Jumlah lapangan pekerjaan tak pernah seimbang dengan jumlah pencari kerja di Indonesia. Inilah yang menyebabkan jumlah pengangguran juga terus bertambah tiap tahunnya. Jika tak ingin menjadi salah satu dari mereka kamu waib berpikir out of the box dengan membuka bisnismu sendiri. Begitu banyak peluang bisnis di luar sana, tapi banyak orang bingung bagaimana memulainya. Beberapa tips ini mungkin bisa kamu jadikan sebagai panduan untuk memulai bisnis pertamamu.

Nggak Setegang yang Kamu Kira Kok! Ini Dia 4 Tips Sukses Membangun Bisnismu Sendiri

Kita semua tahu bahwa generasi millenial lebih entrepreneur dari siapapun, banyak di antara mereka yang memiliki pekerjaan sampingan. Passion  menjadi kekuatan terbesar untuk memulai usaha sampingan yang kemudian menjadi tanda besar untuk segera mengucapkan selamat tinggal pada bosmu yang sekarang. Jika ingin bisnismu sukses, kamu tak perlu menjadikan uang sebagai tujuan utama saat memulai bisnismu. Uang akan mengikuti sebagai hasil dari kerja kerasmu. Kamu bisa memulai bisnismu secara full time maupun hanya untuk mengisi waktu luang saat weekend saja. Mungkin hasilnya belum seberapa dibandingkan gajimu sekarang, tapi lihatlah nanti ketika bisnismu sudah mulai berkembang.

Nggak Setegang yang Kamu Kira Kok! Ini Dia 4 Tips Sukses Membangun Bisnismu Sendiri

Jangan takut membagi ide yang kamu miliki untuk mengembangkan bisnismu pada orang lain. Jangan membuatnya menjadi project rahasia karena bagaimanapun kamu akan membutuhkan bantuan orang lain. Carilah mentor, carilah co-founder dan pekerja yang bisa sejalan dengan visimu. Mereka akan memberikan berbagai macam pandangan baru sehingga kamu bisa membuat semuanya berjalan lebih lancar saat membangun bisnismu. Dan ketika nanti bisnismu sudha bisa memberikan hasil yang nyata kamu pun tak boleh pelit untuk membaginya pada orang-orang yang membutuhkan. Mereka yang membagi rezeki yang didapat akan mendapatkan ganti yang lebih besar, jadi semakin banyak kamu memberi, kemungkinan bisnismu akan semakin sukses juga besar.

Nggak Setegang yang Kamu Kira Kok! Ini Dia 4 Tips Sukses Membangun Bisnismu Sendiri

Tahun pertama kamu membangun bisnismu mungkin tidak akan ada yang begitu membahagiakan. Ini wajar karena tidak ada kata fast track untuk meraih kesuksesan. Selalu ada proses yang harus dilewati dan ini berbeda-beda untuk setiap orang. Teruslah belajar sembari menghadapi proses yang sedang kamu jalani. Jangan berhenti atau menyerah hanya karena lelah, percayalah jika semua orang yang sedang membangun bisnis menghadapinya. Butuh kesabaran dan daya juang yang tak terkira untuk bertahan, carilah motivasi dari orang-orang di sekitarmu agar kamu semakin kuat.

Nggak Setegang yang Kamu Kira Kok! Ini Dia 4 Tips Sukses Membangun Bisnismu Sendiri

Waktumu sudah cukup banyak dihabiskan untuk mengurus bisnismu sementara waktu istirahatmu sangat jauh berkurang. Bekerja keras untuk mencapai sukses memang keharusan tapi jangan sampai kamu lupa atau bahkan tidak tahu cara menikmati kesuksesanmu nanti. Jadwalkanlah waktu beristirahat dan memanjakan diri, terutama me-time dan family time atau waktu untuk sekedar ngobrol bersama orang terkasih. Ini sangat penting untuk dapat me-refresh kembali otakmu yang telah penat dengan segala aktivitas bisnis yang kamu jalani. Menghabiskan waktu dengan orang yang kamu cintai bisa memberimu motivasi lebih untuk menyukseskan bisnismu.

Nggak Setegang yang Kamu Kira Kok! Ini Dia 4 Tips Sukses Membangun Bisnismu Sendiri

Memulai sebuah bisnis pasti akan menguras pikiranmu, bukan hanya modalmu saja. Jam tidurmu akan lebih sedikit dibandingkan orang lain, kamu akan lembur untuk memikirkan kemajuan bisnismu. Waktumu untuk hangout bersama teman-teman juga akan banyak berkurang. Kamu tak lagi bisa seenaknya bergoleran di kasur atau membuang-buang waktu. Sebaliknya kamu harus merelakan waktumu untuk bekerja lebih keras dan terus memperbaiki apa yang sudah bisa kamu dapatkan dari bisnismu sekarang. Mungkin kamu akan lelah, tapi kamu tak boleh menyerah dan terus berjuang menghadapi semua ini sampai kesuksesan itu kamu raih. 

Bagaimana Bela, sudah siap memulai bisnismu sendiri? Jika bukan sekarang, kapan lagi kamu akan memulainya?