Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keren! TikTok Serunya Indonesia Festival Sabet Dua Rekor MURI

Meski berbeda tetap seru jua!

Nindi Widya Wati

Masih dalam rangkaian kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia, TikTok akhirnya menggelar puncak acara bertajuk Serunya Indonesia Festival pada Jumat, 19 Agustus 2022, Bela. Spesial, karena menyatukan beragam figur publik dan ratusan kreator lintas generasi dari berbagai kategori, hingga ada yang berhasil memecahkan 2 rekor MURI, lho

Acara yang digelar untuk merayakan serunya kebhinekaan pada HUT RI ke—77 ini, didukung pula Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sejalan dengan tema kemerdekaan "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", festival ini diharapkan menjadi panggung kolaborasi dan berkreativitas.

Kira-kira, bagaimana penobatan karya yang terpilih menjadi rekor MURI pada acara #SerunyaIndonesia Festival? Yuk, simak dalam artikel berikut, Bela! 

1. TikTok dukung masyarakat di masa endemi

Dok. TikTok Serunya Indonesia Festival

Walau tidak mudah hampir tiga tahun hidup di tengah pandemi, ternyata TikTok melihat keinginan masyarakat selalu ingin bersatu. Maka memasuki masa endemi, TikTok juga ingin mendukung masyarakat agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dengan memanfaatkan keberadaan platform TikTok. 

"Festival #SerunyaIndonesia merupakan perayaan persatuan dalam keragaman dan bentuk apresiasi kami kepada seluruh komunitas TikTok di Indonesia agar bersama dapat terus menginspirasi dan menggerakkan komunitas menuju hal positif. Di panggung kreativitas ini, kita rayakan #SerunyaIndonesia karena meski berbeda tetapi kita tetap satu jua," pungkas Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations, TikTok Indonesia dalam pembukaan #SerunyaIndonesia Festival pada, Jumat (19/09/2022).

Hal senada disampaikan oleh perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.

"Kami mengapresiasi dan mendukung semangat kebhinekaan yang diusung oleh TikTok di Festival #SerunyaIndonesia. Platform hiburan digital seperti TikTok dapat berperan efektif untuk merangkul seluruh masyarakat Indonesia, agar tetap bersatu di dalam indahnya perbedaan, dan bersama-sama membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, untuk Indonesia yang lebih baik," tegas Ni Wayan Giri Adnyani, Plt. Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.

2. Kolaborasi Christie Basil pecahkan rekor MURI

Instagram.com / christiebasil

Kemeriahan kampanye #SerunyaIndonesia diwarnai dengan keberhasilan Christie Basil yang menyabet rekor MURI pertama dalam kategori "Peragaan Busana dengan Kreator Terbanyak". Ia menggandeng 81 kreator TikTok sebagai model untuk memamerkan busananya di acara Festival #SerunyaIndonesia. Dalam pembuatan busana spesial ini Christie bekerjasama dengan At Vezzo, membawakan koleksi eksklusif bernama "TikTok | At Vezzo".

Sedari awal kemunculannya di TikTok, Christie Basil dikenal sebagai desainer gaun pernikahan dan busana ready-to-wear untuk perempuan. Video kontennya kerap ditunggu lewat di beranda TikTok, lantaran sering berbagi cerita di balik pembuatan gaun pernikahan yang ia rancang. Kemampuan gaya storytelling dalam penjelasan deretan videonya, mampu membuat kagum pengguna lain saat menonton kontennya.

3. Alicia Eva tanggalkan rekor MURI ketiga

Dok. POPBELA.COM

Berbicara tentang Alicia Eva atau yang akrab disapa Eva, jadi salah seorang kreator kategori edukasi art yang sering berbagi konten seni melukis di TikTok. Jika saat HUT RI ke-76 tahun lalu, Eva berhasil meraih rekor MURI untuk kategori "Lukisan Terpanjang" melalui persembahan lukisan dengan panjang 30 meter bertema "Indonesia untuk Indonesia". 

Maka, dalam upaya meraih rekor MURI untuk ketiga kalinya, Eva melukis para pahlawan yang berbeda asal daerahnya di mobil. Tak tanggung-tanggung, Eva melukis sebanyak 12 wajah pahlawan di atas mobil jenis BMW klasik berwarna putih. Kian istimewa, saat Eva juga melukis burung Garuda di bagian kap depan mobil ini, Bela.

Berkat usahanya dalam menyelesaikan aksi lukis pahlawan terbanyak di mobil, akhirnya Eva mendapat penghargaan dalam kategori "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil".

4. Jelajah 77 destinasi wisata Indonesia

Instagram.com / firlyafro

Selain para konten kreator yang berhasil memecahkan rekor muri, selama bulan Agustus kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia telah melangsungkan berbagai program. Berfokus mendukung sektor pariwisata dan pemberdayaan ekonomi kreatif.

Salah satunya, program Jelajah #SerunyaIndonesia, bertujuan mempromosikan pariwisata dengan livestream 77 jam dari 77 destinasi wisata Indonesia. Program ini mengajak empat kreator yang disiarkan di TikTok LIVE, mulai dari Firly Afro yang menjelajah wilayah Kalimantan, dan Sumatera. Lalu, Melani Amelia yang mengeksplor daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Dilanjutkan dengan perjalanan Canny Caludya yang mengeksplor Sulawesi dan Maluku. Serta Nanda Setya yang berhasil keliling NTT, Lombok, hingga Papua. 

Wah, apakah daerahmu turut dikunjungi? 

5. #SerunyaIndonesia On The Road

Instagram.com / aliciaeva

Acara ini diselenggarakan guna memberdayakan komunitas TikTok yang ada di tiga kota besar seperti Surabaya, Bali, dan Medan. Mengajak masyarakat untuk seru-seruan dalam menyemarakkan HUT RI ke—77 lewat beragam lomba. 

Lomba yang diadakan pun menggunakan penamaan nama yang nyentrik, seperti hyung ballon (pecah balon), lompat bengek (balap karung), ataupun tarik ulur perasaan (tarik tambang). Dari para peserta yang ikut dalam tiap kategori lomba, dipilih tiga pemenang. 

Nah, #SerunyaIndonesia Festival sebagai puncak acara tak hanya digelar secara offline, lho! Namun, penyelenggara juga mengajak masyarakat dari Sabang sampai Merauke agar bisa menikmatinya secara virtual. Penayangan acara dilakukan lewat livestream di TikTok LIVE melalui akun resmi TikTok Indonesia @tiktokIDofficial, Bela. 

Jadi, rangkaian Serunya Indonesia Festival kesukaaanmu yang mana nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration