Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenalan Sama Luisa Yu, Lansia yang Telah Traveling ke 193 Negara

Usia bukan penghambat untuk berkelana keliling dunia

Niken Ari Prayitno

Mungkin banyak yang dari kamu yang pernah mendengar istilah 'life start at 25', yakni banyak petualangan hidup yang dimulai pada usia 25 tahun. Tapi, sepertinya istilah tersebut tidak berlaku bagi Luisa Yu. Lansia yang akan berusia 80 tahun ini berhasil membuktikan kepada dunia bahwa usia hanyalah angka yang tak membatasi kita untuk melakukan apa pun.

Luisa dinobatkan sebagai traveler yang telah berhasil mengunjungi 193 negara hingga tahun 2023 ini. Siapa sosok Luisa Yu dan apa saja fakta tentang dirinya? Simak selengkapnya berikut ini.

Berawal dari pertukaran pelajar yang membuatnya jatuh cinta dengan traveling

Instagram.com/luisa_yu14

Luisa Yu merupakan perempuan asal Filipina yang merantau ke Miami. Sebelum mengenal dunia traveling seperti saat ini, Luisa menjalani kehidupannya seperti mahasiswa pada umumnya. Saat ia mengenyam pendidikan perguruan tinggi di University of Santo Tomas, Filipina, Luisa mendapat kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke St. Louis, Amerika Serikat. Dari sanalah kecintaannya terhadap dunia traveling muncul.

Setelah lulus kuliah pada tahun 1965, Luisa memutuskan untuk pindah ke Miami dengan alasan wilayah tersebut memiliki cuaca yang hangat dan cocok untuknya.

Memulai perjalanannya di usia 20-an

Instagram.com/luisa_yu14

Pada usia 20-an saat ia sudah pindah ke Miami, Luisa mulai mengeksplorasi hobinya tersebut. Ia menjelajahi negara-negara bagian di Amerika Serikat. Kebiasaannya ini terus ia lakukan hingga 50 tahun berikutnya sampai ia berusia hampir 80 tahun di tahun 2023.

Bekerja sebagai travel specialist di perusahaan agen perjalanan

Instagram.com/luisa_yu14

Walau sering bepergian, bukan berarti Luisa tak memiliki pekerjaan tetap. Sejak tahun 1998, Luisa tercatat menjadi seorang travel specialist di perusahaan agensi perjalanan Westchester Travel Inc. Tentu sangat menyenangkan bukan menjalani pekerjaan sesuai dengan hobi kita?

Dapat banyak penghargaan

Instagram.com/luisa_yu14

Lagi-lagi berkat hobinya ini, Luisa mendapat beragam penghargaan. Penghargaan ini menurutnya membuat ia semakin bersemangat untuk terus melakukan perjalanan dan tak berhenti melakukan apa yang ingin capai.

Beberapa penghargaan yang pernah ia capai adalah The Most Positive Traveler dari Nomad Mania Award 2022 dan The Global Explorer dari The Most Adventure Explorer Award Filipina.

Mendapat julukan 'Mama'

Instagram.com/luisa_yu14

Dalam setiap perjalanannya, Luisa selalu mendapat julukan 'Mama' dari para traveler lain yang ditemuinya. Alasan ia dipanggil dengan sebutan demikian adalah karena ia memiliki usia yang paling tua dibanding lainnya yang rata-rata masih muda atau paling tidak berada di usia 20-40 tahun.

Telah mengunjungi semua negara atau sebanyak 193 negara

Berkat hobinya yang telah ia jalani selama lebih dari 50 tahun, Luisa berhasil mengunjungi 193 negara alias semua negara yang ada di dunia. Serbia menjadi negara terakhir yang dikunjunginya sebelum akhirnya ia kembali pulang ke rumahnya di Miami. 

Luisa merasa bersyukur dan puas terhadap kehidupannya saat ini. Sebab, meski usianya tak lagi muda ia pernah mengunjungi semua negara dan ia juga bisa membeli rumah yang nyaman untuk ditempati. Hal ini tentu menginspirasi banyak orang untuk terus melakukan apa pun yang kita suka tanpa perlu takut dengan usia.

"Aku berhasil mewujudkan mimpiku. Aku bisa membeli rumah sendiri. Aku bisa melakukan perjalanan sendiri. Aku sangat bahagia. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang begitu baik dan baik kepadaku," ucap Luisa, mengutip dari lama CNBCMiami.com.

Jika seluruh negara pernah dikunjungi Luisa, kira-kira ia mampir di Indonesia pada tahun berapa, ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration