Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Ikut Acara Fun Run di Depok Bareng ISOPLUS dan RSUI

Pilihan weekend sehat untuk keluarga!

Puspita Ramadhani

Jika kamu sadari, ada begitu banyak komunitas olahraga yang bermunculan setelah pandemi berhasil terlewati. Peningkatan minat dalam berolahraga ini tentu sejalan dengan keinginan untuk membentuk gaya hidup yang lebih sehat.

Menyadari hal itu, ISOPLUS bersama RSUI mengajak warga Depok dan Jakarta untuk ikut merasakan olahraga lari dengan cara yang menyenangkan. Akan diadakan di hari libur, inilah manfaat, tips, dan cara mengikuti ISOPLUS RSUI fun run 2023!

1. Menguatkan massa otot

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Tubuh yang mempunyai massa otot yang terlatih, maka akan memudahkanmu dalam beraktivitas. Tubuh menjadi tidak mudah lelah, juga memperlambat penuaan lantaran tubuh yang selalu dilatih. 

Nah, dalam acara fun run ini, ISOPLUS dan RSUI mengajakmu untuk mulai membiasakan melatih tubuh dan massa otot. Dengan begitu, kamu akan merasakan manfaat baik dari massa otot jika dilakukan secara rutin.

"Kalau massa ototnya kecil, kita harus melatihnya dengan cara olahraga yang mengeluarkan banyak energi, salah satunya lari," ucap DR. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH, Direktur Rumah Sakit Universitas Indonesia.

2. Menjaga stabilitas pembuluh darah

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Olahraga lari tidak hanya dilakukan bagi mereka yang mempunyai tekanan darah normal. Kamu yang memiliki tekanan darah rendah atau cenderung tinggi, juga dapat melakukan olahraga ini, lho.

"Pembuluh darah itu saat kita lakukan olahraga yang agak berat seperti lari ini, justru akan menyebabkan tekanan darah kita menjadi baik. Baik itu yang tekanan darahnya rendah atau tinggi, bisa melakukan lari untuk mengembalikan tekanan normal pada pembuluh darah," sambung dr. Astuti.

Hanya saja, kamu perlu memerhatikan intensitas lari dan rentang waktu berolahraga. Sesuaikan dengan kemampuanmu, dan terus tingkatkan jika kamu sudah mulai terbiasa.

3. Menurunkan kadar stres

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Lari bisa secara langsung memberikan dampak pada kesehatan mental. Alasannya, pada saat berlari, tubuh akan melepaskan hormon kortisol, yakni hormon pemicu stres. Selain itu, tubuhmu juga akan melepaskan hormon endocannabinoid yang berperan aktif dalam memberikan perasaan tenang.

Tips memulai olahraga lari

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Tertarik untuk mencoba lari, namun merasa tidak mampu untuk melakukannya? Tenang, kamu bisa melakukan beberapa tips ini.

"Kita harus tentukan lebih dulu motivasi kita lari ini apa. Mau kurus? Mau sehat aja? Atau memang mau jadi juara? Dari situ, kita baru bisa menyusun program," ungkap Dardityo Santoso, seorang Race Director ISOPLUS RSUI RUN 2023.

"Bisa dimulai dengan jalan kaki dulu bagi yang belum pernah olahraga. Kemudian, ambil jarak yang kira-kira cukup di badan kita. Dari situ kita baru mulai naik pelan-pelan," sambungnya.

Cara mengikuti ISOPLUS RSUI RUN 2023

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Setelah mengetahui manfaat dan cara memulai olahraga lari, selanjutnya, kamu bisa mengikuti acara ISOPLUS RSUI RUN 2023. Akan digelar pada 8 Oktober 2023 mendatang, acara ini berlokasi di wilayah Universitas Indonesia, Depok. 

Tak hanya memilih lokasi yang strategis dan asri, kamu juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik yang telah disiapkan.

"Kita juga punya kategori berdasarkan rentang umur. Jadi nggak hanya sembarang memilih 10k atau 5k, tapi juga disesuaikan dengan usia dan kemampuan. Total hadiah untuk para pemenang itu Rp7 juta," kata Joshua Gunawan selaku Marketing Manager ISOPLUS.

Jika kamu berminat untuk mengikuti ajang lomba lari sekaligus seru-seruan bareng ini, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran di laman www.isoplusrun.com. Salam sehat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration