Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Persiapan dan Perlengkapan Umrah untuk Perempuan Biar Ibadah Paripurna

Jangan sampai ada yang tertinggal

Zikra Mulia Irawati

Ada beberapa persiapan dan perlengkapan umrah untuk perempuan. Menuju ke Tanah Suci, hal-hal seperti ini harus kamu ketahui agar seluruh rangkaian ibadah nantinya menjadi paripurna dan diterima oleh Allah SWT.

Sembari menabung biayanya, di bawah ini Popbela mau kasih tahu kamu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah. Yuk, simak!

1. Pakaian ihram

instagram.com/jessicaanastasya20

Pakaian ihram untuk perempuan tidak memiliki ketentuan khusus seperti pakaian ihram laki-laki. Hanya saja, pakaian yang digunakan hendaknya tidak mencolok. Syarat terpenting, pakaian tersebut harus menutup aurat, seperti halnya mukena. Dengan alasan kebersihan, sebaiknya kamu membawa 2–3 pasang untuk digunakan secara bergantian, ya!

2. Perlengkapan ibadah

pexels.com/RODNAE Productions

Tujuan utama perjalanan suci ini sudah tentu untuk beribadah, bukan? Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membawa beberapa perlengkapan ibadah, seperti Alquran, buku doa, tasbih, hingga mukena pribadi.

3. Pakaian lainnya

instagram.com/larissachou

Untuk kegiatan di luar ibadah umrah, kamu bisa menggunakan pakaian pribadi yang sesuai dengan syariat Islam. Menghadapi suhu udara di Baitullah yang panas di siang hari, sebaiknya pilih pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik. Tak lupa, bawalah jaket karena udara malam di sana cukup dingin.

Pakaian yang tak kalah penting dibawa oleh jamaah umrah perempuan adalah pakaian dalam. Bawalah dalam jumlah sesuai yang kamu butuhkan. Jaga selalu kebersihannya agar ibadah yang kamu lakukan tetap sah, ya, Bela!

4. Perlengkapan kebersihan diri

calpaktravel.com

Beberapa perlengkapan kebersihan diri yang tak boleh dari bawaan selama umrah antara lain sabun cair, shampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Pilih kemasan travel size agar tidak membuat tas terlalu penuh. Selain itu, bawa juga pembalut sebagai antisipasi kalau kamu menstruasi di sana.

5. Obat pribadi

medlineplus.gov

Obat-obatan merupakan salah satu kebutuhan paling pribadi karena penyakit yang dialami masing-masing jamaah berbeda. Okeh karena itu, sempatkan untuk mengecek persediaan obat kamu sebelum berangkat, ya. Jangan sampai, rencana kamu untuk beribadah harus tertunda atau bahkan batal karena penyakit yang tiba-tiba kambuh di sana.

6. Kacamata, sunscreen, masker

instagram.com/rey_mbayang

Sudah bukan rahasia lagi kalau Baitullah punya cuaca yang cukup terik di siang hari. Untuk meminimalisir efek buruk sinar matahari, sediakan kacamata dan sunscreen. Dalam situasi pandemi ini, bawa juga masker yang sekaligus bisa berfungsi untuk menghalau debu masuk ke saluran pernapasan.

7. Alas kaki yang nyaman

chacos.com

Dalam Islam, kaki masih terhitung aurat bagi perempuan. Maka, sertakan kaus kaki dalam list barang bawaan. Pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman juga karena perjalanan ibadah umrah akan membuat kamu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

8. Tas kecil

instagram.com/zaskiasungkar15

Supaya tidak menghalangi mobilitas, bawalah satu tas kecil untuk dibawa bepergian. Masukkan barang-barang yang kamu rasa penting, seperti ponsel, uang, obat-obatan, atau yang lainnya.

9. Uang saku secukupnya

visitsaudi.com

Untuk urusan uang saku, bawalah secukupnya saja, ya. Jangan lupa membeli beberapa buah tangan untuk orang-orang terkasih di Tanah Air. Biasanya, oleh-oleh yang sering dibawa adalah air zamzam, kurma, kacang arab, tasbih, dan masih banyak lagi. Cicipilah juga kuliner khas Arab selagi di sana.

Semoga suatu saat nanti kita semua diberikan kesempatan untuk bertamu ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah umrah, ya, Bela. Aamiin.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration