Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Serta Cara Mengaturnya

Jangan sampai salah membedakannya!

SEO Intern Popbela

Kegiatan manusia banyak dipengaruhi oleh sebuah motivasi. Dorongan itulah yang diwujudkan dalam bentuk kebutuhan dan keinginan. Lalu, apa perbedaan kebutuhan dan keinginan?

Pada dasarnya, pemenuhan kedua aspek tersebut merupakan bagian dari usaha manusia untuk bisa hidup sejahtera. Kebutuhan merujuk pada sesuatu yang mendasar dan perlu dilengkapi seseorang untuk bisa bertahan hidup.

Sedangkan keinginan mengacu pada hal-hal yang ingin dimiliki seseorang dan biasanya berbentuk sebuah hiburan untuk memenuhi ego manusia. 

Pada kenyataanya, masih ada banyak yang keliru memahami antara kebutuhan dan keinginan. Ini dia penjelasan serta perbedaan kebutuhan dan keinginan yang perlu kamu tahu.

Apa itu kebutuhan dan keinginan?

freepik.com/benzoix

Melansir economictopics, kebutuhan adalah tuntunan mendasar manusia yang harus dipenuhinya untuk bertahan hidup. Umumnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sandang, pangan, dan papan. Jika seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhan mendasarnya, dia tidak bisa bertahan hidup.

Sesuatu yang ingin dimiliki dalam kurun waktu tertentu merupakan pengertian dari keinginan. Biasanya, keinginan antara satu orang dengan yang lain bisa berbeda. Jika tidak dapat memenuhi keinginan, dia masih bisa bertahan hidup dengan baik.

Perbedaan kebutuhan dan keinginan

1. Kebutuhan terbatas, keinginan tidak terbatas

freepik.com/lifeforstock

Perbedaan kebutuhan dan keinginan yang pertama bisa dilihat dari jumlahnya. Total kebutuhan manusia terbatas karena hanya perlu memenuhi tiga kebutuhan mendasar.

Kebutuhan bisa bertambah sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya, kebutuhan akan produk dan fasilitas kesehatan untuk menunjang kesejahteraan seseorang.

Berbeda dengan kebutuhan, keinginan manusia jumlahnya tidak terbatas karena muncul dari kemauan seseorang untuk memiliki sesuatu. Keinginan bisa saja berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Misalnya, keinginan untuk membeli handphone keluaran terbaru.

2. Pengaruh kebutuhan dan keinginan dalam hidup

freepik.com/tirachardz

Perbedaan kebutuhan dan keinginan lainnya dapat dilihat dari pengaruhnya dalam hidup manusia. Kebutuhan harus dipenuhi manusia untuk bisa hidup damai dan aman. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan mendasar dapat menjamin hidup seseorang terhindar dari bahaya. 

Keinginan berakar dari hasrat manusia untuk memiliki sesuatu. Jika seseorang tidak memenuhi keinginannya, dia mungkin hanya akan merasa kecewa. Keinginan juga tidak mempunyai pengaruh yang besar dalam kelangsungan hidup manusia.

3. Kebutuhan tidak bisa ditunda, keinginan bisa ditunda

freepik.com

Berdasarkan tingkat urgensinya, kebutuhan menjadi hal pertama yang wajib dipenuhi dibandingkan dengan keinginan. Kamu tidak bisa menunda kebutuhan utama dalam hidup. Ketika kamu butuh makan dan minum, kamu harus segera memenuhinya. Jika tidak dipenuhi, kamu bisa sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Tidak seperti kebutuhan yang perlu dipenuhi secepatnya, keinginan bisa kamu tunda sewaktu-waktu. Hal tersebut dapat terjadi karena tingkat urgensinya tidak terlalu penting. Selain itu, pemenuhan keinginan juga dipengaruhi oleh kondisi keuangan dan pemenuhan keperluan yang lebih penting lainnya.

4. Bedakan antara harus dengan ingin

freepik.com/asierromero

Kebutuhan merupakan sebuah keharusan yang perlu dipersiapkan manusia untuk bisa hidup. Kebutuhan yang kurang terpenuhi akan langsung terasa dampaknya. Oleh karena itu, kebutuhan menjadi sesuatu yang harus dimiliki setiap manusia.

Hal tersebut berbeda dengan keinginan. Kemauan atau hasrat untuk mempunyai sesuatu merupakan keinginan.

Setiap manusia pasti mempunyai ego untuk memiliki hal-hal yang ingin dibeli atau dicapainya. Oleh sebab itu, keinginan manusia bisa berbeda satu dengan yang lain.

5. Pengelompokkan kebutuhan dan keinginan

freepik.com

Terakhir, perbedaan kebutuhan dan keinginan yang bisa ditemukan adalah jenis barangnya. Kebutuhan bisa dibagi dari tingkat motivasi seseorang untuk memenuhinya. Terdapat tiga tingkatan kebutuhan yang diperkenalkan Maslow, yaitu kebutuhan dasar, psikologis, dan aktualisasi diri.

Pada awalnya, kebutuhan mendasar itu yang akan mendorong manusia untuk bisa hidup. Setelah hal tersebut terpenuhi, dua kebutuhan lainnya akan mendukung keberlangsungan hidup.

Keinginan biasanya ditemui dalam bentuk barang mewah, jasa atau barang kesukaan, dan objek yang berkaitan dengan hobi atau minat. Impian untuk berpergian ke suatu tempat juga termasuk dalam bentuk keinginan.

Cara mengatur keuangan

Pexels.com/Karolina Grabowska

Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, kamu harus menyiapkan anggaran yang sesuai. Tidak jarang antara kebutuhan dan keinginan bisa tidak seimbang karena hasrat manusia untuk membeli dan memiliki sesuatu yang tidak termasuk kebutuhan pokok.

Hal tersebut berakibat pada pemenuhan kebutuhan yang sifatnya wajib. Oleh karena itu, kamu harus menyusun anggaran untuk mencari tahu hal-hal yang kamu butuhkan dan inginkan dengan tepat. Berikut beberapa tips mengatur keuangan yang bisa kamu pakai.

  1. Catatlah jumlah total pendapatan kamu secara rutin
  2. Membuat daftar barang yang harus kamu beli dalam jangka waktu 1-3 bulan
  3. Menentukan jumlah pengeluaran yang ideal setiap satu bulan
  4. Rencanakan sejumlah uang yang ingin kamu belanjakan untuk memenuhi keinginanmu
  5. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung sebagai dana darurat.

Itulah penjelasan dari perbedaan kebutuhan dan keinginan serta cara mengatur anggarannya. Semoga bisa membantu ya, Bela!

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Inspiration