Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia dan Harganya

Motor menjadi nyaman digunakan

Nafi' Khoiriyah

Oli merupakan cairan yang penting untuk kendaraan bermotor. Sebagai pelumas, oli berfungsi membantu melumasi komponen dalam mesin agar bekerja lebih optimal. 

Oleh karena itu, memilih oli untuk kendaraan tidak boleh sembarangan. Sebab, oli akan menentukan panjang pendeknya usia komponen mesin motor. 

Memilih oli harus disesuaikan dengan jenis mesin pada motor. Bagi kamu yang memiliki motor matic, rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia ini perlu kamu tahu. 

1. Shell Advance Matic AX7 Scooter

shell.com

Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang pertama adalah Shell Advance Matic AX7 Scooter. Oli ini membantu melindungi dan menjaga mesin tetap bersih di semua kondisi jalan.

Produk ini sudah memiliki sertifikasi API dan JASO MB yang dirancang untuk motor matic. Tak hanya itu, Shell Advance Matic AX7 Scooter juga memiliki klaim bisa mengurangi kebisingan dan getaran, sehingga membuat kamu mengendarai motor matic dengan lebih nyaman. 

Shell Advance Matic AX7 Scooter dijual sekitar Rp66 ribu. 

2. Federal Matic 30 Ecomaxx

federaloil.co.id

Federal Matic 30 Ecomaxx merupakan oli untuk pengguna motor matic Honda. Oli ini memiliki spesifikasi AE 10W-30 API SL JASO MB untuk pelumas sintetis motor matic. 

Secara khusus, Federal Matic 30 Ecomaxx ini direkomendasikan untuk jenis motor matic Honda 125 cc sampai 150 cc dengan usia pemakaian kurang dari 5 tahun. Keunggulan dari produk ini salah satunya adalah active moly yang mampu menjaga mesin dari gesekan dan juga menghemat bahan bakar. 

Harga oli motor matic dari Federal ini di pasaran sekitar Rp32 ribu. 

3. Top 1 Action Matic

jagatotomotif.com

Selanjutnya, rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia adalah Top 1 Action Matic. Oli ini memiliki performa tinggi yang dirancang untuk motor generasi terbaru, seperti motor matic. 

Top 1 Action Matic diformulasikan dengan campuran dari oli dasar premium synthetic dan aditif khusus yang bisa melindungi terhadap oksidasi suhu tinggi, keausan, dan kerusakan viskositas. 

Kalau kamu ingin memakainya, harga oli Top 1 Action Matic sekitar Rp53 ribu. 

4. AHM Oil SPX 2

astra-honda.com

Kalau kamu memiliki motor honda matic, maka AHM Oil SPX 2 ini akan bagus dipakai. Oli ini diformulasikan oleh Honda R&D Japan yang memadukan antara bahan dasar oli Fully Syntheticextra superior untuk seluruh motor Honda matic. 

AHM Oil SPX 2 memberikan ekstra proteksi yang superior untuk membuat performa mesin yang lebih tinggi pada seluruh motor Honda tipe matic. 

Harga AHM Oil SPX 2 berukuran 800 ml di pasaran adalah sekitar Rp30 ribu.

5. Castrol Activ Matic

castrol.com

Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Castrol Activ Matic. Oli ini memiliki molekul actibond yang diformulasikan secara unik untuk melekat ke bagian-bagian penting, bahkan saat mesin mati. 

Tak hanya itu, Castrol Activ Matic juga memberikan pengurangan keausan sampai 70 persen dibandingkan dengan JASO MA-2 lainnya sehingga bisa meningkatkan usia mesin. 

Dengan formulasi tersebut, harga Castrol Activ Matic berukuran 800 ml adalah sekitar Rp43 ribu.

6. SyneRal Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB

syneralindonesia.co.id

SyneRal Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB ialah pelumas yang diformulasikan khusus untuk motor matic dengan multi active technology. Dengan formulasi tersebut, mesin akan terjaga tingkat kelicinan pelumasnya di saat suhu berlebih. 

Keunggulan oli ini adalah kuat menahan suhu panas dan menggunakan base oil dan aditif yang direkomendasikan untuk semua produk sepeda motor matic. 

SyneRal Synthetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB dijual dengan harga Rp69 ribu. 

7. Motul Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30

motul.com

Motul Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30 menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia selanjutnya. Oli ini ditujukan untuk pengguna motor matic generasi 2000-an. 

Keunggulan yang ditawarkan dari oli motor ini di antaranya adalah pengoperasian mesin yang halus. Dengan begitu, suara mesin pun akan terdengar nyaman dan tidak mengganggu. 

Motul Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30 dijual sekitar harga Rp55 ribu. 

8. Pertamina Lubricants Enduro MATIC-V SAE 10W-40

pertaminalubricants.com

Pertamina Lubricants juga menghadirkan pelumas untuk kendaraan roda dua khusus big matic dengan kapasitas 150 cc ke atas, yakni Enduro MATIC-V SAE 10W-40. 

Oli ini memiliki kekentalan 10W-40 dan tingkatan mutu API SN, JASO MB yang bisa melindungi dan membuat mesin lebih awet. Tak hanya itu, Enduro MATIC-V SAE 10W-40 juga bisa membersihkan mesin lebih baik. 

Kalau kamu memiliki motor dengan kapasitas mesin yang tinggi seperti NMAX, Aerox, XMAX, PCX, dan semacamnya, maka oli ini cocok dipakai. 

Enduro MATIC-V SAE 10W-40 dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp43 ribu saja. 

9. Evalube SCOOTIC HX Synthetic 10W-30

automotive.evalube.com

Kemudian, Evalube SCOOTIC HX Synthetic 10W-30 menjadi oli motor matic terbaik selanjutnya. Pelumas ini memiliki kekentalan ganda yang digunakan untuk motor matic dengan kualitas tinggi. 

Oli ini dibuat dari oil sintetis dengan beberapa aditif sehingga bisa mengurangi pergeseran pada temperatur tinggi. Selain itu, teknologi veltec di dalamnya juga bisa mengurangi keausan yang bisa membuat umur mesin menjadi lebih lama. 

10. Castrol POWER1 Scooter 10W-40

castrol.com

Terakhir, rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia datang dari Castrol. Castrol POWER1 Scooter 10W-40 dirancang khusus untuk mesin motor matic yang bisa mengurangi kerusakan mesin dan menahan tekanan suhu tinggi. 

Dengan begitu, mesin pada motor akan memberikan daya maksimum tanpa merusak mesin. Kamu bisa mengendarai motor dengan nyaman karena teknologi Castrol POWER1 Scooter 10W-40 yang memiliki akselerasi lebih dahsyat. 

Castrol POWER1 Scooter dijual dengan harga sekitar Rp44 ribu. 

Itulah 10 rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan harga dan manfaat yang diinginkan.

Semoga bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration