Inilah 10 wanita jajaran atas dunia tahun 2015 menurut Forbes. Berdasarkan pendapatan, liputan media, dan pengaruh kuat yang mereka berikan, wanita-wanita ini adalah politisi, filantropi, pimpinan perusahaan dan organisasi, penulis buku, serta agen perubahan sosial yang berhasil menduduki peringkat 10 teratas dari keseluruhan 100 wanita paling berpengaruh yang dinobatkan oleh Forbes. Ini dia daftarnya!

1. Angela Merkel

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 cebit.de

Kepala Negara Jerman sejak 2005 ini adalah orang di balik kebangkitan Uni Eropa dari krisis ekonomi yang melanda negara-negara anggotanya. Ia juga memecahkan rekor sebagai orang yang telah menjabat sebagai kepala negara terlama di antara para kepala negara Uni Eropa.

2. Hillary Clinton

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 newsnextbd.com

Mantan Sekretaris Negara AS ini adalah wanita pertama dan satu-satunya yang berhasil menduduki kursi senat. Tak puas menjadi senator, Hillary Clinton akan mewakili Partai Demokrat dalam persaingan menuju White House pada Pemilu Presiden AS tahun 2016.  

3. Melinda Gates

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 standard.co.uk

Pendiri Bill dan Melinda Gates Foundation ini telah memprakarsai gerakan filantropis dan pembangunan global. Ia telah mengabulkan hibah sebesar 3,9 miliar dolar AS pada tahun 2014 dan mendonasikan lebih dari 33 miliar dolar AS sejak organisasi mereka didirikan pada tahun 2000.

4. Janet Yellen

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 thenation.com

Janet Yellen adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat pada tahun 2014. Lulusan Ekonomi Brown University ini telah berhasil meningkatkan daya beli masyarakat dan suku bunga AS.

5. Marry Bara

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 ibtimes.com

Tak mudah bagi perempuan untuk mengukir prestasi di bidang otomotif. Tapi hal itu tak menghentikan CEO General Motors ini dari menyulap Cadillac menjadi brand mewah dunia dan mengembangkan General Motors hingga ke Tiongkok.

6. Christine Lagarde

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 imf.org

Di bawah pimpinan Direktur Pelaksana IMF (Dana Moneter Internasional) ini, angka pertumbuhan global meningkat menjadi 3,5% dibandingkan dengan tahun lalu yang berada di angka 3,3%. IMF juga telah meningkatkan partisipasi buruh perempuan sebagai usaha menekan kemiskinan dan ketimpangan gender.  

7. Dilma Rouseff

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 wsantavruz.com.br

Dilma Rouseff menghadapi banyak tantangan dalam menjalani tanggung jawabnya sebagai presiden wanita pertama Brazil. Brazil telah berhasil menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke tujuh sedunia.

8. Sheryl Sandberg

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 huffingtonpost.com

Penulis buku Lean In ini berhasil merenggut perhatian media ketika ia diangkat menjadi COO Facebook. Dengan tangan ajaib Sheryl Sandberg, Facebook berhasil meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawannya serta memperbarui strategi mobile-nya.   

9. Susan Wojcicki

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 glamour.com

Setelah bekerja untuk Google, Susan Wojcicki memantapkan diri untuk menduduki posisi CEO Youtube. Situs ini dikunjungi oleh lebih dari 1 miliar orang tiap bulannya dan situs ini dihargai sejumlah 20 miliar dolar AS.

10. Michelle Obama

10 Wanita Paling Berpengaruh Versi Forbes Tahun 2015 people.com

Hal yang terpenting dalam agenda Ibu Negara AS ini adalah menjamin pendidikan dan hak-hak anak perempuan di seluruh dunia. Ia telah berkeliling dunia untuk mewujudkan visinya ini. Istri presiden AS ini juga berjuang untuk memenuhi hak-hak dan kesejahteraan veteran di negaranya.

Daftar di atas membuktikan bahwa nggak mustahil bagi perempuan untuk unjuk gigi di dunia dalam berbagai macam bidang kerja dan minat. Yang kita butuhkan adalah kerja keras dan komitmen luar biasa untuk bisa muncul dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia. Jadi, kapan namamu akan muncul dalam daftar tersebut? Kita tunggu, ya, Bela.