Bela, apa kamu sedang mencari tanaman untuk mempercantik kolam ikanmu? Tahu nggak sih, ternyata ada banyak jenis tanaman kolam ikan yang bisa kamu pilih, lho!

Bentuk dan variasi warnanya pun beragam. Ada yang sifatnya mengambang di permukaan, tenggelam, hingga mencuat ke permukaan air. Tanaman-tanaman ini sudah pasti akan mempercantik kolam ikan kesayanganmu. 

Langsung simak 9 jenis tanaman kolam tercantik di bawah ini, yuk!

1. Lemna

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanPinterest.com

Tidak sulit menemukan tanaman air yang satu ini. Sering dijuluki mata ikan atau mata lele, lemna merupakan tanaman air berukuran kecil yang mengapung di atas air. Lemna adalah tanaman daun kecil yang tidak memiliki akar sejati atau batang dan hidup menggerombol. Kehadiran lemna dibutuhkan oleh ikan sebagai tempat berlindung, mencari makan (feeding ground), memijah (spawning ground) dan mengasuh anakannya (nursery ground). Selain itu, lemna juga dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas perairan atau sebagai pencuci polutan. 

2. Eceng Gondok

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanYanisgallery.com

Tanaman satu ini bisa jadi adalah salah satu tanaman air yang paling populer dan banyak dijumpai. Ya, eceng gondok adalah jenis tanaman yang mengapung di air dan bisa tumbuh hingga sekitar 0,4 - 0,8 meter. 

Eceng gondok biasa tumbuh di perairan dengan aliran air yang lambat seperti kolam dangkal, rawa,  danau, hingga sungai. Eceng gondok dapat beradaptasi dengan perubahan yang ekstrem pada ketinggian air dan arus air, hingga perubahan pada ketersediaan nutrien, pH, temperatur dan racun dalam air. 

3. Hydrillia / Ganggang Rantai

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanIthacajournal.com

Ganggang rantai adalah salah satu tanaman air yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan kolam ikanmu. Hal ini karena gangang rantai bersifat oksigenasi, yakni mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam air sehingga kolam ikanmu tetap jernih. Selain itu, ikan dalam kolam pun mendapat pasokan oksigen yang cukup. 

Ganggang rantai memiliki bentuk seperti semak-semak berwarna hijau. Kamu bisa merendam seluruh bagian tanaman ini di dalam air. Selain manfaat di atas, keberadaan ganggang air dalam kolam ikan dapat menjadikannya sebagai tempat berteduh dan berlindung anak-anak ikan.

4. Lidi Air

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanFwp.mt.gov

Tanaman cattail, atau yang akrab disebut lidi air di Indonesia, ini hidup di lumpur atau tanah basah dengan air menggenang. Bernama latin Typha latifolia, lidi air ini memiliki bunga berwarna merah yang berbentuk seperti bulu kucing. Karena inilah tumbuhan ini sering juga disebut ekor kucing. Akar tanaman ini tebal dan dengan bentuk daun yang ramping dan memanjang ke atas. 

5. Bambu Air

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanDok. Internet

Sama seperti namanya, tanaman berjenis bambu ini memang bisa hidup dengan medium air. Memiliki bentuk yang serupa seperti tanaman bambu pada umumnya, bedanya bambu air ini hanya memiliki tinggi sekitar 25-100 cm saja. Diameter batangnya pun lebih ramping, yakni maksimal hanya 3 cm saja. Bambu air yang berwarna hijau segar ini pastinya mampu mempercantik kolam ikanmu, ya!

6. Teratai

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanGardeningknowhow.com

Teratai, menjadi tumbuhan air cantik yang umum kamu temukan di kolam ikan. Hal ini karena manfaatnya untuk menjaga kebersihan kolam ikanmu.

Bunga teratai memang dikenal mampu untuk menyaring kotoran atau polutan yang ada di dalam air. Teratai sendiri memiliki bunga dengan berbagai warnanya yang indah, dari kuning, putih, ungu, hingga merah muda. Bentuknya dipercantik dengan daunnya yang lebar dan mengapung di atas permukaan air.

7. Daun Semanggi

7 Tanaman Air yang Bisa Membersihkan Kolam IkanDok. Internet

Tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat khas seperti empat buah payung digabungkan, yang kemudian membuatnya disebut 'semanggi'.Tumbuhan kecil tak berbatang ini banyak tumbuh liar ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, hal ini jelas berbahaya jika tanaman semanggi yang dikonsumsi, diambil dari lokasi perairan dengan tingkat logam berat. Hal ini karena semanggi adalah tumbuhan bioremediasi, yakni mampu menyerap logam berat seperti Cd dan Pb. Namun, kemampuan ini bermanfaat untuk menjaga kualitas air di kolam ikanmu, Bela.

Itu dia 7 jenis tanaman air yang bisa mempercantik sekaligus membersihkan kolam ikanmu. Semoga menginspirasi, ya!

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Rambat untuk Menghiasi Pagar Rumah

Baca Juga: Gemerciknya Menenangkan, Ini 7 Ide Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Baca Juga: Hiasan Cantik Rumah Minimalis, Ini 10 Ide Akuarium Ikan yang Unik!