Sejarah peradaban manusia tidak lepas dari rangkaian kepercayaan yang menitik-beratkan hubungan antara manusia dan Sang Pencipta. Dalam waktu bersamaan, keyakinan itu pun menjawab misteri kehidupan manusia. Termasuk siapakah manusia pertama di dunia?

Berikut adalah beberapa teori mengenai manusia pertama di dunia, menurut kepercayaan yang diyakini oleh mayoritas golongan manusia. Siapa sajakah mereka dan apakah kamu termasuk orang-orang yang memercayai eksistensi mereka? Intip langsung di bawah ini!

1. Adam dan Hawa

Menurut Berbagai Kepercayaan, Inilah 5 Manusia Pertama di Duniabiblestudytools.com

Dalam kepercayaan Abrahamik, Adam merupakan sosok manusia yang pertama kali diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Kemudian, melihat "tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja," maka Allah menciptakan penolong yang sepadang yaitu, Hawa.

Keduanya pun tinggal di Taman Firdaus. Namun, satu larangan untuk memakan buah pengetahuan baik dan jahat, sayangnya dilanggar oleh Adam dan Hawa. Keduanya harus menerima konsekuensi hukuman berupa pengusiran dan hidup bersusah-payah di bumi.

2. Fu Xi dan Nuwa

Menurut Berbagai Kepercayaan, Inilah 5 Manusia Pertama di Duniahistoryoftheworldmys.over-blog.com

Berdasarkan kepercayaan yang berkembang dari mitologi Tiongkok, Pangu wafat dan abunya berubah menjadi segala objek yang tersebar di bumi. Kemudian, Dewi Huaxu melahirkan Fu Xi dan Nuwa yang adalah makhluk setengah manusia dan setengah ular.

Keduanya pun tinggal di bumi sebagai manusia pertama. Tepatnya Gunung Kunlun yang sekarang adalah Huashan. Dengan kekuatan ilahi, mereka pun mengambil tanah dan membentuknya menjadi manusia yang akhirnya berkembang biak di bumi.

3. Pandora

Menurut Berbagai Kepercayaan, Inilah 5 Manusia Pertama di Duniatell-a-tale.com

Menurut mitologi Yunani, manusia pertama kali diciptakan dari tanah oleh Hephaestus atas dasar perintah Dewa Zeus. Proses penciptaan pun dilanjutkan oleh Dewa dan Dewi Olimpus yang memberikan seluruh kemegahan kepada manusia ciptaan Hephaestus.

Tidak berhenti di situ, manusia pertama diberikan nama Pandora yang berarti 'Hadiah' oleh Hermes. Ia pun menikahi Epimetheus yang merupakan sepupu Prometheus. Sayangnya, Pandora membuka pithos yang berisikan wabah hingga akhirnya tersebar.

4. Askr dan Embla

Menurut Berbagai Kepercayaan, Inilah 5 Manusia Pertama di DuniaWeheartit.com/Camellia🌼

Tahukah kamu? Sebuah mitologi Nordik asal Eropa Utara meyakini bahwa sosok manusia pertama adalah Askr dan Embla. Konon, kedua sosok tersebut merupakan karya Dewa Vili, Vé dan Odin, yang dibuat dari kayu pohon-pohon di sebuah pantai.

Para dewa yang memandang karya mereka memberikan hadiah terbaik. Napas kehidupan dari Dewa Vili, daya gerak dan pikir dari DewaVé, dan bentuk, tutur kata, pendengaran hingga penglihatan dari Dewa Odin. Termasuk nama Askr dan Embla.

5. Tiki dan Marikoriko

Menurut Berbagai Kepercayaan, Inilah 5 Manusia Pertama di Duniaconnect2local.com

Mitologi Maori meyakini bahwa manusia pertama merupakan campur tangan Dewa Peperangan bernama Tūmatauenga. Pada mulanya, ia mengombinasikan tanah dan darahnya untuk menciptakan manusia sekaligus laki-laki pertama bernama Tiki.

Dengan kepuasaan, Tiki pun ditempatkan untuk menguasai bumi. Namun, Tiki merasa kesepian hingga jatuh cinta pada bayangannya di air. Ia pun mencoba menceburkan tanah ke air sambil melihat bayangan tersebut dan terciptalah perempuan bernama Marikoriko.

Sungguh aneka ragam kepercayaan yang menarik, bukan? So, berdasarkan kepercayaanmu, siapakah manusia pertama yang kamu yakini, Bela?

Baca Juga: 9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!

Baca Juga: 8 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyak

Baca Juga: 5 Festival Paling Gila dalam Sejarah Peradaban Manusia