Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ekspresi Reflektif Isyana Sarasvati Lewat Album 'ISYANA'

Ada lagu duet dengan sang suami

Zikra Mulia Irawati

Pandemi bagai sebuah kiamat kecil bagi sebagian orang, tak terkecuali Isyana Sarasvati. Sebagai hasil refleksinya, ia merilis album penuh keempatnya bertajuk ISYANA pada 26 Mei kemarin. Penyanyi asal Bandung ini mengungkap, ISYANA lahir dari proses bertahan yang dialaminya selama pandemi.  

Hadirnya ISYANA juga menjadi momen penting mengingat terakhir kali dirinya merilis album penuh LEXICON adalah 2019 lalu. Setiap elemennya memiliki cerita yang personal, bahkan untuk urusan pihak-pihak yang ia ajak berkolaborasi. Lebih lanjut, simak fakta menarik lainnya di bawah ini.

1. Terdapat 3 lagu baru

Photo by Babam Bramaditia

ISYANA secara keseluruhan berisi 11 track. Lima di antaranya merupakan bagian dari EP my Mystery yang diluncurkannya 17 Juni 2022 lalu. Terdapat tiga lagu baru, yaitu "UNDER GOD'S PLAN", "mindblowing!", dan "Home" yang merupakan hasil kolaborasinya dengan sang suami yaitu Rayhan Maditra (Mako). Semntara itu, tiga lainnya adalah track berisi percakapan berjudul "ISYANA", "Home - Stripped Version", dan "UNLOCK THE KEY (feat. Kenan Loui) - Electone Version".

Berikut urutan lengkap tracklist ISYANA:

  1. "Intro: If I Can Turn Back Time"
  2. "my Mystery"
  3. "Prelude I (feat. Mantra Vutura)"
  4. "IL SOGNO"
  5. "mindblowing!"
  6. "UNDER GOD’S PLAN"
  7. "UNLOCK THE KEY"
  8. "ISYANA"
  9. "Home"
  10. "Home - Stripped Version"
  11. "UNLOCK THE KEY (feat. Kenan Loui) - Electone Version"

2. Kembali gaet Mantra Vutura

Sejak awal menggarap albumnya pada 2020 lalu, Isyana bertekad bahwa Mantra Vutura harus masuk ke daftar kolaborasinya. Ia begitu terpikat dengan musik ciptaan duo beranggotakan Zakari Danubrata dan Tristan Juliano ini. Oleh karena itu, ia memulai pendekatan dengan saling mengakrabkan diri di grup obrolan.

Hasilnya, karya kolaborasi pertama mereka adalah "Prelude I" yang sudah dirilis dalam EP my Mystery. Masih penasaran ingin membuat satu lagu penuh dengan Mantra Vutura, Isyana menghadirkan "UNDER GOD'S PLAN" yang berdurasi 6 menit 52 detik.

Lagu terpanjang dalam diskografinya ini mememadukan genre rock progresif dan musik elektronik yang menjadi ciri khasnya dan Mantra Vutura. Uniknya, terdapat lirik berupa mantra-mantra yang diklaim sebagai bahasa Isyana.

3. "mindblowing!" sudah diperkenalkan sebelum resmi dirilis

Hanya dua pekan sebelum perilisan resminya, Isyana menampilkan lagu "mindblowing!" di The Other Festival untuk pertama kalinya. Kejutan ini tak ayal membuat para penggemarnya antusias. Masih mengusung musik rock progresif, penyanyi kelahiran 1993 ini memamerkan pesona vokalnya lebih luas. Lagu ini pun menyimpan kejutan lain dalam tabuhan drum, riff gitar, dan senandung yang berpotensi bikin terngiang-ngiang.

4. Cerita di balik dengan duet dengan suami

Salah satu bagian yang membuat album ini menyentuh hati adalah keterlibatan suami Isyana, Rayhan Maditra (Mako). Lagu "Home" tak cuma membawa kehangatan dari segi lirik dan melodinya, tetapi juga cerita di baliknya. Isyana mengungkap betapa terharunya ia karena sang belahan jiwa mampu menerjemahkan idenya tanpa banyak kata.

"Sebenernya lagu ini udah di pikiran aku udah lama, tapi aku nggak bisa nyelesaiin lagunya. Terus malem-malem aku lagi main piano, lagi coba-cobain chord-nya, suami aku tiba-tiba humming sebuah melodi dengan lirik yang kita bikin. Terus aku bilang, 'kayaknya ini yang aku maksud, deh,'" tuturnya dalam konferensi pers. 

Cerita tersebut rupanya juga tertuang dalam track "ISYANA" yang diletakkan tepat sebelum "Home" dalam tracklist albumnya. Coba dengarkan, deh, Bela. Mengandung bawang banget!

5. Media untuk kenali Isyana Sarasvati lebih dalam

Dok. SKY Entertainment

Album ISYANA yang memiliki sentuhan personal di sana-sini ini kemudian diklaim sebagai media untuk mengenal seorang Isyana Sarasvati lebih dalam. Masa sulit selama pandemi membuatnya melalui banyak hal. Apa-apa yang dipelajarinya, lantas tertuang dalam karya penting ini.

"Banyak yang bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya dari kiamat kecil ini yang membuat aku jadi manusia yang lebih dewasa lagi dan ternyata banyak perjalanan spiritual dan non spiritual yang aku dapatkan setelahnya,” ungkapnya.

Apa yang berasal dari hati, akan selalu sampai ke hati. Sang penyanyi yakin betul akan hal itu. ISYANA kini tersedia di berbagai platform streaming musik digital kesayangan kamu. Selamat mendengarkan!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration