Mayoritas film cenderung mempertontonkan alur cerita dengan interaksi aktor dan aktris sehingga nuansa pun terbangun melalui dialog hingga konflik antar pemain. Namun, siapa yang menyangka bahwa film dengan dominasi satu aktor nyatanya tidak kalah seru, lho!

Entah fokus pada perjalanan seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya atau perjuangan mempertahankan hidup dalam insiden maupun penyekapan. Film dengan fokus cerita lebih banyak di satu pemeran ini, tetap dapat mempertahankan antusias penonton selama durasi kurang dari dua jam.

Penasaran? Berikut adalah sepuluh rekomendasi film yang hanya menyorot satu pemeran

1. Oxygen (2021)

https://www.youtube.com/embed/8IqXgZd-P98

IMDb: 6,5/10 | Pemain: Mélanie Laurent

Mengangkat tema fiksi ilmiah, Oxygen (2021) mengisahkan seorang ilmuwan perempuan bernama Elizabeth liz Hansen, yang tahu-tahu terbangun dan mendapati dirinya terjebak dalam tabung medis cryogenic. Sayangnya, ia tidak mengingat apapun.

Ketegangan di setiap adegan akan membuat jantungmu berdetak kian cepat. Terlebih lagi, ketika kamu terus mendapati Elizabeth terus terjebak dalam tabung yang sempit dan tak mampu menemukan upaya yang mampu menyelamatkannya. Scary!

2. The Shallows (2016)

https://www.youtube.com/embed/EgdxIlSuB70

IMDb: 6,3/10 | Pemain: Blake Lively

Menikmati keindahan laut di Mexico menjadi awal dari kisah seorang perempuan bernama Nancy dalam The Shallows (2016). Namun, bahaya hiu tahu-tahu menghantam dirinya ketika ia berselancar. Perjuangan antara hidup dan mati pun harus dihadapi sendirian.

Penonton akan menyaksikan pertarungan antara manusia yang bertekad untuk hidup dan ikan hiu yang berupaya menjadikan manusia tersebut sebagia makanannya. Ketegangan terus tercipta dari heningnya laut yang sepi dan matahari yang menjadi satu-satunya saksi.

3. The Jungle Book (2016)

https://www.youtube.com/embed/5mkm22yO-bs

IMDb: 7,4/10 | Pemain: Neel Sethi

Hutan dan kawanan binatang di dalamnya cukup berbesar hati untuk membesarkan anak laki-laki yang disebut si Anak Rimba. Namun, keberuntungan tersebut tidak membuatnya terhindar dari pertarungan dengan harimau yang membunuh serigala pengasuhnya.

Yup, The Jungle Book (2016) memperlihatkan kebaikan serigala yang memilih untuk membesarkan anak laki-laki yang ditemukan. Penonton pun menyaksikan kegemasan yang terlihat. Namun, konflik kawanan binatang akan menghadirkan ketegangan tersendiri.

4. Locke (2014)

https://www.youtube.com/embed/_METW96TAFw

IMDb: 7,1/10 | Pemain: Tom Hardy

Disebut-sebut sebagai drama dengan tensi emosi yang kian menanjak, Locke (2014) membawa penonton dalam perjalanan di tengah malam yang mencekam. Tidak ada monster, alien, maupun hantu. Namun, kesalahan yang membuatnya kelimpungan.

Dari segi alur cerita, Locke (2014) dapat dikatakan sebagai film yang sungguh sederhana. Namun, kesederhanaan tersebut dibalut dengan kelihaian aktor dalam mengekspresikan setiap emosi yang membuat penonton dapat merasakan setiap perubahan perasaan.

5. All is Lost (2013)

https://www.youtube.com/embed/no1rl9Gvx-s

IMDb: 6,9/10 | Pemain: Robert Redford

Berlayar seorang diri merupakan satu dari sekian pengalaman yang bersifat relaxing. Namun, nuansa tersebut akan seketia berubah 180 derajat jika seseorang yang berlayar tertidur dan tahu-tahu terbangun, menemukan kapal yang dinaikinya rusak parah.

