Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Artis K-Pop Pengisi OST Anime, Dua Ras Terkuat di Bumi Bersatu!

Kamu hafal lagu yang mana saja, Bela?

Zikra Mulia Irawati

Apa jadinya jika artis K-pop jadi pengisi OST anime? Dua pasar hiburan Asia Timur ini memiliki jumlah penggemar yang sama banyaknya. Di media sosial, keduanya sampai disebut ras terkuat di bumi.

Namun, jumlah artis K-pop pengisi OST anime tidak bisa dibilang sedikit, lho. Jepang yang menjadi salah satu basis penggemar terbesar bagi sejumlah artis Korea, membuat kesempatan kolaborasi ini terbuka lebar. Kira-kira ada siapa saja, ya?

1. BoA

BoA bisa dibilang menjadi gerbang kejayaan musik Korea di Jepang. Ia bahkan lebih sukses di sana hingga dikira sebagai warga asli Negeri Sakura tersebut. Padahal, perempuan bernama asli Kwon Bo Ah ini merupakan Warga Negara Korea yang lahir di Gyeonggi, 5 November 1986.

Tak heran jika BoA akhirnya dipercaya untuk mengisi OST anime populer Inuyasha ("Every Heart") dan Fairy Tail ("Masayume Chasing"). Kamu hafal salah satunya, Bela?

2. TVXQ! (Tohoshinki)

Ledakan popularitas BoA di Jepang kemudian diikuti oleh artis satu labelnya, TVXQ! atau Tohoshinki. Grup yang awalnya beranggotakan U-Know Yunho, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, Xiah Junsu, dan Max Changmin ini punya basis penggemar besar di Jepang bernama BigEast. Bahkan hingga hari ini ketika membernya tersisa U-Know Yunho dan Max Changmin saja, tiket konser berskala stadium mereka selalu ludes terjual.

Dengan ketenaran tersebut, rasanya tak berlebihan ketika Tohoshinki akhirnya ditunjuk mengisi OST anime One Piece berjudul "Share The World!" sebagai opening dan "Asu Wa Kuru Kara" sebagai penutup. Kamu si penggemar berat cerita karya Eiichiro Oda ini pasti tahu lagunya.

3. Younha

Solois perempuan yang juga menjadi pengisi OST anime adalah Younha. Terhitung ada dua judul anime yang menampilkan suaranya, yaitu Bleach ("Houkiboshi") dan Kiba ("Hakanaku Tsuyoku"). Suaranya yang unik juga sempat membuat banyak orang salah mengira kalau penyanyi ini merupakan orang Korea.

4. 2PM

Di kalangan pencinta K-pop, 2PM lebih dikenal dengan lagu "Hands Up" atau "My House". Namun, penonton setia anime Blue Exorcist mungkin lebih mengenal mereka sebagai pelantun "Take Off" yang diputar di bagian ending.

Cerita karya Kazue Kato ini berkisah tentang Rin yang baru mengetahui bahwa saudaranya Yukio ternyata merupakan anak iblis. Sebagai perlawanan, Rin akhirnya belajar menjadi seorang eksorsis di True Cross Academy.

5. F.T. Island

Ozuma atau OZMA adalah anime yang menggambarkan kerusakan bumi akibat aktivitas abnormal matahari. Mengiringi kisah penuh tantangan ini, F.T. Island menyanyikan lagu rock upbeat "Neverland" sebagai OST. Oh ya, band ini berencana mampir ke Jakarta untuk pertama kalinya setelah debut pada 16 Maret nanti, lho! 

6. Kim Jaejoong (J-JUN)

Hengkang dari Tohoshinki tak membuat nama Jaejoong lantas meredup di Jepang. Sebaliknya, ia malah cukup aktif berkarier di sana dengan nama J-JUN. 

Salah satu proyeknya yang cukup menarik perhatian adalah menjadi pengisi OST anime Noblesse, "Breaking Dawn". Kisah yang mulanya berawal dari webtun Korea ini bercerita tentang Raizel, bangsawan berumur panjang yang mengalami tidur panjang. Saat bangun, ia harus belajar beradaptasi dengan dunia modern.

7. Stray Kids

Stray Kids yang debut pada 25 Maret 2018 menjadi idola masa baru di Jepang. Mengawali 2024, grup dengan total delapan anggota ini memperoleh dua sertifikasi Gold dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ) berkat lagu "S-Class" dan "Thunderous" yang telah melampaui angka 50 juta streaming.

Popularitas Stray Kids di Jepang kian dibuktikan dengan proyek dua OST anime Tower of God. Lagu berjudul "Top" diputar untuk opening dan "Slump" untuk ending. Anime ini berkisah tentang Bam, yang kehilangan seorang teman bernama Rachel di sebuah menara misterius.

8. TXT

Black Clover merupakan salah satu judul anime Jepang yang populer. Selain anime, cerita tentang Asta dan Yuno yang ingin menjadi Raja Penyihir ini telah disajikan dalam berbagai media seperti novel, manga, film, hingga game. 

Sungguh sebuah kesempatan emas melihat TXT dipercaya sebagai pengisi lagu opening ke-12 Black Clover yang berjudul "Everlasting Shine". Selain itu, grup asal BigHit Music ini juga menyanyikan lagu opening musim kedua anime World Trigger, "Force".

9. TREASURE

Grup K-pop generasi keempat yang juga ditunjuk sebagai pengisi OST anime Black Clover adalah TREASURE. Bedanya, grup YG Entertainment ini menyanyikan lagu penutup ke-13 bertajuk "Beautiful". Untuk versi film Black Clover The Movie: Sword of the Wizard King (2023), mereka kembali menyumbangkan suara dengan lagu "Here I Stand". Sugoi!

10. ENHYPEN

Saat masih rookie, ENHYPEN melakukan debut di Jepang dengan mengisi OST anime Re-Main, "Forget Me Not". Mereka merilisnya bersamaan dengan lagu "Given-Taken" dan "Let Me In (20 Cube)" versi Jepang.

Re-Main sendiri merupakan anime yang menceritakan Minato Kiyomizu, pelajar yang mengalami kecelakaan lalu koma. Ia lupa ingatan dan mengetahui kalau ia sebelumnya pernah menjadi atlet polo air. Dalam proses bangkitnya, ia lalu kembali belajar dan berusaha meraih kembali masa kejayaannya.

Selain nama-nama di atas, artis K-pop mana lagi yang juga pernah menjadi pengisi OST anime? Tambahin di kolom komentar, yuk, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration