Di tengah kondisi pandemi, banyak hobi baru yang bermunculan, salah satunya ialah berkebun. Ya, bercocok tanam kini sedang menjadi tren lantaran banyak orang yang mulai menggelutinya. Sejalan dengan hal ini, dilansir dari Reuters, penjualan bibit buah-buahan dan sayur-sayuran pun juga meningkat secara global, lho. 

Berkebun atau bercocok tanam menjadi pilihan masyarakat lanataran dianggap bisa membawa ketenangan di tengah kondisi pandemi ini. Enggak hanya itu saja, banyak masyarakat yang juga menganggap bahwa berkebun mampu membantu mereka mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari.  

Nah, kalau kamu tertarik dengan aktivitas yang seru dan kaya akan manfaat ini, kamu juga bisa ikut melakukannya, Bela. Nggak perlu khawatir soal lahan yang besar dan cara yang ribet, karena kamu bisa berkebun dengan menggunakan metode hidroponik. 

Metode hidroponik sendiri merupakan teknik menanam tanpa tanah dengan mengalirkan larutan nutrisi AB Mix ke akar tanaman. Metode ini jauh lebih praktis dan pas untuk kamu yang punya lahan terbatas. Jenis tanaman yang cocok ditanam dengan metode ini juga banyak. 

Untuk kamu yang penasaran, berikut 11 contoh rekomendasi tanaman yang cocok ditanam di rumah dengan metode hidroponik

1. Selada

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Hidroponikstore

Untuk kamu yang merupakan pemula dalam bidang bercocok tanam hidroponik, maka selada merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan proses merawat selada sangat mudah. Selain itu, proses pertumbuhan selada juga termasuk sangat cepat. Kamu akan melihat bibit selada tumbuh setelah 2 minggu penanaman. 

2. Sawi

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Slosa

Sama dengan selada, sawi pun juga sangat direkomendasikan bagi para pemula yang baru mencicip metode hirdoponik. Proses perawatannya yang mudah serta murah ialah alasan pendukung mengapan sawi sangat cocok untuk para pemula. Saat merawat sawi, jangan lupa letakkan di ruang yang terkena cahaya matahiri, ya. Kalau ruangan tidak memiliki sudut yang terpapar sinar matahari, maka kamu bisa gunakan lampu grow light atau lampu sinar matahari.

3. Kangkung

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Slosa

Salah satu jenis sayur yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini juga bisa kamu tanam di rumah. Kalau kamu mau menanam kangkung, pastikan kamu memilih benih yang berkualitas, ya. Hal ini dikarenakan bibit sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budi daya kangkung hidroponikmu.

4. Stroberi

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Epicgardening

Buah yang kaya akan vitamin C ini juga bisa kamu tanam di pekarangan rumahmu secara hidroponik, lho. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa stroberi yang ditanam secara hidroponik akan menghasilkan buah yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan nutrisi yang diberikan pada tanaman dari pembibitan hingga berbuah lebih banyak sehingga pertumbuhan stroberi pun jadi lebih maksimal dan menghasilkan buah yang berlimpah.

5. Pakcoy

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Kladius Lisias

Tanaman yang juga sekaligus obat anemia dan diabetes ini juga bisa kamu tanaman secara hidroponik. Sayur yang mempunyai nama lain bok choy ini bisa kamu panen selama 45 hari sekali. 

6. Tomat

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Putujulianta

Selain stroberi, kamu juga bisa menanam buah tomat. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan polybag atau pot yang sudah diisi dengan arang dan sekam sebagai mediumnya. Jangan lupa untuk terus mengontrolnya agar tanaman tomatmu tidak diserang hama.

7. Kailan

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPinterest.com/Agromazhidroponik

Tanaman yang sering dijadikan olahan masakan direstoran-restoran ini kaya akan nutrisi banget, lho. Selain itu, sayur yang memiliki tekstur renyah dan lembut ini mampu menurunkan kadar kolesterol. Nah, kalau kamu mau menanam tanaman sejuta manfaat ini secara hidroponik, maka kamu bisa memanfaatkan botol bekas, gelas air mineral, ataupun pipa paralon berukuran besar sebagai medium tanamnya. 

8. Sawi

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahPexels.com/Pixabay

Sawi juga sering dibudidayakan dengan cara hidroponik. Tanaman ini termasuk mudah dalam hal perawatan dan dapat tumbuh maksimal walaupun ditanamn tanpa tanah. Cara menanamnya pun cukup mudah, bibit sawi dapat kamu tanam dengan media rockwool. Kemudian, kamu bisa menanamnya dengan sistem sumbu agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

9. Cabai

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahUnsplash.com/Steve Johnson

Tanaman berikutnya yang dapat ditanam dengan cara hidroponik adalah cabai. Tanaman ini termasuk mudah tumbuh di media tanam apapun. Kamu hanya perlu memiliki bibitnya, tanam di pot atau dengan sistem hidroponik, maka cabai akan tumbuh dengan sendirinya. Lumayan banget, kan, punya pohon cabai sendiri. Tinggal petik jika ingin menggunakannya untuk masakan atau makanan.

10. Seledri

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahUnsplash.com/Milada Vigerova

Seledri bukan hanya enak disantap, Bela. Tapi, juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Salah satunya, berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol kolesterol. Maka dari itu, sayuran ini disarankan untuk selalu tersedia di rumah.

Untuk membudidayakan seledri juga cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam ujung seledri dengan air. Dalam beberapa hari, seledri akan tumbuh tunas baru yang nantinya akan berkembang menjadi sayuran yang siap makan.

11. Timun

Ini 11 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di RumahUnsplash.com/Jonathan Pielmayer

Siapa sangka, timun juga bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik. Kamu tidak memerlukan tanah untuk menanam timun. Kamu hanya memerlukan arang sekam untuk menanam bibitnya. Pastikan untuk selalu menjaga air dan terkena sinar matahari yang cukup.

Itulah 11 rekomendasi tanaman hidroponik yang bisa kamu tanam di rumah. Jadi punya "bayi" baru, deh!

Baca Juga: 3 Cara Merawat Tanaman Hias agar Tetap Cantik dan Sehat

Baca Juga: Yuk, Belajar Menanam & Merawat Hidroponik dengan Metode Sederhana Ini

Baca Juga: Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panen