Apa kamu termasuk salah satu orang yang sering mengeluhkan betapa cepatnya uangmu habis, Bela? Apa kamu juga sering kebingungan, kemana saja lembaran-lembaran rupiah tadi pergi? Mungkin semua orang di dunia ini pernah punya pikiran serupa. Untuk itulah, Grant Sabatier dalam blog keuangan pribadinya Millennial Money, menuliskan bahwa orang Amerika menghabiskan 70% penghasilannya untuk membayar tiga hal di bawah ini. Jangan khawatir, ini tak jauh berbeda dengan kita yang ada di Indonesia.

Biaya sewa

 
Alangkah lebih baik dan hematnya kalau seseorang memilih untuk membayar uang muka untuk membeli rumah, dibanding terus membawar biaya sewa rumah kontrakan setiap tahunnya. Tapi biasanya justru pilihan mengontraklah yang banyak diambil oleh kebanyakan orang, tak terkecuali pasangan muda yang baru menikah di Indonesia. Padahal, membeli rumah dengan mencicil juga merupakan investasi jangka panjang yang lebih bijaksana ketimbang hanya menyewanya saja. Harga tanah dan rumah juga terus meningkat setiap tahunnya, begitu juga harga sewa. Pikirkan lagi ya, mau terus sewa atau beli?

Makanan dan minuman

 
Survei terbaru menemukan, bahwa rata-rata 20-30 kali pengeluaran dalam seminggu dihabiskan untuk makanan. Untuk membeli makan siang atau jajanan selama hari kerja misalnya, atau memesan makanan saat akhir pekan di saat sedang malas memasak. Kalau ingin mengurangi pengeluaran dalam hal ini atau berhemat, sudah pasti jawabannya adalah belanja bahan dan memasak makananmu sendiri. Selain itu, takaran gizinya pun bisa kamu atur sesuai keinginan dan kebersihan makanan lebih terjamin dibanding membeli dari luar. Kamu sekarang tahu kan jawabannya, kenapa bisnis kuliner tidak akan pernah sepi pembeli?

Transportasi

 
Satu lagi yang menjadi tren dunia saat ini, termasuk juga bagi orang Indonesia, yaitu traveling atau jalan-jalan. Bahkan, menurut beberapa survei, di tahun 2015 lalu, sekitar 64% belanja online  yang dilakukan oleh orang Indonesia adalah untuk pemesanan tiket, entah itu pesawat ataupun kereta api. Jadi jangan heran jika transportasi jadi salah satu pengeluaran manusia kebanyakan di zaman ini. Belum lagi uang transportasi atau bensin untuk kamu beraktivitas sehari-hari. Kalau mau memangkasnya, mungkin kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau bahkan bersepeda.

Itulah tiga hal yang menjadi pembelanjaan terbesar kebanyak orang modern di zaman ini. Apa kamu keberatan untuk mengurangi pengeluaran dalam tiga hal ini, Bela?

BACA : 5 Tips Mengatur Keuangan ala Wanita Modern