Tak terasa bulan Ramadan akan segera berakhir dalam hitungan beberapa hari lagi. Di fase terakhir bulan penuh keberkahan ini, jaga semangatmu dan kencangkan ikat sarungmu, ya. Pasalnya, di fase inilah segala keutamaan bulan Ramadan bisa kamu raih secara maksimal lewat kemuliaan malam Lailatul Qadar. Di malam kemuliaan yang lebih baik daripada 1000 bulan ini, kamu akan merasakan kenikmatan yang luar biasa baik secara lahir maupun batin. 

Meskipun malam Lailatul Qadar jatuh di 10 hari terakhir pada malam ganjil, tapi nggak ada salahnya kalau kamu memaksimalkan ibadahmu di sepanjang hari genap juga, Bela. Hal ini dikarenakan 10 hari terakhir Ramadan dikategorikan sebagai fase itqnun minan nar atau momen yang bisa membebaskan kamu dari api neraka. Dihimpun dari berbagai sumber, momen 10 hari terakhir ini juga menjadi favorit Nabi Muhammad SAW.

Lalu, apa saja ya ibadah di 10 hari terakhir Ramadan yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari api neraka? Spesial untuk Bela, berikut 4 amalan terbaik di 10 hari terakhir Ramadan untuk membantumu meraih keutamaan Ramadhan.

1. Melakukan ibadah malam

Jangan Terlewat, Ini 4 Amalan Terbaik di 10 Hari Terakhir RamadanPinterest.com/Rawpixel

Amalan pertama yang bisa kamu lakukan ialah melaksanakan salat malam. Ibadah salat malam yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ialah salat tarawih, salat witir, serta salat tahajud. Pelaksanaan salat tarawih yang dilakukan secara berjemaah juga menjadi nilai tambah yang luar biasa, lho. Hal ini didasari dari sebuah hadis yang mengungkapkan bahwa keutamaan salat tarawih berjemaah memiliki pahala yang besarnya sama dengan pahala salat selama semalam suntuk. 

"Jika seseorang melakukan shalat (tarawih dan witir) bersama imam sampai selesai, niscaya dicatat baginya pahala shalat semalam suntuk." (HR. Abu Dawud, shahih).

Selain salat, ibadah malam lainnya yang bisa kamu lakukan ialah melaksanakan tadarus Alquran dan juga berzikir.

2. Bersedekah

Jangan Terlewat, Ini 4 Amalan Terbaik di 10 Hari Terakhir RamadanPinterest.com/Multiple Sclerosis News Today

Nggak hanya ibadah dua arah antara kamu dan Allah SWT, ibadah yang mengikutsertakan pihak lain ini juga bisa kamu jadikan pilihan, lho. Dengan membagikan rezeki yang kamu punya kepada yang membutuhkan, niscaya Allah SWT akan limpahkan pahala dan juga memberkahi rezeki yang kamu punya. Amalan bersedekah ini juga tertera pada Alquran di surat As-Sajdah ayat 16 yang berbunyi:


تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang Kami berikan.”

3. Iktikaf

Jangan Terlewat, Ini 4 Amalan Terbaik di 10 Hari Terakhir RamadanPinterest.com/About Islam

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan di 10 malam terakhir Ramadan ialah iktikaf. Untuk kamu yang belum tahu, iktikaf merupakan ibadah yang dilaksanakan dengan cara berdiam diri untuk mendekatkan diri kepada Allah dan juga bermuhasabah atas segala perbuatan yang dilakukan. Umumnya, ibadah ini dilakukan pada malam hari di dalam masjid. Namun, mengingat keadaan yang saat ini masih dilanda kondisi pandemi, ibadah ini sebaiknya dilakukan di rumah.

4. Membaca Alquran

Jangan Terlewat, Ini 4 Amalan Terbaik di 10 Hari Terakhir RamadanPinterest.com/Sufiness

Di 10 hari terakhir Ramadan ini, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca Alquran. Amalan ini akan diganjar oleh kebaikan yang sungguh mulia. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa saat seseorang membaca satu huruf di Alquran, maka satu kebaikan akan ia terima sebagai balasanya. Adapun hadis tersebut dikemukakan oleh At-Tirmidzi sebagai berikut:


 "Abdullah ibn Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Quran), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf," (HR. At-Tirmidzi).

Itulah amalan terbaik di 10 hari terakhir Ramadan. Semoga di beberapa hari terakhir ini, kita masih sempat memperbanyak pahala ya, Bela.

Baca Juga: Sempurnakan Ibadah, Ini 10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan

Baca Juga: Sedang Pandemi, Ini Doa Itikaf di Rumah dengan Syarat dan Tata Caranya

Baca Juga: Bantu Kamu Cepat Khatam, Ini 10 Aplikasi Baca Alquran di Ponsel