Salah satu tradisi yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia saat Ramadan menjelang hari raya Idul Fitri adalah pulang kampung alias mudik. Terlepas dari kebahagiaan bertemu sanak-saudara di rumah kakek-nenek, ada kelelahan yang harus dihadapi selama perjalanan. Misalnya bepergian dengan pesawat, jam keberangkatan yang tertunda atau dibatalkan.

Pengalaman seperti ini tentu sangat mengesalkan, bukan? Kamu dan keluarga juga akan merasa bosan berlama-lama di bandara. Namun jika ini terjadi, melansir dari Traveller24, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kejenuhanmu saat menunggu jam keberangkatan pesawat.

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Kamu bisa bermain "temukan pesawat"! Permainan ini 'memaksamu' untuk mengumpulkan seluruh pengetahuanmu tentang tipe dan model pesawat yang hilir-mudik di landasan bandara. Kalau terlalu susah, kamu bisa mengubah permainannya menjadi lebih mudah, seperti mencari pesawat yang tersembunyi di sekitar hangar dari kejauhan. Kamu bisa mengajak saudaramu untuk ikut bermain juga agar semakin seru.

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Membaca buku selalu menjadi salah satu pilihan aktivitas yang bisa dilakukan saat menunggu jam keberangkatan pesawat, terlebih jika kamu hobi melakukannya. Kalau lupa membawa buku favorit, kamu bisa selalu membelinya di toko buku dalam bandara, atau membaca e-book yang dapat diunduh secara gratis di internet. Dijamin, waktu berjam-jam lamanya akan berlalu begitu cepat ketika kamu sudah menenggelamkan pikiranmu dalam bukumu.

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Kurang suka membaca? Pilihan lainnya adalah menonton video dari gawaimu. Streaming memang lebih praktis, namun akan memakan daya baterai sangat banyak. Ketimbang itu, kamu bisa mengunduh video atau menyimpan secara offline di handphone. Kalau bawa laptop? Coba cek, siapa tahu ada file film yang kamu simpan di dalamnya!

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Siapa yang nggak suka belanja? Beberapa bandara memiliki beberapa outlet yang menjual berbagai produk pada para penumpang. Sembari menghabiskan waktu, kamu dapat berjalan-jalan memasuki toko-toko itu dan berbelanja. Baik itu berbelanja kebutuhan pribadi, maupun membeli beberapa buah tangan untuk keluarga yang menanti kepulanganmu, yang pasti kegiatan ini sangat menyenangkan!

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Menonton atau melihat orang (people-watching) adalah permainan favorit para psikolog untuk menghabiskan waktu panjang mereka. Namun, kamu juga bisa melakukannya dan menikmati kegiatan ini! Umumnya, kamu membutuhkan rasa penasaran yang besar untuk memerhatikan orang-orang yang berlalu-lalang di hadapanmu. Kamu juga bisa mengamati kejadian yang nggak biasa. Melalui permainan ini juga, kamu bisa memiliki pengertian yang lebih baik pada orang lain.

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Kalau area di dekatmu tersedia colokan listrik, kamu bisa menggunakan gawaimu untuk bermain game online! Berselancar di media sosial juga menyenangkan, namun nggak akan menghabiskan waktu lebih lama daripada bermain. Ada banyak jenis game online yang bisa kamu mainkan, baik sendiri maupun dengan teman-teman. Namun, jangan sampai lupa dengan jam keberangkatan pesawatmu, ya!

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Jarang mudik membuatmu nggak fasih berbahasa daerah asal? Kalau begitu, manfaat kesempatan ini dengan berlatih kemampuan bahasamu, Bela. Kamu bisa mengajak orang tuamu untuk mengajarkanmu beberapa kata dan logat khas daerah tempat Kakek dan Nenekmu tinggal. Jadi ketika sampai rumah mereka, kamu memahami percakapan mereka dan mampu membalas dengan bahasa daerah juga. Keluarga di sana pasti bangga!

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Jika membutuhkan waktu untuk menenangkan diri, dengarkan lagu yang kamu suka dari gawaimu. Bawa pikiranmu melayang berimajinasi seiring lantunan musik yang mengalun di telinga. Kamu juga bisa menemukan banyak lagu baru dan mendengarkan genre lainnya. Siapa tahu, kamu malah menemukan lagu baru favorit.

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Terjebak di bandara dalam waktu lama memang sangat melelahkan dan membosankan. Kamu bisa memanfaatkan jeda waktu yang panjang ini dengan mengistirahatkan tubuhmu. Pastikan untuk menyetel alarm 30 menit sebelum jam keberangkatan pesawat sehingga kamu nggak ketinggalan penerbangan.

10 Cara Mengusir Rasa Bosan Saat Terjebak di Bandara

Bukan tempat yang normal untuk menjalin pertemanan baru dengan orang asing. Namun, nggak ada salahnya untuk melakukannya, kan? Terlebih jika kamu terjebak di bandara sendiri, salah satu cara terbaik untuk mengusir kebosanan adalah dengan memiliki teman baru untuk menghabiskan waktu bersama. Mulai sapa orang di sekitarmu dan ajak ia mengobrol. Boleh jadi, ia akan menaiki pesawat yang sama denganmu. Boleh jadi, kamu dan dirinya memiliki minat sama.

Semoga perjalanan mudikmu dengan pesawat berjalan lancar. Namun jika sampai harus terjebak di bandara dalam waktu lama, kamu tahu apa yang harus dilakukan untuk mengusir kebosanan itu.

BACA JUGA: Sering Travelling Pakai Pesawat? Ini Airport Hacks yang Perlu Kamu Tahu!​