Surat menjadi salah satu bentuk komunikasi yang saat ini masih digunakan. Tak hanya untuk kepentingan pribadi, surat menyurat juga digunakan sebagai alat bertukar informasi dalam ranah profesional dan formal. Di ranah tersebut, pembuatan surat juga terikat dengan beberapa aturan yang harus diterapkan karena surat menjadi perwakilan dari instansi tersebut. Salah satu aturan yang terikat ialah mengenai kop surat.

Kop surat sendiri merupakan sebuah format mutlak yang digunakan sebagai penanda atau pengenal surat dari satu instansi. Letak kop surat sendiri biasanya berada paling atas tepat sebelum isi surat. Bagian yang punya nama lain kepala surat ini fungsinya ialah sebagai identitas pengirim surat. Tidak hanya itu, fungsi lain dari kop surat juga mampu meningkatkan formalitas dan juga menunjukan derajat kepentingan dari surat yang dikirim. 

Kop surat juga beragam jenisnya, lho. Keragaman ini didasari dari target pemakainya yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu kop surat resmi dan kop surat tidak resmi. Untuk kop surat resmi, umumnya terletak di bagian atas dan dilengkapi dengan identitas serta logo instansi pengirim. Sedangkan kop surat tidak resmi, seringkali dikirim secara perorangan, tidak menggunakan logo dan hanya dilengkapi dengan identitas pribadi. Posisinya pun tidak di atas, melainkan bisa di tengah atau di tepi surat.

Baik kop surat resmi ataupun tidak, keduanya harus mengandung beberapa informasi pokok yang ada di dalamnya. Adapun informasi yang harus ada di dalam kop surat ialah nama perusahaan, instansi, atau perseorangan, logo perusahaan (jika ada), serta alamat offline atau online. Informasi tersebut harus ditulis dengan benar dan selengkap-lengkapnya. 

Nah, untuk kamu yang masih bingung mengenai cara membuat kop surat, Popbela sudah merangkum beberapa jenis kop surat yang bisa kamu jadikan informasi. Berikut 7 contoh kop surat resmi yang baik dan benar.

1. Contoh kop surat kementerian

Lengkap, Ini 7 Contoh Kop Surat yang BenarDok. Internet

2. Contoh kop surat persero

Lengkap, Ini 7 Contoh Kop Surat yang BenarDok.Fahmipedia

3. Contoh kop surat yayasan

Lengkap, Ini 7 Contoh Kop Surat yang BenarDok. Fahmipedia

4. Contoh kop surat lembaga Pelatihan

Lengkap, Ini 7 Contoh Kop Surat yang BenarDok.moondoggiesmusic.

5. Contoh kop surat lembaga OSIS

Lengkap, Ini 7 Contoh Kop Surat yang BenarDok. Moondoggiesmusic

6. Contoh kop surat koperasi

Lengkap, Ini 7 Contoh Kop Surat yang BenarDok. Moondoggiesmusic.com