Sedang ramai dibicarakan, anime SPY x FAMILY berhasil menarik banyak penonton sejak tayangan perdananya. Berasal dari manga asal Jepang, SPY x FAMILY ditulis dan diilustrasikan oleh lulusan Ibaraki Kenritsu Koga Daisan High School, Tatsuya Endo.

Di negara asalnya, SPY x FAMILY berhasil ditonton hampir tujuh juta orang pada episode pertama. Penjualan manga pun mengalami kenaikan yang tercatat sudah terjual lebih dari 17 juta kopi. Bukan hanya di Jepang, para penggemar di Indonesia pun selalu menantikan episode terbaru anime garapan Wit Studio dan CloverWorks ini.

Mengajak Takuya Eguchi sebagai pengisi suara Loid Forger, Atsumi Tanezaki sebagai Anya dan Saori Hayami sebagai pengisi suara Yor Briar, SPY x FAMILY telah memasuki episode kelima sejak Sabtu (7/05/2022). Merupakan serial terbesar di Jepang yang sedang banyak ditonton saat ini, apa yang membuat SPY x FAMILY begitu populer?

1. Ide cerita 'SPY x FAMILY'

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu PopulerYouTube/Crunchyroll Collection

Bersama Shihei Lin sebagai editor, SPY x FAMILY lahir dan menjadi manga yang sangat populer di berbagai kalangan usia. Akrab disapa Mr. Lin, SPY x FAMILY merupakan projek ketiga yang dikerjakannya bersama Tatsuya Endo.

Melansir dari situs MANGA Plus by SHUEISHA, Mr. Lin mengisahkan awal mula hadirnya SPY x FAMILY. Sebelumnya, Tatsuya Endo telah menerbitkan tiga one-shot untuk Jump Square—sebuah majalah manga bulanan di Jepang—berjudul Rengoku no Ashe, Ishi ni Usubeni dan I SPY.  

Menggabungkan ide dari ketiga judul tersebut, pada akhirnya SPY x FAMILY hadir. Desain karakter Anya sendiri terinspirasi dari karakter utama Rengoku no Ashe di Jump Square.

2. Awalnya terbit di majalah online

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu Populertwitter.com/_tatsuyaendo_

SPY x FAMILY telah hadir dalam 9 volume manga yang sebelumnya diterbitkan setiap dua minggu sekali pada situs majalah online Shōnen Jump+ sejak 25 Maret 2019.

Rilis setiap hari senin, perusahaan penerbitan Shueisha Inc. mengumpulkan lebih dari 60 bab dan menjadikannya beberapa volume manga, sekaligus menerbitkan SPY x FAMILY dalam seri berbahasa Inggris di aplikasi dan situs Manga Plus.

Di Indonesia sendiri penggemar sudah terdapat membeli versi cetak manga SPY x FAMILY terbitan PT Elex Media Komputindo.

3. Jalan cerita yang unik

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu PopulerYouTube/Crunchyroll Collection

Memiliki jalan cerita yang cukup unik, SPY x FAMILY berkisah pada misi baru Twilight, Operasi Strix. Twilight sendiri merupakan agen mata-mata yang mendapat tugas mendekati politikus Donovan Desmond.

Terkenal karena tertutup dan selalu menaruh rasa curiga, satu-satunya cara agar Twilight mampu dekat dengannya adalah dengan mendaftarkan anaknya ke dalam sekolah swasta elit yang sama dengan anak Donovan, sehingga dia dapat berpura-pura dekat sebagai orang tua. 

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu PopulerYouTube/Crunchyroll Collection

Mengadopsi anak bernama Anya, Twilight memiliki identitas baru bernama Loid Forger seorang psikiater. Untuk menciptakan sebuah keluarga sempurna, Loid menikahi seorang perempuan bernama Yor Briar.

Meski berhasil menciptakan keluarga, namun Loid belum mengetahui jika Anya dapat membaca pikiran dan Yor sebenarnya bukan perempuan biasa, melainkan seorang pembunuh bayaran.

4. Sisipan komedi tiap episode

Sebagai penulils, pengarang dan ilustrator, Tatsuya Endo telah menerima banyak pujian untuk komedi yang dihadirkan dalam SPY x FAMILY .

Tatsuya berhasil memasukan banyak lelucon seputar keluarga Loid Forger yang mencoba mengatasi situasi normal—yang menjadi tidak normal untuk mereka. 

Penggemar manga dan anime dapat melihat bagaimana Loid harus menghadapi Yor yang ekspresif namun canggung, serta Anya yang selalu memberikan reaksi di luar dugaan. 

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu PopulerYouTube/Muse Indonesia

Di luar komedi yang dimasukkan, Tatsuya berhasil menggambarkan berbagai macam ekspresi yang memberikan seri ini nilai tambah. Serta penggambaran dalam detail adegan aksi—baik di manga maupun anime—yang membuat kamu sulit melepaskan pandangan.

5. Akan menghadirkan lebih banyak karakter

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu Populertwitter.com/spyfamily_en

Baru berjalan selama lima episode, anime SPY x FAMILY masih berfokus pada keluarga baru Loid Forger dan misi Operasi Strix. Bagi yang telah membaca manga pasti mengetahui jika ke depannya akan banyak muncul karakter baru.

Contohnya, Yuri Briar yang diketahui sebagai adik dari Yor Briar, serta Bond Forger hewan peliharaan keluarga Forger yang dapat melihat masa depan. Tentunya, kehadiran para karakter baru akan membuat jalan cerita semakin seru dan menegangkan.

6. Memiliki soundtrack yang juga populer

https://www.youtube.com/embed/CbH2F0kXgTY

Seperti pada anime pada umumnya, SPY x FAMILY memiliki lagu opening dan ending yang berbeda. Lagu tema pembuka milik SPY x FAMILY berjudul “Mixed Nuts” yang dinyanyikan Official HiGE DANdism.

Seperti yang diketahui jika Official HiGE DANdism telah melahirkan banyak lagu hits, salah satunya “Cry Baby” yang merupakan OST dari anime Tokyo Revengers

Untuk lagu penutup, SPY x FAMILY memilih “Kigeki” yang dinyanyikan oleh Gen Hoshino, seorang penyanyi dan penulis lagu yang telah menerima sertifikat RIAJ (Recording Industry Association of Japan).

7. Berhasil meraih banyak penghargaan

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu Populertwitter.com/officialhige

Bukan hanya populer, manga SPY x FAMILY berhasil menerima beberapa penghargaan dan masuk ke dalam berbagai nominasi.

Belum lama dirilis, SPY x FAMILY  menerima penghargaan Manga Web Populer di Jump+ (2019), Kono Manga ga Sugoi! 2020 untuk kategori Best Manga for Male, Tsutaya Comic Award 2020, urutan kedua Manga Taishou 2020, serta masuk ke dalam nominasi 44th Kodansha Manga Award dan Tezuka Osamu Cultural Award.

Bahkan, SPY x FAMILY masuk ke dalam nominasi Best Manga dalam acara Harvey Awards 2021—penghargaan komik internasional di Amerika Serikat. Selain itu, manga ini juga masuk ke dalam nominasi penghargaan Eisner 2021, namun sayang tidak memboyong pulang trofi.

7 Fakta Anime 'SPY x FAMILY' yang Menjadikannya Begitu Populertwitter.com/spyfamily_en

Di antara rahasia besar milih Loid, Yor dan Anya, kapan semua akan terbongkar? Bagaimana kelanjutan Operasi Strix? Akan ada kejutan apa lagi di episode selanjutnya?

Kamu dapat menemukan semua jawaban dengan menonton anime SPY x FAMILY melalui situs streaming online Netflix dan Vidio yang akan tayang setiap hari Sabtu. Jangan sampai ketinggalan keseruannya, Bela!

https://www.youtube.com/embed/3qOSlDLnh94

Baca Juga: Berkat Duo Fujiko Fujio, 6 Judul Anime Ini Terkenang di Hati

Baca Juga: 10 Jajaran Film Anime Terbaik, Meraup Keuntungan Fantastis

Baca Juga: 10 Anime Populer Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton