Menemukan tanaman yang dirawat dengan baik menjadi layu, tentu mengesalkan untuk kamu yang sedang gemar berkebun atau bercocok tanaman. Agar ini tidak terulang lagi, ada baiknya kamu mengevaluasi caramu dalam merawat tanaman. Bisa jadi kamu salah dalam merawat tanamanmu sehingga tanamanmu menjadi layu.  

Tak perlu bingung dalam merawat tanaman yang benar, karena Popbela sudah siapkan 7 cara efektif yang mampu membuat tanamanmu menjadi tumbuh subur dan anti layu. Berikut 7 cara merawat tanaman agar tidak cepat layu.

1. Melakukan teknik penyiraman yang tepat

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com/Buyonbudget

Cara pertama dalam merawat tanaman ialah melakukan teknik penyiraman secara tepat. Nah, dalam melakukan langkah ini, kamu harus mengenal tanamanmu terlebih dahulu sehingga kamu tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh tanamanmu. Jika kamu menyiram tanamanmu di bawah kebutuhannya, maka tanamanmu akan kekeringan dan mati. Begitupun sebaliknya, jika kamu menyiram terlalu banyak air maka akar tanamanmu akan busuk.  

Untuk waktu penyiraman, lakukanlah di malam atau pagi hari agar tanamanmu memiliki suplai air yang cukup. Pastikan kamu menyiram air secara merata agar tanamanmu dapat tumbuh dengan baik, ya. Pastikan juga tidak ada genangan air di tanamanmu agar jalur oksigen bagi tanamanmu tidak terhalang. 

2. Beri tanaman sinar matahari yang cukup

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com/Adailysomething

Selain mengetahui kebutuhan air, kamu juga perlu tahu kebutuhan sinar matahari tanamanmu. Umumnya, tanaman harus terkena sinar matahri selama 6 jam untuk kebun buah dan sayur, serta 3-4 jam untuk tanaman hias. Sedangkan untuk  tanaman sukulen, kaktus atau pakis, hanya membutuhkan sinar matahari selama 2 jam. 

3. Mengatur suhu dan kelembapan

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com/Juliaberolzheimer

Cara selanjutnya agar tanamanmu tidak mudah layu ialah memastikan bahwa tanaman yang kamu rawat memang dapat tumbuh di suhu lingkungan tempat kamu tinggal. Oleh karena itu, jika kamu tinggal di daerah pesisir, hindari menanam tanaman subtropis atau tanaman dataran tinggi, begitupun sebaliknya. Untuk kelembapan udara, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan humidifier agar kebutuhan kelembapan tanamanmu dapat terpenuhi. 

4. Pastikan terbebas dari hama dan penyakit

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tanamanmu terhindar dari hama dan penyakit. Cara-cara tersebut ialah dengan menjaga kualitas tanah, memberikan nutrisi kepada tanaman, merotasi tanaman secara rutin, mengoptimalkan lokasi tanaman, serta memangkas rumput liar yang ada di sekitar tanamanmu. 

5. Memotong tanaman yang kering dan mati

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com/Mtreathliving

Nah, satu lagi yang jarang diketahui pemilih tanaman yang baru mulai. Jika kamu melihat ada bagian tanamanmu yang rusak, segera pisahkan dan buang bagian yang rusak tersebut, agar tanaman yang sehat tidak mudah layu ya, Bela. Pasalnya, bagian tanaman yang rusak tersebut bisa menyebarkan kerusakan ke bagian tanaman yang masih hidup. Oleh karena itu, segera potong bagian yang rusak tersebut agar tidak menganggu kondisi tanaman lainnya.

6. Hindari penggunaan pupuk kimia

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com/Motherearthliving

Cara selanjutnya agar tanamanmu tumbuh subur, ialah menggunakan perawatan yang alami. Hindari penggunaan pupuk kimia, ya, Bela. Kamu bisa menggunakan sisa kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, atau pupuk daur ulang pada tanamanmu agar tanaman tidak mudah layu.

7. Beri nutrisi penting untuk tanaman

Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah LayuPinterest.com/Tarahurtdesign

Ada beberapa nutrisi penting yang sangat vital bagi tumbuhan. Nutrisi tersebut ialah nitrogen, fosfor, potasium, magnesium, sulfur dan kalsium. Pada dasarnya kandungan nutrisi tersebut secara lengkap berada di tanah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, nutris tersebut akan hilang. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan nutrisi tersebut secara terpisah atau dengan langkah praktis, yaitu mengganti tanah. 

Nah, itulah 7 langkah cara merawat tanamanmu agar tidak mudah layu dan makin subur. Coba  mulai terapkan, ya, Bela.

Baca Juga: Cocok untuk Hiasan, Ini Jenis Tanaman Bonsai dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Mengenal Jenis Tanaman Kuping Gajah dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Percantik Halamanmu, Ini 10 Jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya