Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menikmati Musik Anime Versi Orkestra di Konser 'An Anime Symphony'

Konser dengan penonton yang cosplay!

Niken Ari Prayitno

Bagaimana jadinya jika lagu-lagu dari soundtrack anime dibawakan dengan musik orkestra yang megah? Tentu vibes-nya akan terasa begitu berbeda dan memberikan pengalaman yang mengesankan bukan? 

Itu juga yang saya alami saat menyaksikan konser An Anime Symphony: Overdrive by Jakarta Concert Orchestra. Sebanyak 21 lagu dibawakan dengan begitu apik tanpa jeda. Bagaimana suasana konser saat itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Bersiap nonton dengan kostum tokoh favorit

Dok. Jakarta Concert Orchestra

Saya begitu excited ketika mendapat undangan untuk meliput konser ini. Karena temanya anime, saya pun memilih outfit yang cocok untuk menemani sepanjang konser. Ini menjadi kali pertama saya cosplay, saya pun memilih kostum Kiki dari anime Kiki's Delivery Service.

Awalnya, saya merasa nervous karena belum percaya diri untuk cosplay. Namun, ketika sampai di lokasi, tepatnya di JIEXPO Convention Center and Theatre, Jakarta Pusat, saya melihat banyak pula penonton yang menggunakan kostum sesuai dengan tokoh favorit, rasa percaya diri saya timbul dengan sendirinya. Saya pun mulai menikmati outfit saya karena itu adalah pertama kalinya saya menggunakan bando sebesar itu.

Konser yang rapi bahkan saat memasuki venue

Dok. Jakarta Concert Orchestra

Ada dua sesi di konser ini. Pertama, di jam 15.30 sampai 17.30 WIB dan jam 19.00 sampai 21.00 WIB. Beruntungnya, saya mendapat sesi pertama untuk menikmati konser ini. Sebelum masuk ke venue konser, di lokasi saya bisa menikmati banyak hal. Mulai dari makan dan minum terlebih dulu sebelum konser dimulai, berfoto di photo box yang tersedia, hingga mencicipi berbagai makanan yang tersedia di stall di lokasi tersebut.

Satu hal yang menarik perhatian saya adalah konser ini begitu rapi. Mulai dari flow, pengaturan alur masuk, saat membeli makanan, hingga konser selesai. Semua teratur, tanpa ada desak-desakan, padahal ada sekitar dua ribuan orang di sana. Hal ini tentu memberikan pengalaman yang nyaman saat menyaksikan konser.

Penampilan memukau orkestra yang megah dengan lagu-lagu yang familiar

Dok. Jakarta Concert Orchestra

Waktu yang ditunggu akhirnya tiba juga. Konser dimulai pada pukul 15.45 setelah hampir 90% kursi di venue terisi. Avip Priatna, Direktur Musik dari The Resonanz Music Studio yang menaungi Jakarta Concert Orchestra, Batavia Madrigal Singers, The Resonanz Children’s Choir dan TRCC, kemudian memasuki panggung dan bersiap membawakan lagu pertama mereka.

"Detective Conan Theme Song" dari anime Detective Conan menjadi lagu pembuka konser tersebut. Dengan beat yang cepat, lagu tersebut berhasil membius penonton untuk terus menunggu penampilan orkestra selanjutnya. 

Tanpa jeda, setelah "Detective Conan Theme Song" dibawakan, The Resonanz Children's Choir masuk ke panggung untuk membawakan lagu "Doraemon No Uta" dari Doraemon. Penampilan menggemaskan mereka membuat semua penonton terpana dan mengajak kita untuk ikut bernyanyi bersama karena lagunya juga cukup familiar di telinga.

Para penyanyi yang juga ikutan coslay

Dok. Jakarta Concert Orchestra

Satu hal yang membuat konser ini juga berbeda adalah para penyanyi dan pemain musik yang ikutan cosplay untuk menunjang penampilan mereka. Dimulai dari para pemain musik yang semuanya menggunakan kostum dari anime Naruto. Lalu, sang conductor Avip Priatna yang sampai tiga kali berganti kostum. Yakni saat membawakan lagu  "Moonlight Densetsu" dari Sailor Moon, menggunakan kostum Hokage saat menampilkan lagu "Blue Bird" dari Naruto, ditutup dengan seragam kebesaran saat membawakan lagu "Shinzou wo Sasageyo!" dari Attack on Titan.

Para penyanyi pun tak luput dari kostum yang menarik. Birgitta Sisca, misalnya. Ia juga berganti kostum hingga dua kali yang disesuaikan dengan lagu yang dibawakannya. Namun, Popbela begitu terkesan dengan kostum Princess Mononoke yang dikenakannya saat membawakan lagu "Mononoke Hime". Sebab, kostum ini terlihat simpel, namun begitu elegan di atas panggung. 

Setlist lagu konser An Anime Symphony: Overdrive

Dok. Jakarta Concert Orchestra

Jika kamu penasaran dengan lagu-lagu apa saja yang dibawakan saat konser An Anime Symphony: Overdrive berlangsung, kamu bisa melihat setlist-nya berikut ini. Siapa tahu, kamu ingin membuat playlist-nya sendiri di ponsel kamu, bukan?

  • "Detective Conan Theme Song" dari Detective Conan, dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra
  • "Doraemon no Uta" dari Doraemon, dibawakan oleh The Resonanz Children's Choir (Serunai)
  • "Hikaru Nara" dari Shigatsu wa Kimi no Uso, dibawakan oleh Bayu Bonaventura, Fahd Faisal, Maria Acintya, dan Vicaria Dominica
  • "Ghibli's Tunes" dari The Boy and The HeronNausicaa of the Valley of the Wind, Howl's Moving CastleSpirited Away, dan Kiki's Delivery Service, dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers
  • "Mononoke Hime" dari Princess Mononoke, dibawakan oleh Birgitta Sisca dan Batavia Madrigal Singers
  • "Il Vento d'oro" dari Jojo's Bizarre Adventure: Golden Wind, dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers
  • "Renai Circulation" dari Bakemonogatari, dibawakan oleh The Resonanz Children's Choir
  • "Spinning Globe" dari The Boy and the Heron, dibawakan oleh Farman Purnama
  • "Zankoku na Tenshi no TEEZE" dari Neon Genesis Evangelion, dibawakan oleh Batavia Madrigal Singers
  • "Moonlight Densetsu" dari Sailor Moon, dibawakan oleh Birgitta Sisca dan Stefani Yang
  • "Kawaikute Gomen" dari Confession Executive Committee, dibawakan oleh The Resonanz Children's Choir
  • "Odoru Ponpokorin" dari Chibi Maruko-chan, dibawakan oleh The Resonanz Children's Choir (Serunai)
  • "IDOL!" dari Oshi no Ko, dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra
  • "Suzume" dari Suzume bo Tojimari, dibawakan oleh Batavia Madrigal Singers (Female)
  • "We Are!" dari One Piece, dibawakan oleh Batavia Madrigal Singers (Male)
  • "Blue Bird" dari Naruto: Shippuden, dibawakan oleh Stefani Yang
  • Medley "Totoro" dan "Ponyo" dari My Neighbor Totoro dan Ponyo on the Cliff by the Sea, dibawakan oleh Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children's Choir
  • "Ashes on the Fire" dari Attack on Titan, dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers
  • "Shinzou wo Sasageyo!" dari Attack on Titan, dibawakan oleh Farman Purnama, Birgitta Sisca, Stefani Yang, Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers

Kejutan encore sebanyak dua lagu

Dok. Jakarta Concert Orchestra

Berdasarkan setlist, seharusnya konser selesai saat orkestra membawakan "Shinzou wo Sasageyo!" dari Attack on Titan. Namun, sepertinya penonton masih belum puas dengan penampilan tersebut. Penonton pun meneriakkan "we want more!" berkali-kali, hingga sang konduktor luluh. 

Ansambel yang dipimpin oleh Avip Priatna ini kemudian membawakan dua lagu lagi, yakni "Butter-fly" dari Digimon dan "Sparkle" dari Kimi No Nawa. Sontak penampilan ini mendapat sambutan meriah dari penonton, mengingat dua anime ini begitu populer di kalangan pencinta anime.

Konser An Anime Symphony: Overdrive telah memberikan pengalaman konser yang berbeda. Apakah kamu sempat menonton konser ini juga kemarin?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration