, Australia merupakan salah satu negara dengan iklim tropis. Khususnya Australia bagian utara yang menyebabkan terjadinya musim kemarau serta bagian selatan yang diwarnai dengan suhu panas yang cukup tinggi.

Melansir dari CNN, suhu panas serta kekeringan tersebutlah yang menjadi dua faktor di balik terjadinya kebakaran hutan pada awal tahun baru 2020. Api tidak hanya melanda beberapa bagian Australia, tetapi juga lahan pertanian, hutan dan taman nasional.

Asap tebal pun memenuhi beberapa kota besar dan rumah di kawasan sub urban. Sehingga mengganggu aktivitas sekaligus kesehatan masyarakat dan binatang di sekitarnya. Tentu, penduduk dunia menunjukkan simpatinya melalui beberapa bantuan..

2. COVID-19 resmi masuk ke Indonesia

Masih Ingat? Inilah 5 Kejadian Fenomenal Tahun 2020Iliustrasi: Reddit.com

Siapa yang menyangka bahwa virus COVID-19 tahu-tahu melanda kehidupan manusia di tahun 2020. Tidak hanya merenggut jutaan nyawa, tetapi juga mengubah pola hidup manusia yang dituntut untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar.

Melansir dari indonesia.go.id, virus COVID-19 tersebut dinyatakan resmi masuk ke Indonesia pada Maret 2020, ketika dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan ibu dan anak dengan domilisi Depok dinyatakan positif mengidap virus SARS Cov-2.

Sebagai kasus pertama, pemerintah langsung melakukan invesitigasi terkait penularan virus yang diketahui berasal dari riwayat interaksi dengan seorang WN Jepang yang telah lebih dulu menderita penyakit tersebut. Mereka pun menjalani perawatan terkait.

3. Kepergiaan orang-orang terkenal

Masih Ingat? Inilah 5 Kejadian Fenomenal Tahun 2020Instagram.com/Vanessabryant

Menyadari bahwa tahun 2020 merupakan masa pandemi COVID-19, semua orang pasti telah cukup bergumul dengan kabar duka yang datang dari para penderita COVID-19. Tanpa terkecuali para petugas medis yang gugur sebagai pahlawan kesehatan.

Namun, tidak berhenti di situ, kabar duka nyatanya datang dari beberapa orang-orang terkenal yang berjasa, baik di bidang kariernya maupun bidang kemanusiaan. Sebut saja, Kobe Bryant dan anak perempuannya, Chadwick Boseman, serta Ruth Bader Ginsburg.

Indonesia-pun turut kehilangan beberapa orang penting yang sangat dirindukan oleh masyarakat. Seperti Ashraf Sinclair, Glenn Fredly, dan desainer Barli Asmara. Semoga keluarga akan terus dikuatkan dan kebaikan mereka diterima oleh Tuhan YME.

4. Piala Oscar untuk Parasite (2019)

Masih Ingat? Inilah 5 Kejadian Fenomenal Tahun 2020Etonline.com

Tak terbantahkan, popularitas dunia hiburan Korea Selatan telah berhasil mendobrak kancah internasional. Tidak hanya mengumpulkan jutaan penggemar dari berbagai negara, karya seni Korea Selatan sering kali memperoleh penghargaan kenamaan.

Hal yang paling menyorot perhatian adalah penghargaan Oscar untuk film Parasite (2019) yang disutradarai oleh Bong Joon Ho. Tepatnya, film tersebut menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan Best Motion Picture di Academy Awards 2020.

Tidak hanya itu, Parasite (2019) turut merebut tiga piala Oscar lainnya. Mulai dari Best Director untuk Bong Joon Ho, Best Orginal Screenplay untuk Bong Joon Ho dan Han Jin Won, serta International Feature Film. So proud of the Asian product, aren't you?

5. Black Lives Matter

Masih Ingat? Inilah 5 Kejadian Fenomenal Tahun 2020edition.cnn.com

Kamu pasti tidak asing lagi dengan riwayat sejarah Amerika Serikat yang mencatat tindak rasisme kepada komunitas penduduk Afro-Amerika. Meskipun hukum setempat telah memerdekakan kedudukan komunitas tersebut, perlakuan rasisme dianggap masih terjadi.

Salah satu puncaknya adalah meninggalnya seorang penduduk Afro-Amerika bernama George Floyd akibat pukulan dari polisi berkulit putih. Hal ini langsung memicu protes dari masyarakat Amerika Serikat sekaligus penduduk dunia lainnya.

Protes ini pun dikenal dengan nama "Black Lives Matter" yang maknanya meneriaki keadilan terhadap komunitas Afro-Amerika yang dinilai masih mendapat perlakuan yang berat sebelah. 

Ada kejadian fenomenal yang terlupakan oleh Popbela, tapi kamu ingat, Bela? Coba ingatkan kami, dong.

Baca Juga: 20 Kejadian Paling Viral di Indonesia di Tahun 2020, Heboh Banget!

Baca Juga: 10 Kejadian Nggak Masuk Akal Ini Sering Muncul dalam Adegan Film

Baca Juga: 5 Kategori Ini Paling Laris Dibeli Sepanjang Tahun 2020, Apa Saja?