All is Lost (2013) memperlihatkan gambaran tersebut melalui kakek tua yang mendapati kapal yang dinaikinya rusak dan telah terombang-ambing di lautan lepas. Tidak ada alat komunikasi yang berfungsi maupun makanan yang cukup. Mampukah ia bertahan?

6. Life of Pi (2012)

https://www.youtube.com/embed/3mMN693-F3U

IMDb: 7,9/10 | Pemain: Shuraj Sharma

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Yann Martel, Life of Pi (2012) mengisahkan perjalanan hidup seorang pemuda yang unik. Bayangkan saja! Sebuah insiden membuat dirinya terjebak di lautan dengan keberadaan seekor harimau ganas yang siap menerkam.

Meski begitu, penonton dipastikan akan mengalami perubahan emosi. Tidak hanya ketegangan dari interaksi pria muda dengan harimau, tetapi juga kesan yang memesona dari tampilan visual yang mengesankan hingga nilai-nilai moral yang menyentuh hati.

7. 127 Hours (2010)

https://www.youtube.com/embed/sHkh34UkWTY

IMDb: 7,5/10 | Pemain: James Franco

Mengusung tema drama biografi, 127 Hours (2010) menceritakan kisah nyata mengenai seorang pendaki gunung pria bernama Aron Ralston, yang terjebak di sebuah ngarai di daerah Utah selama 5 hari, akibat tangannya yang tertindih sebuah batu besar.

Dari situ, penonton ikut merasakan pergulatan emosi Aron Ralston kala dirinya mempertimbangkan beragam jenis opsi yang mampu menyelamatkannya. Mulai dari memotong tangannya hingga tercetus pikiran untuk mengakhiri hidupnya.

8. Buried (2010)

https://www.youtube.com/embed/aRQ0oqFBoP4

IMDb: 7/10 | Pemain: Ryan Reynolds

Sukses menjadi tontonan utama yang diminati pada masanya, Buried (2010) mengisahkan insiden mengerikan yang dialami oleh pekerja kontraktor bernama Paul Conroy kala ia bertugas di Irak. Bayangkan saja! Paul tahu-tahu mendapati dirinya terkubur hidup-hidup.

Penonton yang mengikuti alur cerita dari awal pun akan dibuat bingung sekaligus penasaran mengenai siapa pelaku kejahatan dan motivasinya. Terlebih lagi ketegangan yang tercipta ketika Paul berupaya untuk menyelamatkan dirinya. Mampukah dia?

9. Moon (2009)

https://www.youtube.com/embed/WWoDBcSW4_c

IMDb: 7,8/10 | Pemain: Sam Rockwell

Disebut-sebut sebagai angin segar bagi penikmat genre science fiction, Moon (2009) memperkenalkan sumber energi baru untuk bumi yang berasal di bulan. Untuk itulah, sebuah pangkalan dibangun dengan menempatkan hanya satu orang yang bertugas.

Ia adalah Sam Bell, yang bertanggung jawab mengoperasikan semua yang ada pada sistem pangkalan selama kurang lebih 3 tahun kontrak. Akan tetapi, kesendirian di Bulan nyatanya menyebabkan pergulatan emosi dan halusinasi yang tak masuk akal.

Nah, penonton pun akan dibuat cukup terkejut dengan setiap halusinasi yang tercipta.

10. Cast Away (2000)

https://www.youtube.com/embed/qGuOZPwLayY

IMDb: 7,8/10 | Pemain: Tom Hanks

Pernahkah terbayangkan olehmu bagaimana rasanya melakukan perjalanan ke seluruh dunia seorang diri? Cast Away (2020) mempertontonkan hal tersebut melalui perjalanan teknisi pria bernama Chuck yang hendak memecahkan masalah produktivitas di gudang FedEx.

Sayangnya, badai menerjang hingga membuat Chuck terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Segala upaya telah dilakukan untuk mengirimkan sinyal penyelamatan, namun tidak ada tanda-tanda positif. Dari situlah, penonton mulai menyaksikan prosesnya bertahan hidup yang penuh lika-liku.

Jadi, terbukti, bukan? Film dengan dominasi satu aktor ternyata tidak kalah seru!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Horor Terseram Berdasarkan Penelitian Ilmuwan

Baca Juga: 5 Film Korea tentang Orang-Orang Berkekuatan Super, Anti-Mainstream!