Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 20 Lagu Indonesia yang Paling Populer di 2022 

Musik pop menguasai tangga lagu teratas

Nindi Widya Wati

Beragamnya musisi Indonesia terbilang menghadirkan banyak warna baru di industri musik Tanah Air. Apalagi, kalau melihat bakat dan kreativitas para musisi muda yang berhasil menciptakan lagu-lagu baru dan ternyata mengundang perhatian banyak orang.

Termasuk pada tahun 2022 ini hadir beberapa lagu Indonesia yang mendadak viral hingga akhirnya kerap berseliweran di media sosial hingga trending YouTube. Lagu tersebut populer, entah karena keindahan nadanya, lirik yang mendalam, ataupun keunikan suara yang dimiliki para penyanyinya.

Penasaran? Lantas, apa saja daftar lagu Indonesia yang paling populer di tahun 2022? Berikut Popbela telah merangkumnya khusus untukmu.

1. Lyodra, Andi Rianto - "Sang Dewi"

Karier musik Lyodra Margareta Ginting terlihat makin bersinar saat perempuan berdarah Medan ini berkolaborasi dengan Andi Rianto, menyanyikan ulang lagu "Sang Dewi" milik Titi DJ. Lagu yang dihiasi dengan nada-nada tinggi dari Lyodra ini bercerita tentang seseorang yang jatuh cinta, setelah sekian lama menutup pintu hati karena trauma di hubungan masa lalu.

Proses tak menghianati hasil, saat lagu ini rilis pada 12 Agustus 2022 di kanal YouTube Lyodra Official ternyata disambut baik oleh pendengarnya hingga mencapai 45 juta penonton. "Sang Dewi" makin populer saat kerap berseliweran di media sosial, bahkan dance TikTok "Sang Dew" juga pernah dipakai oleh beberapa idol K-pop seperti NCT hingga Treasure.

2. Soegi Bornean - "Asmalibrasi"

Manisnya cinta sepasang kekasih yang hendak menuju ke jenjang lebih serius karena sudah bisa saling mengisi kiranya tergambarkan lewat lagu "Asmalibrasi" oleh Soegi Bornean. Pemilihan judul lagu dan lirik yang cukup unik membuat banyak orang penasaran, apalagi kalau mengetahui lirik yang indah dan sangat puitis.

Lagu berdurasi 4:16 menit ini sebenarnya sudah rilis sejak 21 Juli 2019, namun pada tahun 2022 "Asmalibrasi" meroket naik di beberapa platform musik dan kerap menjadi sound video TikTok atau Reels Instagram. Bahkan, kalau melihat kanal MV Asmalibrasi di YouTube Soegi Bornean sudah ditonton sampai 36 juta kali.

3. Keisya Levronka - "Tak Ingin Usai"

Meski sempat kena cela warganet karena kesalahan teknik bernyanyi saat dibawakan off air, namun tak bisa dipungkiri kalau lagu bertajuk "Tak Ingin Usai" yang dinyanyikan Keisya Levronka memang begitu candu. Apalagi, kalau mendengar suara khas Keisya yang serak-serak basah lengkap dengan penghayatan begitu dalam.

Menurut perempuan berdarah Jawa Timur ini, lagu "Tak Ingin Usai" bercerita tentang hubungan yang diselesaikan sepihak karena tidak bisa dipaksakan, hingga membuat salah satunya merasa hancur. Dibalut dengan romansa cinta cukup pahit, ternyata membuat "Tak Ingin Usai" melejit hingga mencapai 164 juta penonton di YouTube Keisya Levronka.

4. Mahalini - "Kisah Sempurna"

Lagu "Kisah Sempurna" mempunyai makna spesial bagi Mahalini, karena menurutnya sebagai bentuk ungkapan syukur usai melewati beberapa rintangan dalam hidupnya. Mahalini pun berharap terciptanya lagu ini dapat relate dengan kehidupan para pendengarnya. 

Seperti doa yang menjadi kenyataan, ternyata "Kisah Sempurna" yang dirilis pada 22 April 2022 kini sudah mencapai 66 juta penonton di kanal YouTube Hits Records. Makin populer, saat banyak digunakan jadi sound TikTok.

5. Tulus - "Hati-Hati di Jalan"

Sudah tak perlu diragukan kalau Tulus membuat lagu, ibarat kata seisi bumi pasti akan merasa ikut terbawa ke dalam alunannya. Termasuk saat mendengar lagu "Hati-Hati di Jalan", bercerita tentang hubungan yang sebenarnya sudah cocok di antara satu sama lain namun harus berpisah karena takdir tak berjodoh. 

Lagu dari album Manusia ini rilis pada 3 Maret 2022 di kanal Youtube Tulus, sangat mengesankan ketika hanya dalam hitungan jam "Hati-Hati di Jalan" langsung trending sampai beberapa hari bertengger di Youtube Musik. Populernya lagu berdurasi 4:22 menit ini sampai 101 juta kali ditonton, dan sampai pernah dibawakan secara langsung oleh idol K-pop Taehyun TXT saat konser di Indonesia.  

6. Awdella - "Tertawan Hati"

Penyanyi pendatang baru Awdella menyita perhatian penikmat musik lewat nada tingginya di lagu "Tertawan Hati". Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang tak bisa lepas dari jeratan cinta, meski sedari lama sudah tersakiti. 

Lagu dari penyanyi asli Surabaya ini mendapat antusiasme cukup baik, bahkan beberapa minggu ini ramai menjadi sound yang berseliweran di TikTok. Kalau menilik pada kanal YouTube Hits Records, sebenarnya "Tertawan Hati" sudah rilis sejak lima bulan yang lalu dan kini mencapai 13 juta penonton.

7. Mario G Klau - "Semata Karenamu"

Mario G Klau salah satu penyanyi solo pria yang mencoba peruntungan kariernya dengan merilis lagu galau bertajuk "Semata Karenamu". Ia sebelumnya memulai karier bernyanyi sejak mengikuti ajang pencarian bakat pada tahun 2016 lalu. 

Lagu ini menceritakan seseorang yang sangat mencintai kekasihnya, walaupun ia selalu disalahkan. Ia tetap bertahan di dalam hubungan tersebut karena tak ingin berpisah dengan sang kekasih. Sejak MV "Semata Karenamu" dipublikasikan pada 1 April 2022 sudah mencapai 11 juta penonton di YouTube.

8. Feby Putri feat Fiersa Besari - "Runtuh"

Saat Feby Putri duet bersama Fiersa Besari kiranya menjadi kombinasi apik yang patut dinanti. Apalagi, saat mendengar karya mereka di lagu “Runtuh” yang ingin menunjukkan kepada pendengar bahwa tidak apa-apa untuk menangis dan bersedih. 

Feby Putri dan Fiersa Besari merupakan musisi bergenre pop indie dengan lagu-lagu populer sehingga banyak disukai oleh penikmat musik lokal. Hal ini terbukti, saat "Runtuh" yang dirilis pada akhir 2021 namun tetap bertengger di platform musik hingga penghujung tahun ini dan diputar lebih dari 52 juta kali.

9. Ziva Magnolya - "Pilihan yang Terbaik"

Ziva Magnolya berhasil membuat lagu dengan makna mendalam untuk para pendengarnya. Lagu “Pilihan yang Terbaik” sebagai lagu tentang sepasang kekasih yang sudah tak memiliki rasa cinta sekuat dulu, hingga tak merasakan kebahagiaan dalam hubungan tersebut. 

Rilisnya lagu "Pilihan yang Terbaik" pada 29 Juli 2022 masuk dalam album perdana Ziva bertajuk Magnolya. Kesuksesan lagu berdurasi 3:54 ini juga didukung peluncuran MV yang mencapai 20 juta penonton dengan model utama Ziva yang terlihat lihai bermain piano.

10. Yura Yunita - "Dunia Tipu-Tipu"

Penyanyi dengan sapaan Teh Yura memang kerap menyentuh hati pendengar lewat lagu-lagu ciptaannya. Apalagi saat memutar lagu bertajuk "Dunia Tipu-Tipu", sebuah lagu ungkapan bahagia kepada seseorang yang dianggap “spesial“ dalam hidup. 

Jika makna seseorang yang spesial dalam lagu ini, sebenarnya bisa ditujukan untuk pasangan (kekasih), orang tua (ibu atau ayah), keluarga (entah itu adik maupun kakak), kerabat maupun sahabat. "Dunia Tipu Tipu" masuk di dalam album bertajuk Tutur Batin dan sukses mencapai trending hingga 19 juta viewers di kanal YouTube YURA YUNITA.

11. Fabio Asher - "Rumah Singgah"

Lagu "Rumah Singga" mengisahkan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Ketika seseorang selalu merasa bahwa dirinya hanyalah “badut penghibur” yang dibutuhkan saat seseorang itu sedang sedih saja dan dilupakan di kala senang. 

Lagu berdurasi 4:06 menit ini diperdengarkan ke publik pada tanggal 5 Mei 2022 lewat kanal Youtube Fabio Asher. Pencapaian "Rumah Singgah" cukup bagus, karena belum genap satu hari diunggah sudah mendapatkan hampir seratus ribu viewers

12. Juicy Luicy - "Lantas"

Ada lagu berjudul "Lantas" yang dibawakan oleh Juicy Luicy, ini juga terbilang sebagai lagu yang sudah lama dirilis sekitar Agustus 2020 lalu. Keunikan lagu dari Juicy Luicy, meski liriknya bermakna patah hati namun nada lagu yang terbentuk terdengar sangat ringan. 

Kalau mendengar lagu "Lantas", sebenarnya bercerita tentang seseorang yang masih terjebak dengan cinta masa lalunya, padahal orang yang dicintainya sudah bersama orang lain. Akan hal tersebut, banyak orang merasa pernah atau sedang mengalami hal serupa dan akhirnya membuat lagu ini tembus sekitar 60 juta penonton di YouTube.

13. HAL - "L"

Terbilang sebagai lagu lawas, namun lagu bertajuk "L" yang dibawakan oleh seorang musisi Indie bernama HAL ternyata kembali naik di platform musik tahun ini. Diketahui, "L" adalah salah satu lagu dari album Perspektif yang diunggah di kanal YouTube Halstage pada 10 November 2017 lalu.

Secara garis besar, lagu berdurasi 3:39 menit ini bercerita tentang seseorang yang cintanya bertepuk sebelah tangan dan gagal move on. Adanya lirik dan nada yang sangat syahdu dalam lagu ini, membuat "L" didengarkan banyak anak muda apalagi saat menjelang tengah malam. 

14. Rizky Febian - "Hingga Tua Bersama"

Sejak terkenal karena lagu "Kesempurnaan Cinta", karier Rizky Febian di dunia tarik suara terlihat makin cemerlang. Bahkan, jika melihat lagu terbaru yang dirilis Rizky Febian berjudul "Hingga Tua Berama" sangat populer belakangan ini dan MV-nya diputar sampai 71 kali di YouTube.

Lagu ini sebenarnya rilis pada tahun 2021, menjelaskan tentang penyesalan dan harapan akan sebuah hubungan yang tidak sejalan, namun mereka masih saling mencintai. Meski sudah hampir satu tahun berlalu, lagu "Hingga Tua Bersam" ternyata tetap menjadi lagu favorit banyak orang dan bisa bersaing dengan lagu galau lainnya.

15. Tiara Andini - "Janji Setia"

Usai mengikuti ajang pencarian bakat dan memantapkan diri untuk terjun di industri musik Tanah Air, Tiara Andini tak henti-hentinya menuangkan ide dalam bermusik. Seperti yang terlihat belakangan ini, Tiara beberapa kali mengeluarkan lagu baru dan cukup menyita perhatian banyak orang. 

Lihat saja ketika single teranyar Tiara Andini bertajuk "Janji Setia" menjadi populer dan MV-nya diputar sampai 33 juta kali di YouTube. Di sisi lain, hal spesial dari pembuatan MV "Janji Setia" adalah turut melibatkan Alshad Ahmad yang notabene kekasih Tiara Andini sebagai modelnya.

16. Raissa Anggiani - "Kau Rumahku"

Lagu bertajuk "Kau Rumahku" dinyanyikan oleh Raissa Anggiani menyimpan banyak arti. Salah satunya, mendeskripsikan dua insan yang dipertemukan bersama untuk membangun sebuah kenyamanan dan kebahagiaan. 

"Kau Rumahku" rilis pada tanggal 10 Januari 2022, dan ternyata dilihat sampai 5,6 juta viewers di kanal YouTube Alfarecords. Bukan tanpa alasan, naiknya lagu berdurasi 4:36 menit ini karena dilengkapi dengan nada yang easy listening dan liriknya mudah terngiang di kepala. 

17. Budi Doremi - "Tak Kan Hilang"

Awal 2022 Budi Doremi kiranya membuat gagal move on warganet lewat lagunya bertajuk "Tak Kan Hilang" yang kerap berseliweran di laman sosial media. Secara gamblang lagu ini mengisahkan seseorang yang tak bisa melupakan kekasihnya meski sudah lama pergi. 

Jika kamu mendengar bagian reff lagu berdurasi 4:01 menit ini, maka akan merasakan betapa seseorang merasa telah menemukan cinta sejati hingga tak mudah tergantikan. Kesuksesan lagu "Tak Kan Hilang" makin terlihat saat menjadi original soundtrack film terbaru DJS The Movie: Biarkan Aku Menari yang dibintangi oleh Rey Bong dan Sandrinna Michelle.

18. Stevan Pasaribu & Brisia Jodie - "Ternyata Hanya Kamu"

Suara Brisia Jodie sepertinya selalu cocok jika disandingkan dengan lagu romansa percintaan. Termasuk saat Brisia Jodie menyanyikan lagu duet bersama Stevan Pasaribu bertajuk "Ternyata Hanya Kamu" yang dirilis pada 25 Maret 2022 di kanal YouTube Stevan Pasaribu Musica Official.

"Ternyata Hanya Kamu" menceritakan tentang cinta lama bersemi kembali, lantaran seseorang dalam lagu ini merasa hanya menemukan cinta terbaik dari mantannya. Memiliki lirik yang bermakna dalam dan nada-nada yang begitu indah, membuat MV lagu ini bahkan diputar sampai 18 juta kali di YouTube.

19. Vierratale - "Seandainya"

Siapa yang tiba-tiba galau saat mendengar lagu "Seandainya" dari Vierratale? Lagu ini bercerita tentang perpisahan dalam hubungan percintaan, padahal salah satunya masih sangat ingin bersama. Meski lagu ini sudah ada sejak 13 lalu (2010), namun ternyata tak pernah kehilangan pendengar setianya.

Bahkan meski grup bandnya sudah berganti nama dari Vierra ke Vierratle, lagu "Seandainya" ternyata masih hits di tahun 2022 karena banyak orang yang mengcovernya di Youtube. Serta banyak orang menggunakan lagu "Seandainya" sebagai sound video di beberapa platform media sosial seperti TikTok dan Reels Instagram. 

20. Amigdala - "Kukira Kau Rumah"

"Kukira Kau Rumah" jadi lagu yang dinyanyikan Amigdala dan diproduseri langsung oleh Loo Idea Collective Studio. Sebenarnya lagu ini rilis perdana di kanal YouTube Amigdala pada 1 Oktober 2017 Silam. Walaupun terbilang lagu lama, namun di tahun ini "Kukira Kau Rumah" berhasil naik di tangga musik Tanah Air.

Lagu berdurasi 3:26 menit ini mengandung makna dalam tentang kehidupan di kalangan remaja, apalagi untuk seseorang yang sedang galau karena merasa jadi pelampiasan. Tak hanya sebagai lagu pelipur lara, namun "Kukira Kau Rumah" juga menjadi inspirasi salah satu film Indonesia dengan judul yang sama, yakni Kukira Kau Rumah karya Umay Shahab. 

Itulah, 20 lagu Indonesia yang paling populer di tahun 2022. Wah, tahun ini terlihat dipenuhi lagu galau dengan lirik yang sangat dalam ya, Bela. Adakah lagu kesukaanmu dalam daftar di atas? Tulis lewat kolom komentar, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration