Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film Bollywood yang Pasangkan Shah Rukh Khan & Kajol, Legendaris!

Kira-kira kapan mereka bisa main film bareng lagi, ya?

Zikra Mulia Irawati

Aktris Bollywood, Kajol, mengenang 30 tahun perilisan proyek kolaborasi pertamanya dengan Shah Rukh Khan (SRK). Film berjudul Baazigar tersebut dirilis pada 12 November 1993. Sukses menggaet hati penonton, dua bintang ini kemudian jadi lebih sering dipasangkan dalam film-film yang tak kalah populer.

Hingga hari ini, setidaknya ada tujuh film yang memasangkan Kajol dan Shah Rukh Khan. Mungkin tak banyak Gen-Z yang mengetahuinya karena film-film tersebut kebanyakan dirilis pada era 1990-an hingga awal 2000-an. Namun, kalau kamu tertarik menambahkan film Bollywood ke dalam watching list, simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Baazigar (1993)

twitter.com/itsKajolD

Baazigar merupakan film romansa-thriller yang pertama kali memasangkan Shah Rukh Khan dan Kajol sebagai pemeran utama. Karya yang disutradarai oleh Abbas-Mustan ini membuat SRK perdana mendapatkan peran dengan sifat anti-hero.

Film ini menjadi box office karena meraup pendapatan hingga ₹320 juta padahal modalnya hanya ₹40 juta. Baazigar menceritakan tentang seorang lelaki muda bernama Ajay (SRK) yang bermaksud balas dendam kepada keluarga Priya Chopra (Kajol). Untuk melancarkan misinya, ia menyamar menggunakan identitas Vicky Malhotra.

2. Karan Arjun (1995)

cinemaexpress.com

Film kolaborasi Shah Rukh Khan dan Kajol yang kedua adalah Karan Arjun (1995). Mengusung genre melodrama-thriller, film yang juga dibintangi Salman Khan ini menjadi film terlaris kedua di India pada tahun tersebut. Proyek mereka lagi-lagi menjadi box office dengan meraup pendapatan yang ditaksir mencapai ₹450 juta.

Dari segi alur, film ini menyelipkan unsur fantasi dengan mengadopsi konsep reinkarnasi. Karan (Salman Khan) dan Arjun (SRK) merupakan kakak-beradik yang kembali terlahir bersaudara. Keduanya memiliki misi balas dendam kepada sang paman yang serakah sampai membunuh ayah mereka.

3. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

koimoi.com

Dilwale Dulhania Le Jayenge atau DDLJ merupakan drama musikal romansa yang menjadikan Shah Rukh Khan dan Kajol sebagai pemeran utama. Keduanya dikisahkan sebagai dua anak muda dari India bernama Raj dan Simran yang saling tertarik saat berlibur ke Eropa. Sayangnya, kisah mereka tak berjalan mulus karena ada janji masa lalu di dalam keluarga Simran. Film ini sukses besar dengan meraup pendapatan hingga ₹2 miliar!

4. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Jika diminta menyebutkan satu lagu India, Popbela biasanya langsung teringat dengan "Kuch Kuch Hota Hai". Soundtrack dari film dengan judul yang sama ini kembali memasangkan Shah Rukh Khan dan Kajol sebagai bintang utama. Meski karya ini adalah debut Karan Johan (KJo) sebagai sutradara, hal tersebut tak menghalangi Kuch Kuch Hota Hai menerima penghargaan dari sejumlah ajang bergengsi, seperti 46th National Film Awards dan Bollywood Movie Awards.

5. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Terbukti sukses besar, Karan Johan kembali menyatukan Shah Rukh Khan dan Kajol dalam film arahannya, Kabhi Khushi Kabhie Gham. Tak tanggung-tanggung, film drama keluarga ini menggaet sejumlah nama besar lainnya seperti Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Hrithik Roshan, dan Kareena Kapoor. Tagline film ini begitu melekat di kalangan penonton, yaitu "it's all about loving your parents (ini semua tentang menyayangi orang tuamu)".

Deretan nama aktor dan aktris Bollywood terkenal yang terlibat membuat pembuatan film ini meraup budget yang cukup besar kala itu, sekitar ₹300–400 juta. Namun, investasi tersebut terbayar dengan timbal balik yang mereka tuai, seperti sambutan baik dari penonton, pendapatan hingga ₹1,36 miliar, hingga sejumlah piala penghargaan dari berbagai ajang ternama.

6. My Name Is Khan (2010)

npr.org

Shah Rukh Khan dan Kajol dipersatukan kembali dalam film garapan Karan Johan, My Name Is Khan. SRK berperan sebagai Rizwan Khan, pemeluk agama Islam yang mengidap sindrom Asperger. Kajol sendiri berperan sebagai istrinya, Mandira Rathod, yang beragama Hindu dan telah memiliki seorang anak bernama Sameer dari pernikahan sebelumnya.

Keluarga kecil yang mulanya baik-baik saja ini kemudian menghadapi konflik karena kejadian 11 September yang menimbulkan Islamofobia di kalangan masyarakat. Sameer yang menyandang nama Khan kemudian terbunuh meski tak bersalah. Di tengah kekalutannya, Mandira marah kepada Khan dan memintanya menemui Presiden Amerika Serikat untuk mengatakan, "my name is Khan and I'm not a terrorist."

7. Dilwale (2015)

ndtv.com

Terakhir kali Shah Rukh Khan dan Kajol disatukan dalam sebuah judul film adalah untuk Dilwale yang tayang akhir 2015 lalu. Secara komersial, film ini jelas untung besar karena meraup ₹3,76 miliar. Namun, kritikus film memiliki pandangan yang cukup beragam terkait film arahan Rohit Shetty ini. Sebagian memuji akting pemain, adegan aksi, tata musik, humor, hingga sinematografi yang digunakan. Namun, ada juga yang menganggap memiliki jalan cerita yang mudah ditebak.

Terlepas dari kritik tersebut, tak dapat dimungkiri bahwa proyek film yang menampilkan Shah Rukh Khan dan Kajol selalu laris di bioskop. Kira-kira, ada kemungkinan bagi keduanya untuk beradu akting lagi, nggak, ya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration