Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!

Ikan peliharaanmu pasti senang!

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ada berbagai jenis tanaman di dunia, dan salah satunya adalah jenis tanaman air. Mengutip dari Wikipedia, jenis tanaman air adalah tanaman yang telah menyesuaikan diri untuk hidup pada lingkungan perairan, baik air tawar maupun air asin atau air laut. Seperti namanya, tanaman air menggantungkan hidupnya pada air, bukan sekadar pada kawasan tanah dengan air yang menggenang, apalagi kering. Tanaman ini tumbuh dengan lebih baik pada kondisi tanah dengan kandungan air yang normal.

Jenis tanaman air

Gemas, Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Indah Banget!

Ada beberapa jenis tanaman air yang perlu kamu ketahui. Semuanya berdasarkan pada letak tanaman itu pada perairan yang didiaminya. Ada jenis tanaman yang mengapung hingga tenggalam di dalam air.

  • Emergent plant

Emergent plant adalah tanaman air yang tumbuh di dalam perairan namun sebagian tubuhnya berada di atas permukaan air. Jadi, dapat dikatakan kalau setengah tubuhnya berada di dalam air, dan setengah lainnya berada di atas air. Jenis tanaman air ini berkembang karena daun dapat melakukan proses fotosintesis lebih baik di atas air ketimbang di bawah permukaan air. Juga, terhindar dari persaingan dengan jenis tanaman lain yang berada di ekosistem sama.

Bagian utama tumbuhan yang berada di permukaan air umumnya adalah bunga dan bagian tumbuhan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan reproduksi. Jenis Emergent plant ini memungkinkan penyerbukan oleh angin atau serangga. Salah satu contoh tanaman ini adalah alang-alang.

  • Floating-leaved

Floating-leaved merupakan jenis tanaman air dengan akar yang berada di dalam air, namun nggak menancap ke bagian dasarnya. Akar tanaman jenis ini berada di dalam air untuk menyerap air. Sedangkan bagian daunnya kokoh mengambang di atas permukaan air untuk menyerap sinar matahari. Jenis tanaman air ini dapat kamu temukan pada perairan air tawar atau air laut. Contoh umum tanaman air jenis ini adalah lili air.

  • Submerged plant

Submerged plant adalah jenis tanaman dengan keseluruhan bagian tanaman berada di bawah permukaan air, seperti akar yang menancap dan tumbuh kuat pada dasar air dan daun yang berada di dalam air. Daun dari jenis tanaman ini umumnya tipis dan nggak lebar. Contoh umum tanaman air dari jenis submerged adalah hydrilla.

  • Free-floating

Free-floating merupakan jenis tanaman air yang kamu temukan pada permukaan perairan tanpa akar yang menancap atau tumbuh di dasar air, ataupun di dalam air. Jenis tanaman air ini mudah tertiup angin dan menyediakan tempat berkembang biak untuk nyamuk. Contoh tanaman dari kelompok ini adalah apu-apu (water lettuce).

Empat jenis tanaman air ini dapat kamu temukan pada perairan air tawar atau air laut. Juga, beberapa di antaranya dapat kamu tempatkan dalam akuariuam rumah, loh! Biasanya, tanaman air tersebut dikenal dengan sebutan jenis tanaman air aquascape.

Jenis Tanaman Air Aquascape

Jenis tanaman aquascape adalah jenis tumbuhan yang sering diletakkan dalam akuarium. Nggak hanya berfungsi sebagai hiasan, tanaman ini juga sering digunakan sebagai tempat tinggal ikan peliharaanmu. Sama seperti tanaman lainnya, tanaman akuarium ini membutuhkan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis. Jadi, letakkan tabung karbon dioksidan dekat tanaman tersebut untuk mengalirkan gas CO2 pada tanaman itu.

Ada beberapa jenis tanaman air aquascape yang dapat kamu jadikan hiasan dalam akuariummu. Apa saja?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here