Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film & Serial TV Paling Banyak Dicari di Google 2023, Sudah Nonton?

Alur ceritanya ramai dibahas di media sosial

Zikra Mulia Irawati

Google mencatat ada 10 film dan serial TV yang paling banyak dicari sepanjang 2023. Tahun ini memang menjadi periode yang cukup berwarna bagi industri sinema, baik lokal maupun mancanegara. Masalah sosial yang dikemas menjadi sebuah karya membuatnya ramai dibahas di berbagai media sosial.

Kira-kira film dan serial TV apa saja yang paling menarik minat masyarakat tahun ini? Simak daftar dan sinopsisnya di bawah ini, yuk!

1. Gadis Kretek

Tanggal rilis: 2 November 2023
Sutradara: Kamila Andini & Ifa Isfansyah

Gadis Kretek merupakan serial Netflix yang diangkat dari novel karya Ratih Kumala. Penonton dibawa menelusuri dinamika industri kretek di era 1960-an bersama Dasiyah alias Jeng Yah (Dian Sastrowardoyo) sebagai tokoh utama. Serial ini mengisahkan ambisi Jeng Yah menjadi peracik saus kretek terbaik dengan segala lika-liku kehidupannya. Kisah cintanya yang melibatkan Soeraja (Ario Bayu) dan Seno (Ibnu Jamil) menciptakan kesan tersendiri di benak penonton.

2. Petualangan Sherina 2

Tanggal rilis: 28 September 2023
Sutradara: Riri Riza

Petualangan Sherina yang booming pada tahun 2000 dibuatkan film sekuel dengan pemeran utama yang sama, Sherina (Sherina Munaf) dan Sadam (Derby Romero). Sherina yang bekerja sebagai jurnalis ditugaskan meliput isu lingkungan hidup di Kalimantan. Ia kembali bertemu dengan Sadam yang telah menjadi manajer program di sebuah LSM konservasi di sana. Tak disangka, keduanya menghadapi sebuah kasus pelik dan harus bekerja sama untuk menemukan jalan keluar.

3. One Piece Live Action

Tanggal rilis: 31 Agustus 2023
Sutradara: -

Cerita One Piece karya Eiichiro Oda akhirnya memiliki versi live action. Netflix bekerja sama dengan Matt Owens dan Steven Maeda agar serial berjumlah delapan episode ini tereksekusi dengan baik. Adapun pemeran yang ditunjuk tak semuanya berasal dari Jepang. Namun, Iñaki Godoy, Emily Rudd, Mackenyu, Jacob Romero Gibson, dan Taz Skylar mampu menunjukkan chemistry yang tidak mengecewakan penggemar setia cerita ini.

4. Barbie

Tanggal rilis: 21 Juli 2023
Sutradara: Greta Gerwig

Barbie tahun ini juga akhirnya memiliki versi live action. Film ini banyak dibicarakan karena mengangkat isu yang cukup penting, misalnya perjalanan menemukan identitas diri. Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken pun menunjukkan kualitas akting yang juara!

5. Induk Gajah

Tanggal rilis: 23 Maret 2023
Sutradara: Muhadkly Acho

Di Indonesia, upaya perjodohan masih banyak terjadi. Hal inilah yang coba diangkat oleh serial Induk Gajah dengan Ira (Marshanda) sebagai tokoh utama. Serial yang tayang di Prime Video ini kental dengan budaya Batak dan memiliki sejumlah adegan ikonik yang viral di media sosial. Pantas saja serial ini jadi salah satu yang paling banyak dicari di Google 2023, ya?

6. Sewu Dino

Tanggal rilis: 19 April 2023
Sutradara: Kimo Stamboel

Setelah KKN di Desa Penari, thread horor yang diunggah oleh akun SimpleMan lagi-lagi diangkat ke layar lebar. Film Sewu Dino yang mengumpulkan lebih dari 4,8 juta penonton ini bercerita tentang Della Atmodjo (Gisellma Firmansyah) yang terkena kutukan sewu dino/seribu hari hingga tak sadarkan diri di sebuah gubuk di tengah hutan.

Cerita kian menegangkan ketika Sri (Mikha Tambayong), Erna (Givina Lukita Dewi), dan Dini (Agla Artalidia) ditugaskan untuk memandikan Della di gubuk tersebut. Jika ingin selamat, ketiganya tidak boleh melanggar aturan hingga hari ke-1.000.

7. Budi Pekerti

Tanggal rilis: 2 November 2023
Sutradara: Wregas Bhanuteja

Sebelum resmi tayang di bioskop Tanah Air, film Budi Pekerti sudah mencuri perhatian dengan menyabet 17 nominasi di Festival Film Indonesia 2023. Kisah sebuah keluarga beranggotakan Prani (Sha Ine Febriyanti), Didit (Dwi Sasono), Muklas (Angga Yunanda), dan Tita (Prilly Latuconsina) ini sarat dengan berbagai isu sosial yang tengah maraknya penggunaan media sosial. Keunikan cerita di balik layar film ini pun membuat banyak orang mencari tahu lebih jauh di kolom pencarian Google.

8. The Last of Us

Tanggal rilis: 15 Januari 2023
Sutradara: Craig Mazin dan Neil Druckmann

The Last of Us menjadi serial Amerika yang paling banyak dicari di Google sepanjang 2023. Serial berjumlah 8 episode ini mengisahkan dunia yang diserang infeksi jamur massal yang membuat inangnya bertingkah seperti zombie. Dalam serial ini, dua pemeran asal Indonesia yaitu Christine Hakim dan Yayu Unru membuat penampilan yang cukup mengesankan dan melakukan dialog dalam bahasa Indonesia.

9. Oppenheimer

Tanggal rilis: 21 Juli 2023
Sutradara: Christopher Nolan

Kisah pembuat bom atom J. Robert Oppenheimer dibawa ke layar lebar oleh Christopher Nolan dengan judul Oppenheimer. Cillian Murphy ditunjuk untuk memerankan sosok penting tersebut. Selain itu, kehadiran nama aktor dan aktris ternama lainnya seperti Emily Blunt dan Robert Downey Jr. membuat film ini cukup banyak dibicarakan tahun ini.

10. Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso

Tanggal rilis: 28 September 2023
Sutradara: Rob Sixsmith

Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso jadi film/serial ke-10 yang paling banyak dicari di Google 2023 karena mengungkit kembali kasus kopi sianida yang sempat menghebohkan masyarakat pada 2016 lalu. Dokumenter yang tayang di Netflix ini menghadirkan berbagai pihak untuk menjawab hal-hal yang masih dinilai janggal dari penetapan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka kasus ini. 

Kamu sudah nonton yang mana saja, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration