Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Mudah dan Ampuh

Buat tampilan HP seperti baru lagi

Nafi' Khoiriyah

Handphone menjadi barang yang selalu dibawa dan dipakai untuk berbagai keperluan. Namun, tak sedikit orang yang lalai untuk membersihkan bodi HP secara keseluruhan. 

Banyak yang beranggapan jika sudah memakai casing HP, semua terkesan sudah terlindungi. Padahal, sering kali di casing tersebut muncul jamur yang merusak tampilan luar HP-mu, lho. 

Maka dari itu, Popbela.com akan membagikan cara menghilangkan jamur di HP yang mudah dan efektif. Simak dalam ulasan berikut ini ya, Bela!

1. Bersihkan menggunakan alkohol

freepik.com

Alkohol merupakan salah satu barang medis yang memiliki banyak manfaat. Untuk keperluan medis, biasanya alkohol dipakai untuk membersihkan luka. Namun, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan jamur di HP. 

Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan beberapa tetes alkohol pada kain yang bersih dan lembut. Setelah itu, gosok kain pada casing HP yang berjamur dan diamkan sampai mengering. Namun sebelumnya, pastikan HP dalam keadaan mati saat dibersihkan.

2. Hilangkan menggunakan pasta gigi

pexels.com/PhotoMIX Company

Selain alkohol, pasta gigi juga menjadi alat yang bisa kamu pakai untuk membersihkan jamur di HP. Barang satu ini pasti sudah ada di rumah karena setiap harinya dipakai untuk menyikat gigi. 

Nah, untuk membersihkan jamur, kamu perlu menyiapkan alat berupa sikat gigi bekas dan kain bersih yang lembut. Setelah itu, lepaskan casing HP terlebih dahulu sebelum mengoleskan pasta gigi ke bagian casing HP yang berjamur. 

Setelah pasta gigi dioleskan, gosok casing menggunakan sikat gigi bekas. Terakhir, bersihkan sisa pasta gigi dengan kain basah dan keringkan dengan lap yang kering. 

3. Memanfaatkan minyak kayu putih

pexels.com/Laryssa Suaid

Tak disangka ternyata minyak kayu putih yang sering dipakai sebagai minyak aromaterapi ternyata bisa dipakai untuk membersihkan jamur di HP, lho. Namun sebelumnya, siapkan dulu lap microfiber yang lembut untuk mengelap HP. 

Kalau sudah, teteskan minyak kayu putih ke atas lap microfiber dan gosokkan ke bagian HP yang berjamur. Gosoklah secara perlahan sampai jamur yang ada di HP hilang. Kalau sudah, keringkan HP menggunakan kain lembut yang kering. 

4. Gunakan sabun cuci tangan

pexels.com/Castorly Stock

Kalau kamu mencari cara menghilangkan jamur di HP dengan bahan yang praktis, maka sabun cuci tangan atau hand wash adalah jawabannya. Cara menggunakan sabun cuci tangan untuk membersihkan jamur di HP pun cukup mudah. 

Pertama, siapkan sabun cuci tangan dan lap yang lembut terlebih dahulu. Kemudian, tuang sabun ke lap sedikit saja untuk digosokkan ke bagian HP yang berjamur. Kalau jamur sudah hilang, keringkan HP menggunakan kain yang lembut dan kering. 

5. Tisu basah juga bisa menghilangkan jamur

pexels.com/Erik Mclean

Tisu basah juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jamur di HP. Barang ini juga bisa kamu bawa ke mana-mana sehingga cukup praktis kalau ingin membersihkannya segera saat di luar rumah. 

Caranya, ambil tisu basah dan gosokkan ke bagian HP yang berjamur sampai bersih. Setelah digosokkan, tunggu sampai HP bagian luar itu benar-benar kering. Kalau sudah, lap dengan tisu kering supaya sisa-sisa kotoran bisa terangkat. 

6. Pakai baking soda

pexels.com/Kaboompics .com

Bahan lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk keperluan rumah tangga adalah baking soda. Meskipun lebih familier menjadi bahan pembuat kue, baking soda juga dapat dipakai untuk membersihkan jamur di HP. 

Caranya, campurkan dulu baking soda dengan sedikit air dan campur merata sampai menjadi pasta. Setelah itu, siapkan kain bersih dan sikat gigi untuk alat membersihkannya. 

Oleskan pasta baking soda yang sudah kamu buat ke bagian HP yang berjamur, gosok dengan sikat gigi secara perlahan. Kalau jamur sudah bersih, bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi. Terakhir, gunakan lap yang kering untuk mengeringkannya.

7. Hand sanitizer juga bisa menghilangkan jamur

pexels.com/cottonbro studio

Kalau kamu tidak punya alkohol, hand sanitizer bisa menjadi bahan lainnya yang lebih mudah ditemukan. Sebab, di dalam hand sanitizer juga mengandung sedikit alkohol yang bisa membersihkan jamur. 

Caranya, siapkan dulu hand sanitizer dan kain yang lembut atau tisu. Setelah itu, basahi tisu atau kain dengan hand sanitizer secukupnya. Kalau sudah, gosokkan kain ke bagian HP yang berjamur sampai benar-benar bersih. 

Setelah bersih, keringkan HP dengan tisu kering supaya kotoran yang tersisa ikut terangkat. 

8. Gunakan sinar phonesoap UV Sanitizer

freepik.com/vecstock

Kalau cara menghilangkan jamur di HP lainnya tidak berhasil, maka gunakanlah sinar phonesoap UV charger. Sinar ini biasanya tersedia di tempat-tempat service HP untuk menghilangkan jamur. 

Cara memakainya sangat praktis, cukup dengan memasukkan HP ke dalam alat tersebut, lalu tekan tombol on dan tunggu sampai lampu indikator menunjukkan tanda selesai. Maka secara otomatis, alat tersebut akan membersihkan kotoran di HP termasuk jamur yang membandel. 

Itulah 8 cara menghilangkan jamur di HP yang bisa kamu praktikkan di rumah. Ternyata caranya cukup mudah dan cepat ya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration