Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Pangeran Abdul Mateen, Putra Sultan Brunei yang Segera Menikah

Akan menikah sebentar lagi

Nafi' Khoiriyah

Pangeran Mateen sedang menjadi sorotan karena kabar pernikahannya yang segera digelar. Ia dikabarkan akan menikah dengan perempuan bernama lengkap Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah binti Adam pada Januari 2024. 

Putra dari Sultan Brunei itu sebelumnya memang sudah lama menjadi perhatian karena parasnya yang rupawan. Mendengar kabar sosoknya akan segera menikah, warganet pun banyak yang patah hati. 

Buat kamu yang belum tahu, simak dulu profil Pangeran Mateen yang menawan selengkapnya di bawah ini. 

1. Biodata Pangeran Mateen

instagram.com/tmski

Untuk mengetahui profil Pangeran Mateen, simak dulu biodatanya berikut ini. 

  • Nama lengkap: Abdul Mateen ibni Hassanal Bolkiah 
  • Gelar: Duli Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda
  • Tanggal lahir: 10 Agustus 1991
  • Tempat lahir: Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam 
  • Ayah: Sultan Hassanal Bolkiah
  • Ibu: Puan Mariam binti Haji Abdul Aziz
  • Instagram: @tmski 

2. Keluarga Pangeran Mateen

instagram.com/tmski

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pangeran Abdul Mateen merupakan putra dari pemimpin negara Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah.

Sementara ibunya adalah Puan Mariam binti Haji Abdul Aziz yang sudah cerai dengan Sultan Hassanal Bolkiah. Pangeran Mateen sendiri adalah anak ke-10 dari 12 bersaudara. 

3. Pendidikan Pangeran Mateen

instagram.com/tmski

Semasa sekolah dasar, putra Sultan Brunei itu mengenyam pendidikan di St. Andrew School. Setelah itu, ia melanjutkan sekolah di Joint Series of Begawan Sultan Science College dan Jerudong International School yang merupakan sekolah terbaik di sana. 

Melanjutkan pendidikannya, Pangeran Abdul Mateen kemudian ke Inggris untuk menempuh Royal Military Academy Sandhurs. Ia kemudian lulus sebagai perwira kadet dan dipromosikan menjadi Letnan Dua tahun 2011. 

Tak berhenti di sekolah militer, putra ke-10 Pangeran Brunei ini juga memiliki gelar Bachelor of Arts di jurusan Politik Internasional dari King's College University London. 

Ia juga meraih gelar Master of Arts International Studies and Diplomacy dari School of Oriental and African Studies dari University of London tahun 2016. 

Kemudian pada tahun 2018, Pangeran Mateen menyelesaikan pendidikannya dari Flying School Helicopter di RAF Shawburry dan meraih gelar sebagai pilot helikopter. 

Setelah lulus, ia kemudian dianugerahi gelar pilot brevet oleh ayahnya dan pada tahun 2021 dipromosikan menjadi Mayor.

Di September 2021, Pangeran Mateen pun menjalani kursus All Arm's Commando di Royal Marine Command Training Center, Lympstone, Inggris. 

Saat ini, Pangeran Mateen bertugas di Angkatan Udara Kerajaan Brunei Darussalam. Ia juga sering menghadiri tugas diplomatik bersama dengan ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah. 

4. Hobi Pangeran Mateen

instagram.com/tmski

Membahas soal profil Pangeran Mateen, tak lengkap rasanya tanpa membahas hobinya. Pangeran Mateen juga memiliki beberapa hobi yang digemari meski disibukkan dengan pendidikan dan agenda kenegaraan.

Dari laman Instagramnya, diketahui bahwa putra Sultan Brunei ini gemar gym, sepak bola, olahraga atletik, bahkan berkuda. Ia bahkan pernah mewakili Brunei Darussalam di salah satu ajang olahraga. 

Pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Pangeran Mateen mewakili kejuaraan polo. Ia memang menjadi anggota tim polo yang bernama MB Polo Brunei. 

Selain itu, putra ke-10 Pangeran Brunei ini juga memiliki pusat kebugaran yang bernama Jab Gym Brunei.

5. Kisah cinta Pangeran Mateen

instagram.com/anis.haikk

Kabar baiknya, Pangeran Mateen baru saja mengumumkan akan menikah pada Januari 2024 mendatang. Ia akan menikah dengan Anisha Rosnah yang diketahui merupakan cucu Penasihat Khusus ayahnya, Pehin Dato' Haji Isa Ibrahim. 

Pernikahan mereka dikabarkan akan digelar selama 10 hari. Rangkaian acaranya akan dimulai dengan lamaran kerajaan pada 7 Januari kemudian disusul upacara pernikahan pada 11 Januari. Puncak acaranya sendiri adalah resepsi pernikahan di Istana Nurul Iman pada 14 Januari. 

Itulah profil Pangeran Mateen yang banyak dikagumi warganet. Selain menawan, sosoknya juga punya latar belakang yang nggak main-main. Semoga pernikahannya lancar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration