Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Buka Lembaran Baru, 10 Resolusi Tahun Baru 2022 dan Cara Mewujudkannya

Adakah yang menjadi resolusi kamu?

Niken Ari Prayitno

Untuk menyambut lembaran baru di 2022, kamu bisa menyiapkan rencana yang ingin kamu capai. Dengan menuliskan resolusi tahun baru, kamu bisa lebih bersemangat lagi menjalani hari-hari.

Berikut beberapa rekomendasi resolusi tahun baru 2022 beserta cara mewujudkannya. Ingin tahu apa saja?

1. Menggeluti kembali hobi lama serta mempelajari keterampilan baru

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Manfaatkan waktu luang untuk menggeluti kembali hobi lama yang telah lama kamu tinggalkan. Hal ini bisa membantumu melalui hari-hari yang seru dan menyenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa mulai mempelajari keterampilan baru di tahun 2022. Ada beberapa contoh ide hobi yang bisa kamu kerjakan. Mulai dari melatih skill memasak sampai kursus bahasa asing. Kira-kira, hobi apa, nih, yang pengen kamu seriusin di tahun depan?

2. Menghabiskan waktu bersama orang tersayang serta memperbanyak koneksi dan bertemu dengan orang baru

Pexels.com/Nicole Michalou

Salah satu pelajaran berharga yang bisa kita petik selama dua tahun masa pandemi COVID-19 adalah betapa berharganya waktu yang dihabiskan bersama orang tersayang. Oleh karena itu, di tahun baru 2022 nanti, kita bisa membuat resolusi baru yang berhubungan dengan itu.

Ciptakan kesempatan sebanyak mungkin untuk bersenang-senang bersama orang terdekat. Mulai dari keluarga, sahabat, sampai pasangan. Sebab, waktu dan kehadiranmu adalah hadiah terbaik yang bisa kamu berikan untuk mereka.

Selain itu, kamu juga bisa membuat resolusi untuk menambah koneksi di tahun depan. Bergabunglah dengan klub atau komunitas yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa memperluas wawasan sekaligus memperbanyak kenalan.

3. Raih tubuh ideal dengan diet serta berolahraga rutin

Pexels.com/Pixabay

Kamu juga bisa membuat resolusi yang berhubungan dengan kesehatan jasmani di tahun 2022. Salah satunya adalah dengan meraih tubuh ideal dan bugar.

Untuk meraih itu, tentunya gak ada jalan instan. Kamu harus konsisten berusaha mewujudkannya, mulai dari melakukan diet sehat sampai berolahraga ringan.

Caranya, nggak sulit, kok, asalkan kamu punya kemauan kuat! Mulailah dengan memperbaiki pola makan, memperbaiki asupan gizi, rutin minum air putih, serta mengganti camilan yang lebih sehat.

Kebiasaan olahraga juga bisa dimulai dengan gerakan-gerakan workout yang ringan dan sederhana. Buat jadwal jogging atau berjalan santai setiap pagi di lingkungan sekitar rumah. Atau, kamu juga bisa mengikuti gerakan yoga dengan menonton tutorial di internet.

4. Bangun gaya hidup yang lebih sehat dan jaga kualitas tidur yang lebih baik

Pexels.com/Ron Lach

Berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu juga bisa menulis resolusi untuk membangun gaya hidup sehat. Selain dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga harus fokus memperbaiki kualitas tidurmu.

Sebelum waktu tidur tiba, hindari distraksi yang muncul dari gadget. Matikan ponsel beberapa jam sebelum tidur. Ini bisa membantumu jadi lebih relaks dan fokus beristirahat. Selain itu, kebiasaan baik ini juga bisa membantumu terhindari dari risiko gangguan kecemasan serta ancaman penyakit.

5. Buat agenda harian yang terorganisir serta kurangi kebiasaan procrastinating

Pexels.com/Mikhail Nilov

Segala ambisi yang kamu buat di tahun 2022, akan sulit tercapai apabila kamu nggak bersikap disiplin dan konsisten. Untuk membantumu meraih goals tersebut, kamu bisa mulai membiasakan diri untuk membuat agenda harian.

Buat to-do-list untuk memastikan seluruh agendamu berjalan dengan teratur. Kamu juga bisa membuat perkiraan durasi setiap kegiatan yang kamu lakukan. Kebiasaan ini akan membantumu menjadi lebih disiplin dan nggak menunda-nunda pekerjaan. Cobain, deh!

6. Menjadi sukarelawan serta memulai kegiatan donasi

Pexels.com/Emma Bauso

Sumber kesenangan juga bisa kita dapatkan dengan cara berbagi kepada orang sekitar. Untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki, kamu bisa menuliskan dua resolusi ini untuk tahun depan.

Yang pertama, kamu bisa mulai mendaftar kegiatan sukarelawan. Jadwalkan aktivitas tersebut di waktu-waktu luang seperti akhir pekan. Dengan menciptakan komitmen ini, kamu bisa melatih empati sekaligus menjadi sosok yang bermanfaat untuk banyak orang.

Kemudian, kamu juga bisa mengatur jadwal rutin untuk berdonasi. Bisa dimulai dengan menyisihkan pakaian lama yang sudah lama nggak terpakai. Pilah baju-baju yang jarang kamu gunakan, tapi masih dalam kondisi yang layak. Sudah pernah coba sebelumnya?

7. Buat jadwal rutin membersihkan rumah serta mendekorasi ulang ruangan

Pexels.com/Cottonbro

Untuk membuat suasana rumah yang lebih tenteram dan nyaman, kamu perlu selalu menjaga kebersihannya. Membuat jadwal membersihkan rumah dapat menjadi salah satu resolusi yang kamu wujudkan di tahun depan.

Tuliskan jadwal membersihkan rumah berdasarkan area dan waktu pengerjaan. Misalnya, kegiatan membersihkan menyeluruh di kamar mandi, dapat kamu lakukan seminggu sekali. Sedangkan, aktivitas bersih-bersih ringan seperti mencuci piring, bisa kamu lakukan setiap hari.

Selain itu, kamu juga bisa membuat resolusi untuk menata kembali ruangan-ruangan di rumah. Dengan mengatur dekorasi yang baru, nuansa yang tercipta pada hunianmu juga akan lebih fresh. Kamu bisa mendapatkan beragam referensi dekorasi ruangan yang estetik di media sosial.

8. Travelling ke destinasi impian atau mengunjungi tempat-tempat nostalgia

Pexels.com/Leah Kelley 50725

Kini, kegiatan travelling sering dikaitkan dengan upaya untuk healing. Agenda berkunjung ke destinasi-destinasi wisata impian dapat menjadi salah satu resolusimu di tahun depan.

Untuk mewujudkannya, kamu bisa memilih destinasi wisata idamanmu, kemudian membuat itinerary list. Jangan lupa untuk menyisihkan uang atau menabung supaya kegiatan travelling ini nggak menjadi beban finansial di masa depan.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki banyak kenangan manis untukmu. Dengan bernostalgia, kamu bisa membangkitkan memori baik itu kembali di kepala. Pasti akan membawa banyak kebahagiaan, deh!

9. Mengatur anggaran keuangan yang lebih baik dan mulai belajar berinvestasi

Pexels.com/Cottonbro

Jenis resolusi lainnya yang bisa kamu buat, berhubungan dengan finansial. Ada dua resolusi yang bisa kamu terapkan, yaitu menabung lebih banyak uang atau mulai belajar investasi.

Sisihkan uang tabungan secara rutin setiap hari gajian. Nggak perlu langsung set angka tabungan yang besar, yang penting kamu melakukannya secara disiplin dan konsisten.

Untuk kamu yang sudah punya penghasilan tetap, nggak ada salahnya mencari pendapatan pasif dengan berinvestasi. Sebelum melakukannya, jangan lupa untuk mencari tahu lebih dalam tentang risiko dari masing-masing kegiatan investasi yang sesuai dengan rencana keuanganmu.

10. Mengontrol kebiasaan buruk serta menambah wawasan dengan membaca lebih banyak buku

Pexels.com/Cottonbro

Resolusi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengontrol kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Misalnya, makan junk food atau sering terlambat ke kantor.

Kamu akan merasakan banyak perubahan baik dalam hidup jika bisa konsisten mengontrol kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Agar keyakinanmu nggak goyah, kamu perlu memikirkan makna dari setiap perubahan itu.

Dengan mengurangi konsumsi makanan junk food, kamu bisa meraih gaya hidup yang lebih sehat. Sedangkan, dengan datang tepat waktu di kantor, kamu bisa lebih produktif mengerjakan tugasmu dan menjadi pribadi yang lebih disiplin.

Selain itu, kamu juga bisa membuat resolusi untuk membaca lebih banyak buku. Habit ini akan membantumu memperluas cakrawala wawasan dan mendapat banyak nilai-nilai kehidupan.

Itu dia beberapa contoh resolusi tahun baru 2022 dan cara mewujudkannya. Semoga rencana-rencana di atas bisa kamu capai, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "20 Resolusi Tahun Baru 2022 dan Cara Mewujudkannya, Apa Saja?" ditulis oleh Tyas Hanina

IDN Media Channels

Latest from Inspiration