Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Ilustrasi Ini Sebagai Bentuk Kepedulian Bencana Kebakaran Australia

Semoga tidak terulang lagi

Tri Sintarini

Peristiwa kebakaran hutan di Australia yang tak kunjung padam telah mencuri perhatian dunia pada bulan Januari 2020 lalu. Sebagian besar korbannya adalah para hewan seperti Koala, Kangguru, Walabi dan lainnya. Bahkan akibat bencana ini kini populasinya terancam. Peristiwa ini ternyata menginspirasi banyak ilustrator dunia untuk mengekspresikan kesedihan mereka yang tertuang dalam 11 karya berikut.

1. Melalui akun instagramnya @anniko_story membagikan keprihatinannya tentang kebakaran di Australia yang tidak menunjukkan gejala akan segera berakhir. Ilustrasi ini merupakan caranya melepaskan emosi kesedihannya yang luar biasa

instagram / @anniko_story

2. Ilustrator asal Hong Kong @bonniepangart menuliskan kegelisahannya, "Kita bersama dalam hal ini. Planet yang indah ini adalah tempat yang kita semua sebut rumah, dan semua yang kita lakukan berdampak langsung padanya. Hati saya hancur di semua bencana ini, tetapi juga membuat saya lebih bertekad untuk melakukan bagian saya."

instagram /@bonniepangart

3. Pemilik akun @antonioilustrando mencoba menggambar ulang foto yang viral diberbagai media internasional yaitu kedua kangguru yang saling berpelukan. Ia menambahkan caption singkat, "Hatiku untuk Australia."

instagram / @antonioilustrando

4. Karya cantik @speto menggambarkan seekor koala yang sedih diantara hutan yang terbakar. Ia kemudian juga menambahkan caption di unggahannya, "Pray For Australia."

instagram / @speto

5. Ilustrator @xandra.m.stories menunjukkan keprihatinannya akan bencana kebakaran ini dalam caption, "25 orang. 1 miliar hewan. 25 ribu koala. 10,7 juta hektar. Jumlahnya masih meningkat. Saya tidak bisa diam, tetapi saya juga tidak bisa bergerak. Dunia ini semakin menakutkan setiap saat, semakin gelap, terbakar baik karena kebakaran atau perang..."

instagram / @xandra.m.stories

6. Ilustrasi @spaghettitoesdad ini menceritakan kisah pilu tentang kebakaran yang telah merenggut nyawa jutaan hewan dan telah melukai lainnya. Melalui ilustrasi ini ia mengajak orang banyak untuk mengunduhnya dengan tajuk, "Help The Animals of Australia" dan menggunakan hasil keuntungannya sebagai donasi untuk menyelamatkan para hewan.

instagram / @spaghettitoesdad

7. @ellejart melukiskan kondisi yang terjadi di Australia ini bukanlah murni dari alam, tetapi tentang bagaimana cerminan hubungan antara manusia dengan alam. Ia mengajak kita untuk bersama-sama menjaga alam dan binatang. Situasi itu ia wujudkan dengan ilustrasi seorang anak kangguru yang murung karena kehilangan ibunya

instagram / @ellejart

8. Ilustrasi indah karya @erhancihangiroglu melihat sisi lain peristiwa ini. Ia menceritakan seseorang yang dipeluk oleh seekor koala yang diibaratkan dunia lain. Ia menuliskan dalam unggahannya, "Tempat yang jauh lebih baik daripada di sana."

instagram / @erhancihangiroglu

9. Kegelisahan @kelogsloops ia ungkapkan dengan gambar seekor kangguru dan koala berpelukan. Ia mencoba menyuarakan bagaimana kebakaran telah menghancurkan rumah penduduk, melalap ratusan hektar dan merenggut nyawa jutaan hewan di Australia. Ia berharap semakin banyak orang yang peduli untuk mengatasi bencana ini

instagram / @kelogsloops

10. Ilustrator @sailev_art dalam postingannya mengutarakan ia mendukung konservasi satwa liar dengan cara donasi serta seni. Ia turut mengutip kata-kata mutiara dari Albert Einstein, "Lihatlah jauh ke alam, dan Anda kemudian akan memahami segalanya dengan lebih baik."

instagram / @sailev_art

11. Ilustrasi simpel karya @yvanduque yang menggambarkan ekspresi kesedihan ini ia lukis untuk kepentingan amal. Ia melelang gambar tersebut dan hasil donasi yang didapatkan akan diberikan untuk mengatasi bencana kebakaran Australia

instagram / @yvanduque

Semoga hal ini tidak terulang lagi ya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration