Berbagai film yang bernuansa erotis biasanya identik dengan citra alur cerita yang kurang diperhatikan. Namun, berbeda dengan film kurasi Popbela berikut! Adegan sensual yang disajikan pun tidak mengorbankan alur cerita, akting dan dialog yang dibawakan sederetan bintang papan atas terbaik.

Sehingga, ada beberapa film bernuansa erotis yang menyabet penghargaan ternama. Apa saja, ya? Simak 15 rekomendasi film semi paling hot terbaik sepanjang masa di bawah ini.

1. Bound (1996)

https://www.youtube.com/embed/7kA0K66yQxo

Merupakan film pertama yang membawa Wachowski bersaudara ke jajaran sutradara berbakat. Film debut ini menyajikan drama lesbian yang 'dicampur' dengan thriller kuat, sehingga penuh adegan seks dan kekerasan. 

Meskipun saat itu jarang sekali ada yang berani menyuguhkan hubungan lesbian, apalagi seks melalui film, namun Bound jadi salah satu pelopornya. Bound pasalnya mengisahkan dua kekasih lesbian, Violet (Jennifer Tilly) dan Corky (Gina Gershon) yang berusaha mencuri uang milik mafia. 

2. The Handmaiden (2016)

https://www.youtube.com/embed/whldChqCsYk

Film thriller erotis Korea yang sempat menuai kritik dan kontroversi ini berhasil membawa pulang piala film internasional terbaik, salah satunya Chicago Film Critics Association. The Handmaiden juga mampu meraup keuntungan sebesar US$29 juta melalui penjualan 4,28 juta tiketnya, sejak penayangannya pada 2016. 

The Handmaiden mengisahkan seorang perempuan kaya raya yang merekrut asisten rumah tangga untuk menguji kesetiaan suaminya. Tanpa disangka, sang asisten rumah tangga dan sang suami malah jatuh cinta betulan, sehingga keduanya sering bermesraan menampilkan adegan panas dalam film semi Korea ini.

3. Moonlight (2016)

https://www.youtube.com/embed/d80_AFhL7-Y

Masih ingat skandal Oscar 2017, ketika Warren Beatty dan Faye Dunaway salah menyebutkan pemenang kategori Film Terbaik yang seharusnya jatuh pada Moonlight, bukan La La Land

Kedua film tersebut saat itu bersaing memperebutkan Oscar, meskipun memiliki konsep dan alur cerita yang berbeda. Moonlight mengisahkan kehidupan seorang pria gay keturunan Afrika-Amerika bernama Chiron, sejak kecil hingga tumbuh dewasa.

Moonlight menyelipkan adegan masturbasi para pemeran utama di pantai, yang sempat menuai kritik beberapa pengamat film. Meskipun begitu, alur ceritanya tidak fokus pada sisi seksualitas, melainkan pertumbuhan karakter utama. Kisahnya yang dituangkan dengan apik, berhasil memborong berbagi penghargaan ternama.

4. Before Sunrise (1995)

https://www.youtube.com/embed/6MUcuqbGTxc

Film romansa garapan Richard Linklater dan Kim Krizan, yang mengikuti trilogi Before ini berhasil meraih rating 8.1 di IMDb. Film ini juga berhasil menyabet 4 nominasi Awards Circuit Community Awards (ACCA). 

Before Sunrise menceritakan kisah romansa segar yang terjalin ketika masa muda, saat seseorang bisa jatuh cinta hanya melalui pertemuan singkat dalam satu malam. Rasa cinta ini tumbuh bukan karena rayuan, namun dari pertukaran pikiran dan dialog yang terjalin antara kedua tokoh utama. 

5. Secretary (2002)

https://www.youtube.com/embed/AFma24S-Uvw

Jauh sebelum Fifty Shades of Grey mendominasi layar lebar sebagai pelaku BDSM, James Spader dalam Secretary memerankan 'Mr Grey' terlebih dahulu, sebagai bos dominan yang menundukan karyawannya. Film romantis erotis ini dibintangi Maggie Gylenhaal dan James Spader, yang membangun hubungan BDSM antara pengacara dominan dengan sekretarisnya yang patuh.

Berbagai aktivitas khas BDSM pun terpampang nyata dalam film ini. Meskipun mengandung unsur erotis yang kuat, Secretary berhasil menyabet berbagai penghargaan, salah satunya Boston Society of Film Critics Awards.

6. The Hunger

https://www.youtube.com/embed/7a6YFwC2zKA

Tony Scott berhasil menggarap film horor yang paling sensual melalui The Hunger, yang dibintangi Catherine Deneuve, David Bowie dan Susan Sarandon. The Hunger mengisahkan cinta segitiga antara dokter spesialis anti-aging dan sepasang vampir.

The Hunger diselipi adegan seks panas woman-on-woman tanpa busana yang sempat menuai kontroversi. Meskipun tidak memperoleh tanggapan baik dari para kritik, namun The Hunger  mampu menyajikan pesan yang melekat kuat kepada penonton, yaitu perilaku sensual yang tidak hanya membangun, namun menghancurkan. 

7. Nine and A Half Weeks (1986)

https://www.youtube.com/embed/8bNCMcQ_moo

Mampu menyabet nominasi 3 penghargaan Razzie Award, film ini menceritakan kisah asmara singkat antara Elizabeth McGraw (Kim Basinger) dan John Gray (Mickey Rourke), yang hanya berlangsung selama 9 minggu. Adian Lyne, selaku sutradara menyelipkan elemen seks garis keras, BDSM ringan, dan psychological power play untuk mewarnai kisah perjalanan asmara mereka. Adegan pertemuan mereka yang erotis, termasuk hubungan panas yang ada di dapur, tercatat sebagai yang paling eksplisit.

8. Weekend (2011)

https://www.youtube.com/embed/DBMgpz9pZ68

Kisah yang diangkat Weekend  menekankan poin utama yang sering diangkat ke dalam film romansa, yaitu sebuah hubungan yang awalnya direncakanan sebagai one night stand malah berjalan lebih jauh. Namun, pendekatan Weekend menekankan suatu pokok permaslahan, yaitu keduah tokoh utama gay yang saling mencintai. 

Mengingat bahwa saat itu gay masih belum diterima masyarakat, Andrew Haigh, sang sutradara sengaja mengangkat dilema tersebut. Terjalin antara dua pria gay yang bertemu di sebuah bar, lalu menghabiskan semalaman bersama.

9. Cruel Intentions (1999)

https://www.youtube.com/embed/rwwMn3Y6rUA

Film karya Roger Kumble, yang awalnya diproduksi secara indie dengan budget rendah ini, ternyata sukses secara komersial. Meskipun menuai berbagai kritik, tetap mampu memikat perhatian kalangan anak remaja lewat cerita dan soundtracknya, sekaligus sukses menyabet penghargaan di berbagai ajang festival film. Kesuksesan ini pun akhirnya menjembatani peluncuran prequel Cruel Intention ke-2 dan 3. 

10. Mulholland Drive (2001)

https://www.youtube.com/embed/ohIPGrbnwYc

Film drama, misteri, thriller US tahun 2001 karya David Lynch ini masuk dalam jajaran 250 film hebat di IMDb, lho! David Lynch sendiri menyabet penghargaan Direktur Terbaik di Toronto, Cannes, dan Golden Globe. 

Film ini dikenal akan alur cerita yang mind-blowing dengan plot twist-nya yang beragam. Mulholland Drive  mengisahkan mengenai seorang permepuan (Naomi Watts) yang hilang ingatan karena kecelakaan, lalu akhirnya ditolong seorang artis Hollywood (Laura Harring). 

11. Atonement (2007)

https://www.youtube.com/embed/7iFyBOp5BSc

Film drama misteri romansa yang berlatar belakang perang tahun 1930an di Inggris ini, pernah menyabet Oscar untuk kategori Originial Score Terbaik. Atonement pasalnya mengisahkan seorang penulis perempuan muda umur 13 tahun bernama  Briony Tallis (Saooirse Ronan) yang menuduh kekasih kakak perempuannya, Robbie Turner (James McAvoy) melakukan pemerkosaan, yang sebenarnya tidak dilakukannya. Robbie yang sempat masuk penjara akhirnya dipertemukan kembali dengan Briony. 

12. Nine and A Half Weeks (1967)

https://www.youtube.com/embed/-3lKbMBab18

The Graduate mengangkat tema yang cukup kontroversial ke layar lebar, melalui kisah romansa sejati yang muncul akibat hubungan terlarang. Meskipun sempat menuai kontroversi, The Graduate sukses masuk dalam pelestarian U.S. National Film Registry di 1996, masuk jajaran Daftar 100 Film Terbaik versi American Film Institute di 1998, serta dinominasikan sejumlah kategori penghargaan Oscar.

13. Vicky Cristina Barcelona (2008)

https://www.youtube.com/embed/bO7iMQGQjhY

Film yang dibintangi bintang papan atas ini merupakan karya si jenius Woody Allen, peraih nominasi Best Original Screenplay paling banyak di ajang Academy Award. Vicky Cristina Barcelona juga merupakan karya Allen yang berhasil meraih ulasan positif dari kritikus. 

Penonton disuguhkan dengan hubungan cinta yang tidak logis antara tiga orang: satu pria (Javier Bardem) dan dua perempuan (Scarlett Johansson dan Rebecca Hall). Kedua perempuan yang berkepribadian dinamis itu akhirnya menjalin hubungan dengan pria tersebut, seorang pelukis yang barusan bercerai dengan istrinya. Kisah ini berlatar belakang di Spanyol, negara yang dikenal sangat eksotis dan romantis. 

14. Body Heat (1981)

https://www.youtube.com/embed/Wz-Pf9_SKeI

Body Heat, salah satu garapan sutradara Lawrence Kasdan yang mampu meraih rating 7.4 di IMDb. Film ini berpusat pada perselingkuhan seorang pengacara, Ned Racine (William Hurt) dengan Matty Walker (Kathleen Turner), seorang istri dari pengusaha kaya raya.

Kisah mereka dimulai ketika Matty merusaha membujuk Ned untuk membunuh suaminya, agar mereka bisa mencuri keuntungannya dan hidup bersama. Tak lupa juga, Ned menunjukkan daya tarik seksualnya untuk membujuk Ned. 

15. Unfaithful (2002)

https://www.youtube.com/embed/T75ZKjYDT64

Salah satu film yang dibintangi Diane Lane, Richard Gere, dan Olivier Martinez sebagai pemeran utama yang mengangkat kisah pilu sebuah perselingkuhan. Unfaithful menunjukkan sebuah keluarga bahagia, dimana suaminya rajin bekerja. Ketika mengetahui kebenaran dibalik perselingkuhan istrinya, ia pun secara emosional membunuh pria tersebut.

Di balik film thriller yang menyelipkan adegan panas ini, ternyata mampu meraih berbagai penghargaan, lho. Salah satunya adalah nominasi Oscar bagi Diana Lane, sebagai Aktris Terbaik. 

Itulah sederetan judul film semi paling hot terbaik sepanjang masa, Bela. Beberapa memang terkenal cukup kontroversial, namun berhasil meraih penghargaan ternama, lho. Jadi, apakah Bela siap menontonnya?

Baca Juga: Tak Hanya Menonjolkan Adegan Ranjang, Ini 10 Film Semi Asia Terbaik

Baca Juga: Nontonnya Bikin Deg-Degan, Ini 7 Film Semi Tiongkok Terbaik

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Semi Korea dengan Adegan Panas Paling Menarik