Era digital membawa banyak perubahan, termasuk di berbagai bidang pekerjaan. Kini bekerja dari rumah bukan lagi sesuatu yang mustahil. Kamu yang berprofesi sebagai womanpreneur, penulis, fashion designer, graphic designer dan puluhan profesi lainnya kini bisa menghasilkan uang tanpa harus terjebak macet untuk pergi ke kantor. Tapi sayangnya rasa malas dan suasana rumah yang terlalu nyaman sering membuatmu terlena dan kurang produktif dalam bekerja. Popbela akan memberikan tips-tips ampuh agar pekerjaanmu tak lagi tertunda dan memberkan hasil yang maksimal meski kamu bekerja di rumah

1. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Terbiasa bangun di pagi hari akan membuatmu memiliki energi dan semangat yang lebih besar untuk beraktivitas di hari tersebut. Selain itu kalau kamu bangun siang, kamu jadi memulai harimu dengan terlambat. Kamu akan kaget sendiri dengan betapa cepatnya waktu yang telah berlalu sementara masih banyak hal yang belum kamu selesaikan. 

2. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Langkah awal untuk mendisiplinkan diri adalah membuat petunjuk pelaksanaan yang bisa dipenuhi oleh dirimu sendiri. Jadwal dan to-do-list adalah kunci utamanya. Jika kamu bisa menyelesaikan to-do-list-mu tiap hari pasti kamu lebih produktif. 

3. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Sering melanggar jadwal yang sudah kamu buat? Berikan punishment pada diri sendiri misalnya dengan bekerja lembur atau mengerjakan dua kali lipat pekerjaan di hari tersebut. Kamu juga bisa mencoba hal-hal yang lebih keras, misalnya kamu tak boleh menonton serial televisi favoritmu selama belum menyelesaikan pekerjaanmu. 

4. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Mencoba untuk tiduran sejenak bisa membuatmu bermalas-malasan dan terjebak dalam kenikmatan. Rasa enggan untuk meneruskan pekerjaan juga akan hinggap di pikiranmu. Jadi sebaiknya katakan tidak pada tiduran!

5. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Musik dengan beat yang tepat bisa membangkitkan semangat dan ide-idemu yang mungkin sedang tertidur sejenak. Temani hari-hari produktifmu dengan musik nge-beat kesukaanmu. Hindari lagu-lagu yang bertempo pelan supaya kamu tak mengantuk

6. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Berselancar di media sosial juga menjadi godaan besar yang tak bisa kamu hindari. Sayangnya media sosial akan menjadi penghambat terbesar produktivitasmu. Mematikan notifikasi media sosial mungkin akan menjadi pilihan yang lebih bijak. 

7. Bekerja di Rumah: Santai Tapi Produktif, Bagaimana Caranya?


Bukan hanya hukuman yang harus kamu berikan saat kamu melanggar, reward atau hadiah untuk diri sendiri saat berhasil memenuhi target juga harus kamu siapkan. Misalnya dengan membeli makanan enak kesukaanmu atau berjalan-jalan mencari udara segar di tempat yang tenang. 

Bekerja dengan nyaman di rumah dengan produktivitas yang tinggi akan membawa kesuksesanmu lebih dekat di masa depan. Sudah siapkah kamu, Bela? 

 

BACA JUGA: Suntuk di Kantor? 7 Cara ini Bisa Melepaskan Kesuntukanmu Lho