Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Popbela's Playlist: Broken Heart Anthem

Curhat lewat lirik dan nada

Niken Ari Prayitno

Kalau ngomongin soal galau, memang nggak akan pernah ada habisnya. Ada saja kejadian atau tingkah laku pasangan kita yang membuat kita patah hati. Atau minimal bikin kita overthinking semalaman sampai nggak bisa tidur.

Deretan lagu ini membuktikan kalau patah hati ternyata bisa menjadi inspirasi karya yang luar biasa. Mulai dari dicintai hanya karena ada maunya; bilang sayang ke orang lain tapi masih punya pacar; sampai bersikap egois dan denial saat harus putus dari pasangan.

Siap menggalau bersama lewat nada?

KIM - "Tak Mungkin"

Dok. KIM

Beranggotakan Arsy Widianto, Rachel Rae, dan Gusty Pratama, nama KIM tercipta dari singkatan “Kenangan Indah di Masa Depan” yang merupakan semangat ketiganya dalam melahirkan karya-karya musik istimewa untuk dikenang di masa depan.

“Tak Mungkin” merupakan lagu galau tentang penantian dan harapan palsu yang dikemas dengan vibes dan groove kekinian melalui nada yang catchy dan terdengar easy-listening.

“Memang lagu ini yang buat saya (Yovie) tapi hasil dari workshop langsung dengan mereka (KIM). Itu yang membuat lagunya dan KIM menjadi sesuatu yang berbeda dan punya karakter yang sangat kuat,” jelas Yovie.

Lagu ini memiliki aransemen yang unik, melodinya light namun mantap, musiknya kekinian dan bernuansa urban, ditambah karakter vokal masing-masing personel KIM yang saling melengkapi.

“Diharapkan menjadi musik yang menarik untuk Millennial dan Gen-Z, tapi dari sisi pop juga bisa mencapai pendengar yang luas. Karena lagu ini bisa jadi disukai oleh anak-anak sekarang, dan yang lebih senior pun juga bisa suka. Sepertinya KIM punya harapan untuk berkembang di situ,” harap Yovie.

Ravi Andika - "Rindu atau 'Memang Rindu'"

Dok. Ravi Andika

Setelah berhasil merilis video musik "Tuan Muda Jenaka" di awal tahun 2023, Ravi Andika bersama 301 Entertainment sebagai labelnya kembali merilis video musik dari single-nya yang berjudul "Rindu atau 'Memang Rindu'". "Tuan Muda Jenaka" dan "Rindu atau 'Memang Rindu'" ini merupakan bagian dari EP Ravi Andika dengan judul PURWARUPA yang dirilis di pertengahan November 2022 lalu.

Ravi Andika sebagai penulis lagu "Rindu atau 'Memang Rindu'" terlibat juga sebagai sutradara, produser, penulis naskah dan pemeran pria di video musik ini. "Pada video klip ini, saya sendiri berkesempatan untuk menulis, mengkonsepkan, dan mengarahkan jalan ceritanya seperti apa. Merupakan sebuah pengalaman yang mengesankan sekaligus menyenangkan karena bisa ‘menyelam’ dalam imajinasi sendiri yang akhirnya dituangkan dalam sebuah visualisasi," jelas Ravi Andika.

Cerita dari lagu ini divisualisasikan dengan cukup eksplisit di video musik "Rindu atau 'Memang Rindu'". Video musik ini bercerita tentang seorang laki-laki (diperankan oleh Ravi Andika) yang selalu memenuhi keinginan sang perempuan idaman hatinya (diperankan oleh Archangela Isabel), namun akhirnya menjadi pertanyaan di benak sang laki-laki, apakah sang idaman hati sedang memanfaatkan dirinya?

Banyak yang akan merasa terhubung dengan kisah seperti ini. Cerita di video musik ini disajikan dengan alur yang ringan. Emosi pemeran diiringi notasi dan ketukan lagu "Rindu atau 'Memang Rindu'" menghasilkan ekspresi dengan rasa komikal, didukung dengan animasi pop-up yang membuat video musik ini terasa ringan dan mudah dimengerti.

Sharen Fernandez - "Sudah"

Meracik karya solo nomor tiga bukanlah perihal remeh di mata seorang Sharen Fernandez. Setelah memperkenalkan cita rasa musik pop miliknya lewat dua karya sebelumnya "Sembuh" dan "Tak Berhak Cemburu" di bulan Januari yang lalu, solois yang kini berusia 20 tahun ini siap melanjutkan kelana musiknya lewat karya terbaru yang bertajuk "Sudah". Tentunya, sebagai single resmi ketiga, Sharen Fernandez mengemas lagu "Sudah" sebagai manifestasi seorang pribadi yang semakin beranjak dewasa.

"Bila 'Sembuh' dan 'Tak Berhak Cemburu' diibaratkan sebagai upaya eksplorasi aku sebagai musisi pop, maka aku menggarap single ketiga aku 'Sudah' sebagai momen ketika aku meluapkan kebebasan aku dalam bermusik. Ditambah lagi, aku juga merasakan kepercayaan diri aku semakin matang di lagu terbaruku ini," ungkap Sharen.

Telah dirilis pada hari Jumat, 28 Juli 2023, "Sudah" adalah balada pop berdurasi 4 menit dan 5 detik yang ditulis oleh Anugerah N. dan diproduseri oleh Seto Bramana dan Yafi Aria - produser yang sama yang turut bertanggung jawab atas balada juwita seperti "Pilihan Yang Terbaik" oleh Ziva Magnolya dan "Hilang Tanpa Bilang" oleh Meiska. Dengan mengadopsi aransemen orchestral pop, "Sudah" mendapati Sharen Fernandez hendak mengakhiri tarik-ulur romansa yang terlalu rumit untuk dilanjutkan. 

Merdu alto Sharen Fernandez - tekstur vokal yang mungkin akan mengingatkan audiens musik Indonesia dengan Eva Celia dan Ruth Sahanaya - pun menghembuskan nyawa dan imajinasi begitu "Sudah" mencapai refrain: "Biarkan aku sendiri / Relakan aku di sini / Jangan lagi / Kau datang dan mengetuk pintu hatiku".

Kini memasuki dekade kedua dalam hidupnya, Sharen Fernandez pun belajar bahwa balada yang menggugah tidak hanya empunya mantra magis untuk meninggalkan kepedihan di hati pendengarnya, tetapi juga merefleksikan kebijaksanaan sekaligus satu-dua pembelajaran mengenai kehidupan. Melalui lagu "Sudah", Sharen Fernandez hendak membisikkan butir kebajikan bahwa setiap duka seyogyanya diakhiri bukan dengan amarah, melainkan dengan kelapangan dada.

Many West - "Before You Leave"

Dok. Many West

Single "Before You Leave" adalah single kedua setelah "I Can't Find Somebody Like You" yang dirilis dan merupakan bagian dari EP Is It Okay If I Love You? yang akan segera dirilis di Agustus nanti.

"Single ‘Before You Leave’ ini bercerita tentang merelakan seseorang yang akan pergi meninggalkannya. Bersikap denial, egois, dan tidak bisa menerima keadaan membuat cerita ini menjadi sebuah realita yang dijadikan dalam sebuah lagu yang dimana beberapa orang pasti mengalami fase ini dalam percintaan,” ungkap Fazada Febrian.

Penyampaian pesan dalam single ini hingga EP nanti, Many West menggunakan campaign film-look photography dan short clip vertical video dengan tema seseorang yang memiliki emosi yang tidak stabil, melankoli dan tidak bisa lepas dari masa lalu nya. Ditambah dengan sedikit informasi tentang identitas band, beberapa kutipan dari lagu ataupun liriknya. Seluruh postingan ini akan dirilis di semua media sosial dari band asal Semarang ini.

Single ini dikerjakan semua oleh Many West dengan bantuan untuk aransemen dengan Luthfi Adianto atau yang biasa dipanggil Cosmicburp. Single ini didistribusikan oleh East Blue Records dan dapat didengarkan di platform digital dengan video lirik di YouTube pada Jum’at, 28 Juli 2023.

Berdasar pada cerita dari single ini, Many West membuat musik di lagu ini dengan balutan ambien synth 80s juga permainan arpeggiator sepanjang lagu yang cukup beragam. Serta permainan gitar ambien dan ritmis yang sederhana juga beat drum yang cukup tegas membuat lagu ini musik dan lirik di lagu ini cukup terkombinasi dengan baik.

Bemandry - "Raindrops Start Falling Again"

Dok. Bemandry

Ada yang pernah berkata, bahwa ketika seseorang belum mampu berdamai dengan masa lalunya, ia takkan akan benar-benar bisa melangkah menuju masa depannya. Dan ada pula yang berkata, perihal berdamai dengan masa lalu, seseorang selalu membutuhkan waktu dan tidak bisa dipaksa untuk bisa segera merelakannya. 

Namun yang paling penting adalah, berdamai dan merelakan kisah yang sempat terjadi di masa lalu tergantung pada keinginan orangnya. Ketika ia sudah mau berdamai, mungkin akan ada jalannya. Akan tetapi jika ia belum mau, apa mau dikata. Semua kenangan yang telah terjadi di masa lalu akan tetap lekat di dalam ingatannya.

Dan hal itulah yang coba Bemandry sampaikan lewat karya terbarunya yang ia beri judul “Raindrops Start Falling Again”. Lagu tersebut merupakan karya kesembilan yang Bemandry rilis pada tahun 2023, setelah sebelumnya ia berhasil merilis, yaitu “Inginnya Egois” (4 Januari 2023), “Gara-gara Drakor” (1 Februari 2023), “Lagu PMS” (1 Maret 2023), “Aku Berharga” (5 April 2023), “Yang Hilang, yang Berarti” (3 Mei 2023), buku “Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-apa (25 Juni 2023), lagu “Berdamai Dengannya” (7 Juni 2023), dan “Tetap Sama Di Matanya” (5 Juli 2023).

Dan “Raindrops Start Falling Again” sendiri resmi Bemandry rilis pada Rabu (2/8/2023) di banyak digital streaming platform. Lagu ini sendiri mengisahkan tentang seseorang yang belum bisa berdamai dan merelakan orang yang berasal dari masa lalunya. Semua itu kembali terkenang, apalagi ketika hujan datang dan menyadarkan dirinya, bahwa ia kini adalah seorang yang kesepian dan harus melanjutkan perjalanan hidupnya sendirian.

Keindahan yang sempat terjadi itu kembali terngiang. Lekat dalam ingatannya, dan menyayat-nyayat hatinya yang masih terluka karena kehilangan. Dalam lagu ini, para pendengar bisa merasakan, betapa hujan mampu memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali kenangan yang pernah seseorang miliki. Melodi yang merdu dan harmoni yang mengalun, menciptakan suasana yang intim dan mengajak pendengar untuk merenung tentang perjalanan hidup dan momen-momen yang telah ia lewati. 

“Lagu ini akan menjadi soundtrack sempurna untuk mengiringi malam-malam hujan yang mendalam,” kata Bemandry.

Jadi dari daftar lagu ini, lagu mana yang mirip dengan kisah cinta kamu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration