Ada berbagai jenis tanaman di dunia, dan salah satunya adalah jenis tanaman air. Mengutip dari Wikipedia, jenis tanaman air adalah tanaman yang telah menyesuaikan diri untuk hidup pada lingkungan perairan, baik air tawar maupun air asin atau air laut. Seperti namanya, tanaman air menggantungkan hidupnya pada air, bukan sekadar pada kawasan tanah dengan air yang menggenang, apalagi kering. Tanaman ini tumbuh dengan lebih baik pada kondisi tanah dengan kandungan air yang normal.

Jenis tanaman air

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!zinfandel.org

Ada beberapa jenis tanaman air yang perlu kamu ketahui. Semuanya berdasarkan pada letak tanaman itu pada perairan yang didiaminya. Ada jenis tanaman yang mengapung hingga tenggalam di dalam air.

  • Emergent plant

Emergent plant adalah tanaman air yang tumbuh di dalam perairan namun sebagian tubuhnya berada di atas permukaan air. Jadi, dapat dikatakan kalau setengah tubuhnya berada di dalam air, dan setengah lainnya berada di atas air. Jenis tanaman air ini berkembang karena daun dapat melakukan proses fotosintesis lebih baik di atas air ketimbang di bawah permukaan air. Juga, terhindar dari persaingan dengan jenis tanaman lain yang berada di ekosistem sama.

Bagian utama tumbuhan yang berada di permukaan air umumnya adalah bunga dan bagian tumbuhan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan reproduksi. Jenis Emergent plant ini memungkinkan penyerbukan oleh angin atau serangga. Salah satu contoh tanaman ini adalah alang-alang.

  • Floating-leaved

Floating-leaved merupakan jenis tanaman air dengan akar yang berada di dalam air, namun nggak menancap ke bagian dasarnya. Akar tanaman jenis ini berada di dalam air untuk menyerap air. Sedangkan bagian daunnya kokoh mengambang di atas permukaan air untuk menyerap sinar matahari. Jenis tanaman air ini dapat kamu temukan pada perairan air tawar atau air laut. Contoh umum tanaman air jenis ini adalah lili air.

  • Submerged plant

Submerged plant adalah jenis tanaman dengan keseluruhan bagian tanaman berada di bawah permukaan air, seperti akar yang menancap dan tumbuh kuat pada dasar air dan daun yang berada di dalam air. Daun dari jenis tanaman ini umumnya tipis dan nggak lebar. Contoh umum tanaman air dari jenis submerged adalah hydrilla.

  • Free-floating

Free-floating merupakan jenis tanaman air yang kamu temukan pada permukaan perairan tanpa akar yang menancap atau tumbuh di dasar air, ataupun di dalam air. Jenis tanaman air ini mudah tertiup angin dan menyediakan tempat berkembang biak untuk nyamuk. Contoh tanaman dari kelompok ini adalah apu-apu (water lettuce).

Empat jenis tanaman air ini dapat kamu temukan pada perairan air tawar atau air laut. Juga, beberapa di antaranya dapat kamu tempatkan dalam akuariuam rumah, loh! Biasanya, tanaman air tersebut dikenal dengan sebutan jenis tanaman air aquascape.

Jenis Tanaman Air Aquascape

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!shop.aquaria-usa.com

Jenis tanaman aquascape adalah jenis tumbuhan yang sering diletakkan dalam akuarium. Nggak hanya berfungsi sebagai hiasan, tanaman ini juga sering digunakan sebagai tempat tinggal ikan peliharaanmu. Sama seperti tanaman lainnya, tanaman akuarium ini membutuhkan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis. Jadi, letakkan tabung karbon dioksidan dekat tanaman tersebut untuk mengalirkan gas CO2 pada tanaman itu.

Ada beberapa jenis tanaman air aquascape yang dapat kamu jadikan hiasan dalam akuariummu. Apa saja?

1. Hygrophila Difformis

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!aquasabi.com

Juga dikenal dengan nama Water Wisteria, tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan nggak membutuhkan perawatan yang sulit. Hygrophila Difformis dapat tumbuh pada suhu air 23-28 derajat Celcius. Tanaman air ini pun hanya membutuhkan pencahayaan yang sedang sehingga mudah untuk dirawat, dan cocok digunakan sebagai karpet pada akuarium

2. Aponogeton Ulvaceus

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!bay.com

Aponogeton Ulvaceus merupakan tanaman air asal Madagaskar. Dedaunannya nampak memelintir sehingga unik dan dapat mempercantik tampilan akuarium. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 60 cm sehingga cocok sebagai hiasan belakang akuarium. Tanaman air ini pun nggak membutuhkan perawatan yang sulit sehingga siapapun dapat merawatnya dengan mudah.

3. Hemianthus Callitrichoides

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!aquasabi.com

Memiliki daun-daun yang sangat kecil, Hemianthus Callitrichoides merupakan tanaman akuarium yang menjadi favorit penggiat tanaman aquascape. Tanaman ini juga dikenal dengan istilah Dwarf Baby Tears. Karena tumbuh lebat dan banyak, tanaman ini cocok digunakan sebagai dasar akuarium. Perawatannya pun tergolong mudah, Dwarf Baby Tears ini cocok dengan suhu sekitar 22-23 derajat Celcius. Namun perlu diingat kalau tanaman ini tumbuh mengikuti arah cahaya. Jika akuariummu memiiki pencahayaan yang kurang baik, tanaman ini akan berusaha tumbuh mengikuti cahaya yang datang dari arah manapun.

4. Eleocharis Parvula

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!aquasabi.com

Nama lainnya nggak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, yaitu Dwarf Hair Grass. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan dapat tumbuh di sekitar batu, mengelilinginya dengan indah. Suhu yang cocok untuk Eleocharis Parvula adalah 22-25 dearajat Celcius. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cahaya yang sedang. Namun, ia akan tumbuh dengan lebih baik jika mendapatkan cahaya yang lebih banyak.

5. Echinodorus X Subulatus Lucanas

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!gulalives.co

Jika memiliki akuarium yang besar, isi dengan tanaman aquascape Echinodorus X Subulatus Lucanas. Sebab, tanaman ini memiliki daun yang lonjong dan memanjang sehingga membutuhkan ruang besar untuknya tumbuh. Tanaman akuarium ini dapat tumbuh dan hidup dalam kondisi perarian apapun, kondisi cahaya apapun, bahkan dapat tumbuh tanpa memerlukan karbon dioksida. Ini menjadikannya sebagai tanaman air yang mudah dirawat.

6. Amazon Sword

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!Amazon.com

Amazon Sword merupakan jenis tanaman akuarium yang dapat bertahan hidup dalam air dengan suhu 22-28 derajat celcius. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Karena bentuk daunnya yang menyerupai pedang, tanaman ini seringkali dijadikan sebagai latar belakang akuarium.

7. Bacopa SP Colorata

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!aquasabi.com

Bacopa SP Colorata memiliki daun berwarna merah, cocok memberikan sentuhan berbeda pada akuarium yang umumnya berwarna biru-hijau. Tumbuhan ini cocok diletakkan pada tengah-tengah akuarium karena membutuhkan cahaya dan karbon dioksida yang sedang.

8. Cabomba Caroliniana

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!istorya.net

Berasal dari Amerika Selatan, Cabomba Caroliniana merupakan jenis tanaman air aquascape yang tumbuh cepat pada suhu sekitar 15-26 derajat Celcius. Tanaman ini pun hanya membutuhkan cahaya dan karbon dioksida sedikit sehingga cocok diletakkan pada bagian tengah akuarium.

9. Anubias Nana

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!aquasabi.com

Bagi kamu yang baru saja masuk ke dunia aquascape, tanaman Anubias Nana cocok untukmu, Bela. Tanaman ini nggak membutuhkan perawatan yang rumit dan kamu dapat meletakannya pada sudut akuarium manapun. Anubias Nana dapat tumbuh hingga 15 cm dan dapat hidup pada suhu 22-28 derajat Celcius.

10. African Water Fern

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!aquaticarts.com

African Water Fern merupakan jenis tanaman aquascape yang dapat hidup tanpa perlu pencahayaan yang tinggi. Tanaman ini pun dapat hidup pada suhu 22-27 serajat Celcius. Tampilannya yang unik dan cantik menjadikannya cocok sebagai latar belakang akuariummu.

Masih ada banyak jenis tanaman air aquascape lainnya yang dapat mengisi dan menghiasi akuariummu. Kamu dapat menanam lebih dari satu jenis tanaman dan mengkombinasikannya dengan lain, membuat akuariummu menjadi lebih cantik dengan perpaduan tanaman air itu. Nggak hanya semakin cantik, ikan-ikanmu pun betah mendiami akuariummu, Bela.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmu

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Kaktus Cantik Penghias Halaman Rumahmu

Baca Juga: Jadi Hiasan Rumah nan Cantik, Ini Cara Membuat Aquascape Sendiri