Penggemar film bergenre action pasti tak sedikit yang tahu mengenai kungfu. Ya, jenis bela diri asal negeri tirai bambu ini memang banyak tersaji dalam film-film laga. Kelihaian para aktor dalam menunjukan adegan bela diri yang memukau disertai dengan alur cerita yang memikat, menjadi alasan mengapa peminat film ini bermunculan.  

Nah, untuk kamu yang tertarik ingin menyaksikan film laga yang menampilkan kungfu ini, Popbela sudah merangkum beberapa film laga kungfu mulai dari yang terbaru, hingga film kungfu yang dirilis di tahun 90-an. Penasaran? Berikut 7 rekomendasi film kungfu terbaik dengan aksi yang memukau. 

1. The Grandmaster (2013)

https://www.youtube.com/embed/kWQLkrYxmpc

Rekomendasi film kungfu pertama ialah The Grandmaster. Memang sudah banyak film yang mengisahkan tentang guru Kungfu Bruce Lee, Ip Man, Salah satunya film ini. Menceritakan kisah nyata Ip Man, film yang dirilis tahun 2013 ini cocok untuk kamu yang mau mengetahui asal usul IP Man. Di film ini kamu akan melihat gambaran yang lebih jelas mengenai sepak terjang Ip Man.

2. Kung Fu Hustle (2004)

https://www.youtube.com/embed/-m3IB7N_PRk

Film yang satu ini selain bikin kamu tegang juga bisa bikin kamu tertawa, lho. Pasalnya, akan ada banyak aksi konyol di sepanjang film yang dirilis di tahun 2004 ini. Kung Fu Hustle sendiri bercerita mengenai sekelompok penghuni rumah susun yang berusaha untuk mencegah geng kapak merusuhi rusun mereka. Satu hal yang bikin film ini unik ialah ternyata beberapa pemilik rumah susun tersebut merupakan mantan guru besar kungfu, lho. Kehadiran Sing (Stephen Chow) dan sahabatnya Bone (Tze-Chung Lam) adalah faktor pertama yang membuat pertikaian menjadi pembunuhan dan kerusuhan yang semakin membesar.

Bagaimana akhir dari film laga komedi legendaris ini? Wajib tonton, ya, Bela! 

3. Ip Man (2008)

https://www.youtube.com/embed/djQ68oa-mvc

Pernah bertengger di jajaran box office seluruh dunia, film yang sudah mencapai 4 sekuel ini bercerita mengenai perjalanan hidup sang guru Wing Chun, Ip Man, yang melawan para penjajahan dan juga melawan orang yang ingin mengacaukan perguruannya. Saat menyaksikan film yang dirilis tahun 2008 ini, kamu nggak hanya melihat Kungfu sebagai aksi bela diri semata. Namun kamu akan melihat Kungfu sebagai bela diri yang sarat akan kedisiplinan dan keseimbangan antara hati sekaligus pikiran.

4. The Legend of Drunken Master (1994)

https://www.youtube.com/embed/PZ0YEa9uHiw

Film yang dibintangi oleh Jackie Chan ini bercerita mengenai  seorang pemuda yang berjuang melawan pencuri artefak di desanya, dengan menggunakan kemampuan kungfu yang dimilikinya. Lewat film yang rilis pada tahun 1994 ini, kamu akan melihat aksi kungfu yang benar-benar memukau, karena Jackie Chan memang terkenal melakukan aksi laganya tanpa bantuan pemeran pengganti atau stuntman!

5. Kill Bill (2003)

https://www.youtube.com/embed/7kSuas6mRpk

Salah satu film yang memiliki unsur bela diri terbaik, adalah film Kill Bill: Vol.1 dan Kill Bill: Vol.2. Film garapan Quentin Tarantino ini bahkan turut menyematkan jumpsuit kuning bergaris ikonik, yang dikenakan Bruce Lee di film The Game of Death, ke dalam karakter utamanya, Beatrix Kiddo (Uma Thurman).

Kill Bill merupakan film mengenai aksi balas dendam Beatrix terhadap Bill (David Carradine) yang hampir saja membunuhnya ketika ia tengah hamil. Padahal, mereka dahulu adalah rekan kerja sekaligus sepasang kekasih! Sebuah tontonan seru yang harus kamu simak, jika kamu adalah penggemar film.

6. Danny the Dog (2005)

https://www.youtube.com/embed/uNTYfhT9nlU

Diperankan oleh aktor kawakan Jet Li, yang berperan sebagai budak petarung bernama Danny, film keluaran tahun 2005 ini sarat pesan kemanusian di dalamnya. Alurnya bercerita mengenai hidup Danny yang menjadi budak seumur hidup dari majikan yang kejam. Seperti yang sudah disebut di atas, saat menonton ini kamu nggak hanya takjub lewat aksi bela dirinya, tapi juga akan menyentuh relung hatimu lewat ceritanya. 

7. Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

https://www.youtube.com/embed/4xPC1lEJ6Mg

Rilis tahun 2000, film ini berlatar di sebuah dinasti yang bernama Qing. Di dinasti tersebut, terdapat seorang pejuang yang sedang mencari pedang yang telah dicuri darinya. Dibintangi oleh Chow Yun Fat sebagai Li Mu Bai dan Michelle Yeoh sebagai Yu Shu Lien, film ini dijamin nggak akan bikin kamu bosen. Hal ini dikarenakan kamu akan akan menyaksikan adegan super keren yang dikombinasikan dengan akting para bintang kenamaan yang ciamik. 

Memenangkan beragam penghargaan, film ini bahkan mampu memboyong piala Oscar untuk Sinematografi Terbaik, Art Director Terbaik, Best Original Score, bahkan Film Berbahasa Asing Terbaik.

Dari ketujuh kumpulan film Kungfu terbaik di atas, mana yang akan menjadi tontonanmu minggu ini, Bela? Apakah kamu juga punya rekomendasi lain?

Baca Juga: Nggak Bosan Nontonnya, 10 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: 10 Film Action Comedy Menegangkan dan Lucu Untuk Temani Liburanmu

Baca Juga: 7 Film Netflix Terbaik 2020 Rekomendasi Popbela