Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Keistimewaan Bulan Ramadan, Wajib Kamu Amalkan

Limpahan pahala dan ampunan dosa jika kamu lakukan

Romi Subhan

Telah memasuki pekan ketiga bulan suci Ramadan, momentum berkah yang masih memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan amal ibadah. Dalam bulan yang dianggap istimewa ini, terdapat berbagai keutamaan dan keistimewaan yang memperkaya nilai-nilai spiritual umat Muslim.

Kita semua tentu ingin merasakan keistimewaan bulan suci yang penuh rahmat ini. Di antaranya ada 10 keistimewaan dari bulan suci Ramadan berdasarkan hadits-hadits yang ada ya, Bela.

1. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Canva.com, edited by Romi Subhan

Ramadan merupakan bulan penuh berkah di mana pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, serta setan-setan dibelenggu. Adanya malam Lailatul Qadr atau malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini dengan beribadah sebanyak-banyaknya demi mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT.

2. Membebaskan para penghuni neraka

Canva.com, edited by Romi Subhan

Allah SWT membebaskan para penghuni neraka setiap malam di bulan Ramadan. Maka dari itu, pada bulan Ramadan ini kita dianjurkan untuk berdoa sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT agar dilindungi dan dijauhkan dari siksa api neraka.

3. Penebus dosa hingga datang Ramadan berikutnya

Canva.com, edited by Romi Subhan

Puasa di bulan Ramadan merupakan penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadan berikutnya. Hal ini tertuang dalam hadist HR Muslim yang bisa kamu baca pada gambar. 

4. Penebus dosa yang telah lalu

Canva.com, edited by Romi Subhan

Keistimewaan bulan Ramadan lainnya adalah dapat menebus dosa-dosa yang sudah kita lakukan sebelumnya, dengan syarat ikhlas dalam menjalani puasa. Maka dari itu, seberat apapun puasa yang kita jalani, apabila kita ikhlas, maka Allah SWT memberikan ganjaran yang setimpal.

5. Mendapat pahala seperti orang berpuasa

Canva.com, edited by Romi Subhan

Bulan Ramadan memang membawa berkah untuk semua. Salah satu keistimewaannya adalah barang siapa yang memberikan buka untuk orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala sebanyak orang yang berpuasa tersebut. 

6. Sedekah yang paling baik adalah sedekah di bulan Ramadan

Canva.com, edited by Romi Subhan

Sedekah yang paling baik adalah sedekah di bulan Ramadan. Allah SWT menjanjikan pahala yang berkali lipat untuk mereka yang gemar bersedekah di bulan Ramadan. Maka dari itu, perbanyak sedekah dan jangan ragu untuk berbagi kepada sesama.

7. Allah SWT mengampuni dosa hamba-Nya yang rajib ibadah

Canva.com, edited by Romi Subhan

Barang siapa yang banyak beribadah di bulan Ramadan, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Bulan Ramadan adalah bulan yang paling tepat untuk melakukan banyak ibadah. 

8. Doa orang berpuasa adalah doa yang mustajab

Canva.com, edited by Romi Subhan

Jangan ragu untuk berdoa sebanyak apapun di bulan Ramadan ini. Sebab, doa orang yang berpuasa adalah salah satu doa yang mustajab. Maka dari itu, perbanyak berdoa dan meminta hanya kepada Allah SWT. Sebab Allah SWT akan mengabulkan doa bagi mereka yang berpuasa.

9. Ganjaran bagi mereka yang membaca Alquran di bulan Ramadan

Canva.com, edited by Romi Subhan

Puasa serta membaca Alquran pada malam bulan Ramadan akan memberikan syafaat kepada orang yang mengerjakannya di hari kiamat nanti. Selain menambah pahala, Allah SWT juga akan memberikan syafaat bagi mereka yang rutin membaca Alquran di bulan Ramadan.

10. Mengerjakan ibadah umrah di bulan Ramadan, pahalanya seperti orang berhaji

Canva.com, edited by Romi Subhan

Keistimewaan bulan Ramadan lainnya adalah jika kita melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan, maka kita mendapatkan pahala seperti melakukan ibadah haji. Meski tentu agak berbeda, dari segi cuaca dan suhu pada siang hari hingga membuat puasa terasa lebih berat, Allah SWT telah menyiapkan ganjaran pahala yang begitu besar bagi kamu yang melaksanakan umrah di bulan Ramadan.

Itulah tadi keistimewaan bulan Ramadan yang patut kita ketahui. Semoga Ramadan ini kita bisa mendapat banyak keberkahaan. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration